≡ Menu

Cara Membuat Kode QR Sendiri dengan Mudah

Cara Membuat Kode QR Sendiri dengan Mudah

Pasti sudah paham kan mengenai Kode QR? Itu banyak sekali ditemukan pada banyak hal, seperti di aplikasi, website, kartu, koran, atau bahkan di kemasan produk. Banyak sekali kegunaan dari kode tersebut, dan semua orang bisa menggunakan ponsel untuk melakukan scan atau pemindaian terhadap kode tersebut.

Kode QR juga nyaris sama kegunaannya seperti sebuah barcode, namun kemampuannya lebih banyak. Seseorang dapat menyimpan alamat URL, email, tulisan, atau bahkan alamat rekening bank hanya dari sebuah gambar kode QR saja.

Sederhananya, kode QR adalah cara paling mudah untuk meng-enkripsi suatu teks dalam sebuah gambar. Tidak peduli seberapa banyak teks tersebut, itu dapat disimpan dalam satu gambar kode QR. Dan kamu pun dapat membuatnya sendiri.

Cara Membuat Kode QR

Pembuatan kode QR hanya bisa dilakukan dengan bantuan alat, atau dengan maksud tidak bisa digambar secara manual. Dan di artikel ini, kamu akan mempelajari cara termudah dan tercepat untuk membuat kode QR.

  1. Buka situs web QR Code Generator.
  2. Pilih jenis kode QR yang ingin dibuat, misalnya disini adalah Text.

    Pilih Jenis Kode QR yang Akan Dibuat

  3. Setelah itu isikan kolom dibawahnya dengan tulisan yang diinginkan.

    Mengisikan Teks untuk Kode QR

  4. Tunggu sekejap, dan hasilnya akan muncul disampingnya.

    Membuat Kode QR Sendiri

  5. Klik tombol Download JPG untuk mengunduh gambarnya.>

Jika kamu melakukan tutorial diatas melalui ponsel, maka akan ada sedikit perbedaan, dimana kamu harus menekan tombol Generate QR Code setelah menuliskan teks. Dan selain teks, ada banyak jenis yang bisa kamu buat, misalnya URL, Email, SMS, Informasi WiFi, dan masih banyak lainnya.

Pada website tersebut juga menyediakan opsi untuk menghias kode QR. Sebagai contohnya seperti menambah foto untuk disisipkan ke bagian tengah kode, atau juga bisa mengubah warna dari hitam menjadi warna yang disukai. Tapi beberapa fitur juga dibatasi, sehingga kamu harus mendaftar ke website tersebut untuk bisa menikmati keseluruhan fiturnya.

Baca juga: Cara Membuat Quotes Gambar Secara Online

Buat QR Code Melalui Aplikasi Android

Meski tutorial diatas dapat diterapkan untuk ponsel juga, akan tetapi itu masih membutuhkan koneksi internet untuk membuatnya. Dan jika kamu lebih suka melakukannya secara offline, maka jalan satu-satunya adalah menggunakan aplikasi.

Terdapat aplikasi bernama QR Code Generator yang bisa kamu cari dan pasang secara gratis dari Play Store. Fitur yang disediakan juga tidak kalah banyak, dan mempunyai fitur untuk menghias pada kode QR yang dibuat.

Sampai disini, apakah kamu telah berhasil membuat kode QR sendiri? Dan jika sekiranya kamu mengalami kendala saat melakukan langkah diatas, ada baiknya untuk berkomentar pada kolom dibawah untuk mendapatkan bantuan.

Semoga bermanfaat dan Selamat mencoba

About the author: Apapun yang Saya ketahui dan Saya bagikan. Semuanya berawal dari masa yang disebut pembelajaran.

{ 0 comments… add one }

Leave a Comment