Kumpulan Brush Untuk Membuat Efek Api Di Photoshop

Fire Brush Example

Di Photoshop disediakan plugin untuk memudahkan pengguna dalam mengedit gambar. Hingga saat ini tersedia banyak sekali plugin untuk photoshop, ada yang gratis dan ada yang berbayar. Kebanyakan yang berbayar tentunya memiliki fitur yang berkualitas, dan sampai saat ini plugin termahal bisa dilihat dari yang dibuat oleh Alien Skin. Membuat efek api di photoshop memanglah tidak mudah jika tidak memakai gambar png (objek) namun saat ini di photoshop yang baru juga telah disediakan filter untuk membuat flame. Tentunya fitur tersebut hanya bisa dijalankan pada komputer yang sudah memiliki driver yang tinggi seperti NVIDIA atau ATI Radeon.

Di photoshop CC, Tersedia filter render flame, dengan menggunakan alat tersebut, kamu bisa membuat efek api dengan mudah, opsi ini asli langsung dari photoshop Creative Cloud, kecuali versi ini masih belum ada. Tidak semua komputer/laptop dapat menggunakan fitur tersebut, karena untuk memakai fitur tersebut harus bisa membuat objek 3D terlebih dahulu, untuk itu Kali ini akan Saya bagikan cara alternatif untuk membuat efek api, yakni menggunakan brush eksternal, jadi yang Saya bagikan ialah plugin brush untuk photoshop.

Plugin brush memiliki extensi (.abr), didalamnya tersedia bermacam-macam bentuk brush (kuas) yang menyerupai api, Jadi untuk memakai ini tidak langsung asal pakai dan langsung jadi api, namun harus diedit terlebih dahulu supaya benar-benar menyerupai api, Pasti jika sudah terbiasa dengan photoshop akan mudah memahaminya. Memakai brush jauh lebih baik dibanding menggunakan plugin lain yang langsung memberikan efek api dipinggiran gambar, jika menggunakan brush, kamu bisa menempatkan dimana api itu berada dan mengedit lagi supaya tampak seperti api yang asli. Berikut ini beberapa brush api yang berhasil Saya dapatkan, silahkan lihat dan download dibawah ini.

GIMP Flame Brushes
PS Brushes Fireballs
17 Fire Brushes For PS
Burning Brushes
Scorching Flames Brush Pack
Fire Brushes By Ekoed
Abstract Fire Brushes
Flames Brushes
9 Fire Brushes
Chrissy Fire PS Brushes

Semua brush diatas dapat kamu unduh dengan meng-klik namanya, dan link download langsung dari halaman deviantart. Setiap brush memiliki berbeda-beda ukuran dan jangan khawatir, ukurannya tidak terlalu besar. Mungkin beberapa brush dipack dalam bentuk archive zip/rar jadi siap-siap Winrar suapaya bisa mengekstract file dalam archive. File berbentuk (.abr) langsung taruh pada directory plugin dimana kamu menginstall photoshop. Maka otomatis akan tersedia saat kamu ingin memilih brush. Jika ada yang ingin ditanyakan silahkan berkomentar.

Semoga bermanfat dan Selamat mencoba

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *