≡ Menu

Cara Encrypt Kode HTML Dengan Javascript Unescape

HTML Logo

HTML Adalah salah satu bahasa program yang memiliki kegunaan terpenting disetiap website. Tanpa kode HTML, situs tidak akan menampilkan apa – apa. HTML Memiliki banyak sekali komponen yang dapat digunakan untuk membuat link, tampilan gambar, hingga bentuk teks yang berbeda seperti besar, kecil, miring, garis bawah, dan lain – lain.

HTML hanya dapat digunakan untuk menampilkan suatu konten dan sebenarnya tidak dapat melakukan semacam teks atau kode yang bisa disembunyikan. Tapi masih dapat dibantu oleh bahasa lain yang termasuk script side yaitu Javascript.
Javascript dengan HTML seolah adalah teman yang akrab yang bisa disandingkan dimanapun. Cuma bedanya didalam fungsinya, Javascript dapat melakukan lebih dibanding HTML, ya seperti menyembunyikan teks atau kode HTML.

Menyembunyikan sebuah teks atau kode biasanya disebut Encrypt/Encode. Cara yang akan saya bagikan untuk meng-ekripsi kode HTML yaitu dengan bantuan fungsi unescape() yang ada pada fungsi javascript. Jadi dengan fungsi tersebut, hanya cukup membuat teks atau kode menjadi bilangan escape, dan javascript memanggilnya dengan fungsi unescape. Sebelumnya silahkan baca di ARTIKEL INI, karena teks atau kode yang akan di enkripsi harus berbentuk karakter escape / URLencode.
Perhatikan kode dibawah ini !.

<script language='javascript'>
<!--
document.write(unescape('KARAKTER ESCAPE'));
//-->
</script>

Perhatikan pada teks (KARAKTER ESCAPE), Silahkan ubah teks tersebut dengan kode HTML yang telah kamu jadikan karakter escape atau URL Encode. Kamu dapat dengan mudah membuat karakter escape dengan beberapa fungsi bahasa program pada link artikel yang saya bagikan diatas tadi. Dan jika ingin cepat, silahkan cari digoogle dengan kata kunci “Online URL Encode Generator

Sebenarnya meng-ekripsi teks atau kode juga dapat dibantu dengan fungsi eval() yang ada di javascript, tapi itu dapat membuat proses eksekusi script menjadi agak lama dan bisa menjadi situs sedikit tidak cepat dibanding biasanya. Kegunaan meng-enkripsi teks atau kode, untuk melindungi isi dari konten tersebut, tapi mohon diingat bahwa cara ini masih memiliki penawarnya (decrypt), jadi cara ini hanya berguna sebagai alternatif untuk menyembunyikan teks atau kode.

Inilah 3 situs encrypt HTML code online yang populer dan memiliki cara enkripsi yang berbeda – beda. Silahkan lihat dibawah ini :mrgreen: .

• http://www.iwebtool.com/html_encrypter

• http://onlinehtmlencryption.com

• http://smartgb.com/free_encrypthtml.php

Saran dari saya, jangan meng-enkripsi teks dari sebuah artikel yang bertujuan untuk terindex mesin pencari 🙂 , sebab semua mesin pencari tidak menampilkan konten dari javascript 🙁 . Dan enkripsi ini sangat berguna untuk script iklan (AD Network) dari situs eksternal 😀 .

Semoga bermanfaat dan Selamat mencoba

About the author: Apapun yang Saya ketahui dan Saya bagikan. Semuanya berawal dari masa yang disebut pembelajaran.

{ 1 comment… add one }
  • Dila March 16, 2015, 11:40 pm

    Waah baguss niiee toool nya neng bikin ahh

Leave a Comment