≡ Menu

Cara Menghapus Data Akismet Di wp_commentmeta

Akismet Logo

Akismet adalah salah satu plugin anti spam terbaik yang pernah Saya pakai selama ini. Hampir tiga tahun Saya memakai plugin tersebut dan blog Saya terbebas dari spam termasuk comment dan trackback yang dilakukan oleh robot. Tentu sangat menggangu ketika sang pemilik website membuat artikel namun yang berkomentar adalah robot, jadi seakan sia-sia.

Ada masalah lain yang ada pada Akismet, bahkan bisa terbilang ini salah satu kekurangan yang paling dibenci oleh semua orang. Yaitu riwayat yang ada pada database. Akismet selalu menyimpan dan menghitung semua komentar/trackback spam yang ada, tapi tidak menghapus riwayat komentar yang telah dianggap spam padahal dalam isi pembaruan, Akismet akan menghapus meta data setiap 15 hari sekali, namun sayang sekali fitur tersebut tidak berjalan sempurna dan sudah banyak yang mengeluh terhadap fitur tersebut.

Tapi hal tersebut masih dapat diatasi dengan plugin optimisasi database sejenis WP Clean UP dan semacamnya, dan tetapi ada kejanggalan lagi, beberapa dari plugin tersebut masih tidak dapat menghapus data akismet pada table wp_commentmeta dan hal tersebut harus dilakukan secara manual dengan bantuan PhpMyAdmin atau plugin DB-Manager.
Silahkan lihat dulu kode SQL query dibawah ini

Melihat semua rows berdasarkan kata akismet

SELECT * FROM wp_commentmeta WHERE meta_key LIKE "%akismet%"

Menghapus semua rows berdasarkan kata akismet

DELETE FROM wp_commentmeta WHERE meta_key LIKE "%akismet%"

Ada 2 kode SQL Query diatas dan dapat dijalankan menggunakan PhpMyAdmin dan plugin DB-Manager, tapi di plugin DB-Manager tidak dapat melakukan eksekusi query SELECT, dan jangan khawatir karena masih dapat dapat melakukan penghapusan dengan query DELETE. Untuk kode yang pertama berguna untuk melihat semua data dari pencarian “akismet”, dan yang kedua berguna untuk menghapus semua data dari pencarian “akismet”.

Kode SQL Query diatas aman untuk digunakan dan telah Saya buktikan sendiri dapat mengoptimisasi database lebih dari 10Mb yang dihasilkan Akismet. Jika masih ragu, kamu dapat membackup database dulu dan mencobanya. Jika ada yang ingin ditambahkan atau ditanyakan , silahkan bekomentar.

Semoga bermanfaat dan Selamat mencoba

About the author: Apapun yang Saya ketahui dan Saya bagikan. Semuanya berawal dari masa yang disebut pembelajaran.

{ 0 comments… add one }

Leave a Comment