≡ Menu

Cara Membuat Halaman Error Dengan Baik Di Website

Funny Error Page

Halaman error di website sangatlah dibenci bagi mesin pencari seperti google, tidak hanya mesin pencari saja tapi pengunjung juga tidak suka jika halaman yang ditujui adalah error. Hal ini juga memiliki pengaruh saat google panda atau penguin update, karena kegunaan keduanya tersebut untuk memberikan algoritma yang lebih sepadan yang ada pada mesin pencari, jadi setiap orang dapat mencari tujuan apapun tanpa mengunjungi halaman yang semestinya tidak untuk dikunjungi.

Banyak orang tertipu akibat title sebuah website, yang menyerupai apa yang dicari, namun saat membuka halaman tersebut, halaman yang dituju mengalami error, bagi pengunjung itu sungguh menjengkelkan dan bisa jadi pengunjung tersebut tidak ingin datang kembali ke website itu. Hal seperti ini terkadang tidak berarti ulah pengelola website itu, bisa jadi terkadang karena sebuah search terms yang banyak dan membuat halaman tersebut menaik diposisi 10 besar di SERP, atau plugin yang otomatis membuat halaman pencarian ketika ada keyword masuk ke website melalui mesin pencari. Apapun itu hal seperti ini tidak membuat pengunjung nyaman.

Ada cara yang sangat mudah untuk membuat halaman error yang lebih baik bagi mesin pencari dan setiap pengunjung, jadi setiap pengunjung dapat mengerti dan tidak merasa terjebak. Berikut ini tata caranya

  1. Pertama – tama masuk ke FTP website dan buka file .htaccess, jika tidak ada silahkan buat terlebih dahulu
  2. Selanjutnya salin kode dibawah ini dan tempel pada baris atas sendiri pada file htaccess.

  3. Lalu silahkan buat file bernama halaman404.php dan tempelkan kode dibawah ini pada file tersebut.

    <?php
    header("HTTP/1.1 301 Moved Permanently");
    Header("Location: /halamanerror.html");
    ?>
  4. Setelah itu buat lagi file bernama halamanerror.html dan buatlah desain halaman error sesuai yang diinginkan.

Cara diatas kesimpulannya adalah, ketika ada yang menuju halaman error akan dialihkan menuju file halaman404.php yang didalamnya sudah diselipkan header 301, dan akan dialihkan lagi menuju file halamanerror.html. Cara ini bisa meminimalisir blacklist dari mesin pencari, karena halaman yang sebelumnya tidak ada akan dihapus secara otomatis oleh header 301.

Cara ini tidak bisa dilakukan pada WordPress, tapi jangan khawatir, kamu dapat melakukan cara seperti ini mudah dengan bantuan plugin, silahkan baca di Artikel Ini.

Semoga bermanfaat dan Selamat mencoba

About the author: Apapun yang Saya ketahui dan Saya bagikan. Semuanya berawal dari masa yang disebut pembelajaran.

{ 0 comments… add one }

Leave a Comment