≡ Menu

Mengatasi “Apps is Currently Not Availabe” di Microsoft Store

Cara Mengatasi Apps is Currently Not Availabe di Microsoft Store

Microsoft Store merupakan tempat untuk mengunduh atau membeli aplikasi khusus untuk perangkat Windows. Segala aplikasi ataupun program yang tersedia dipastikan aman untuk digunakan karena diunggah langsung oleh vendor asli.

Sama seperti Play Store ataupun Apps Store yang ada di ponsel, suatu aplikasi kadang memiliki batasan negara tersendiri. Sehingga jika dibuka melalui negara yang tidak termasuk, akan mendapatkan notif “This App is Currently Not Availabe” dan tentunya tak dapat diunduh.

Jika kamu mendapatkan notif itu juga, maka itu tandanya aplikasi tersebut tak tersedia untuk negara Indonesia. Namun ada sedikit trik untuk membuatnya bisa diunduh dan cara ini sangat mudah, bahkan tanpa perlu memakai VPN.

Mengatasi Apps Currently Not Availabe pada Microsoft Store

Yang perlu dilakukan hanyalah mengubah region pada komputer menjadi negara yang ditujukan pada aplikasi itu. Sebagai contoh adalah aplikasi Napster dan TIDAL yang ditujukan untuk negara amerika, sehingga Saya akan mengubah region dari Indonesia ke Amerika. Berikut ini caranya.

  1. Silakan menuju Windows Settings.
  2. Klik menu Time & Language.

    Klik Menu Time & Language

  3. Kemudian menuju tab Region.

    Klik Tab Region

  4. Dan atur Country or Region menjadi negara yang dibutuhkan untuk aplikasi.

    Mengatasi Apps is Currently Not Availabe di Microsoft Store

Setelah mengaturnya, kamu bisa mencoba membuka Microsoft Store kembali dan menuju halaman aplikasi yang ingin diunduh tadi. Pasti kini tombol untuk mengunduhnya bisa tampil. Dan kamu bisa langsung mengunduhnya tanpa perlu mengubah alamat IP.

Setelah aplikasi terpasang, kamu juga diperbolehkan untuk mengubah kembali region ke Indonesia lagi. Aplikasi akan tetap terpasang dan tidak ada perubahan didalamnya. Kecuali jika aplikasi tersebut membutuhkan IP untuk negara tertentu, maka kamu harus menggunakan VPN untuk bisa menggunakannya.

Baca juga: Solusi Microsoft Edge Tidak Bisa Dibuka

Apakah VPN Diperlukan?

Jika hanya mengunduh aplikasi di Microsoft Store saja, VPN tidak diperlukan. Namun, VPN mungkin masih dibutuhkan hanya ketika aplikasi tersebut memblokir akses internet di negara selain yang diinginkan.

Jadi menurut Saya peranan VPN sebenarnya masih dibutuhkan untuk sekedar jaga-jaga saja. Ada banyak sekali program VPN gratis yang bisa kamu unduh di Microsoft Store. Silakan gunakan salah satu dari itu.

Semoga bermanfaat dan Selamat mencoba

About the author: Apapun yang Saya ketahui dan Saya bagikan. Semuanya berawal dari masa yang disebut pembelajaran.

{ 0 comments… add one }

Leave a Comment