≡ Menu

Cara Membuat Wifi Tethering Di PC Dengan Mudah

WiFi Logo

Wifi saat ini tidak hanya bisa dibuat dari komputer saja, namun diponsel juga sudah bisa membuat wifi sendiri (tethering wifi). Pada dasarnya wifi tidak hanya digunakan untuk internet saja, namun bisa juga untuk mengirim file lebih cepat dibanding bluetooth, bahkan 80% lebih cepat untuk mengirim file besar dengan kecepatan pengiriman yang stabil. Mebuat shared wifi sendiri tentu ada kegunaanya yaitu supaya bisa digunakan untuk membagi koneksi internet kepada peranti lain dan hal tersebut sangat mudah dilakukan pada PC, sebelumnya PCnya harus mendukung wifi untuk melakukan ini, tapi jaman sekarang sudah banyak PC yang mendukung wifi dan otomatis bisa membuat wifi juga.

Jika diponsel membuat wifi/hotspot sendiri mungkin hanya dilakukaan pada smartphone saja, dan selain itu mungkin hanya bisa menikmati fitur wifi saja tanpa dapat membuat wifi/hotspot tethering. Contohnya diAndroid yang memberikan pengguna kemudahan untuk membuat wifi sendiri dengan mudah dan tanpa ribet. Tapi jika di PC mungkin masih ada yang tidak mengerti cara membuatnya karena menunya yang sangat banyak bisa membuat bingung sendiri untuk memilih. Sebenarnya mudah jika sudah terbiasa dan jika belum tahu, silahkan simak tata caranya dibawah ini.

  1. Pertama tama silahkan hidupkan PC dan hubungkan ke internet menggunakan modem.
  2. Jika sudah terhubung ke internet silahkan menuju START => Control Panel => Network and Internet => Manage Wireless Networks.
  3. Di halaman tersebut akan terdapat wifi yang pernah kamu hubungkan, dan untuk membuat sendiri silahkan klik Add.
  4. Lalu terdapat 2 pilihan dan pilih yang Create an ad hoc network dan selanjutnya klik Next.
  5. Sekarang kamu akan dibawa ke sebuah form pengisian. Silahkan isi Network name sebagai nama wifimu, dan Security key sebagai no autenticated, jika kamu memilih security key selain no autenficated, maka harus mengisi password pada kolom dibawahnya. Setelah semuanya selesai silahkan klik Next.
  6. Tunggu hingga loading selesai dan akan terdapat informasi wifimu. sekarang wifi tethering sudah jadi dan untuk menonaktfkannya silahkan menuju menu Manage Wireless Network dan klik kanan pada nama wifi yang usai kamu buat tadi dan klik Remove Network.

Bagaimana, mudah bukan. Sayangnya untuk saat ini wifi ad hoc hanya dapat digunakan sesama PC, dan tidak dapat terhubung pada ponsel. Entah kenapa tapi diandroid juga tidak dapat menyambung pada wifi ad hoc, tapi dapat melihat wifi ad hoc yang ada, itupun membutuhkan bantuan aplikasi. Cara ini dapat digunakan pada PC yang memakai tehnologi windows, selain itu mungkin akan berbeda lagi tata caranya.

Saat ini sudah banyak ponsel yang bisa digunakan untuk modem tanpa harus membuat wifi tethering bahkan bukan smartphone juga bisa. Tentunya untuk membuat shared wifi harus menyediakan kuota yang besar dan kecepatan yang tinggi. Jika wifi diponsel yang hanya menggunakan signal edge pasti itu sia-sia digunakan diPC, kurang lebih jika ponsel mendukung 3G, itu baru dapat diguanakan untuk PC, karena di PC memerlukan resource tinggi untuk memuat setiap website, tidak seperti diponsel yang dapat memuat konten halaman lebih minimalis.
Jika ada yang ingin ditanyakan tentang diatas silakan berkomentar. :mrgreen:

Semoga bermanfaat dan Selamat mencoba

About the author: Apapun yang Saya ketahui dan Saya bagikan. Semuanya berawal dari masa yang disebut pembelajaran.

{ 2 comments… add one }
  • ana March 7, 2016, 7:14 am

    assalamualaikum kak.
    mau nanya nih. leptop aq agak mampet klo di jadiin hotspot itu knp ya? awalanya bs tp ntar putus sndri.. trus klo dijadiin hotspot pas loading di leptop jdi lemot malahan galat. pernha nyba wifi router, conectify dll hasil ny ttep sama

    bs kasih pencerahannya kak?? thx

    • rrobyf March 8, 2016, 10:05 am

      Bisa diberitahukan spesifikasi laptop yang dipakai? Bisa jadi perangkat menjalankan banyak task yang mengakibatkan galat itu terjadi.

Leave a Comment