≡ Menu

Cara Mengubah File 3Ds Max ke OBJ

3Ds Max merupakan program 3D Modelling dan pembuat animasi populer yang dibuat oleh Autodesk. Program tersebut berbayar, namun setiap pengguna diberikan akses percobaan untuk bisa menikmati 3Ds Max secara gratis untuk bulan pertama.

Banyak sekali program 3D Modelling yang tersedia saat ini, dan tidak semua orang menguasai semua dari itu dan hanya memilih salah satu saja. Sebagai contohnya kamu lebih paham dengan Blender, namun tidak tahu betul mengenai 3Ds Max, dan sebaliknya.

Tapi semua program 3D Modelling memiliki kemampuan untuk membaca file dengan format OBJ (Wavefront). Sehingga jika kamu ingin menyalin suatu hasil karya dari 3Ds Max ke program 3D Modelling yang lain, menjadikannya sebagai format OBJ adalah hal yang diperlukan.

Tutorial Mengubah File 3Ds Max ke OBJ

Perlu diketahui sebelumnya bahwa pengubahan objek 3D ke format OBJ kadang tidak sepenuhnya sempurna. Tapi walaupun begitu, kamu masih bisa memperbaiki kesalahan tersebut.

Berikut ini tata cara mengubah file 3Ds MAX ke OBJ:

  1. Buka program 3Ds Max dan siapkan objek.
  2. Klik menu File > Export > Export….

    Export File MAX ke OBJ

  3. Pada File Name, isikan nama file yang diinginkan. Dan pada Save As Type, pastikan memilih OBJ.

    Menyimpan File OBJ

  4. Selanjutnya tekan tombol Save.
  5. Akan muncul dialog, kamu bisa mengatur beberapa hal sebelum mulai meng-exportnya.

    Mengubah File 3Ds Max ke OBJ

  6. Jika sudah, klik tombol EXPORT.
  7. Tahap terakhir, silakan menunggu sekejap sampai proses export selesai.

    Proses Export File Berhasil

Proses exportnya tidak lama, dan mungkin tergantung dari seberapa besar scene yang ingin di-export. Jika satu objek mesh saja, pasti itu hanya perlu beberapa detik.

Sama seperti di program yang lain, untuk mengexportnya sebagai OBJ tidaklah rumit. Dan meskipun kadang tidak sempurna, akan tetapi hasil dari OBJ sudah memuaskan dan bisa diedit ulang untuk dibetulkan.

Baca juga: Cara Render Menggunakan GPU di Blender 2.8

Kesimpulan

Ada beberapa jenis file 3D selain OBJ yang bisa digunakan, contoh salah satu yang juga populer adalah FBX (Filmbox). Jadi selain OBJ saja, kamu bisa mencoba juga yang lainnya, untuk membandingkan hasil yang terbaik.

Tutorial diatas dijelaskan melalui program 3Ds Max 2020. Suatu saat mungkin akan terdapat perubahan tampilan seiring adanya pembaruan program. Dan jika kamu memiliki kendala mengenai melakukan tutorial diatas, silakan untuk berkomentar.

Semoga bermanfaat dan Selamat mencoba

About the author: Apapun yang Saya ketahui dan Saya bagikan. Semuanya berawal dari masa yang disebut pembelajaran.

{ 0 comments… add one }

Leave a Comment