≡ Menu

Solusi Tidak Bisa Download Video di Aplikasi Youtube

Solusi Tidak Bisa Download Video di Aplikasi Youtube

Youtube semakin mempermudah penggunanya dengan menyediakan fitur tonton video offline. Dimana kinerjanya adalah pengguna harus mengunduh video terlebih dahulu dan setelah itu video tersebut tersedia untuk ditonton secara offline.

Itu adalah salah satu cara untuk menghemat kuota data untuk menyaksikan tontonan favorit di Youtube. Jadi misalnya saat ini kamu berada di area WiFi, mungkin itu adalah saat yang tepat untuk men-download video favorit untuk ditonton secara offline.

Tapi, ada pula kendala yang kadang terjadi saat melakukan download video di Youtube. Sehingga video itu tidak berhasil di-download dan tentunya takkan bisa ditonton offline. Yang pasti hal tersebut memiliki penyebab tersendiri dan di aplikasi Youtube pun biasanya akan muncul notifikasi apabila gagal saat mengunduh video.

Mengatasi Tidak Bisa Download Video di Aplikasi Youtube

Perlu diketahui bahwa mengatasi masalah ini akan lebih mudah apabila kamu bisa mengerti penyebabnya. Pada aplikasi Youtube, tepatnya dibagian tab koleksi, biasanya akan muncul suatu pemberitahuan dibawah video yang gagal diunduh.

Dan berikut ini beberapa solusi yang dapat kamu coba untuk membuat fitur download video di Youtube kembali bekerja dengan normal.

1. Ubah Tempat Penyimpanan Download Video

Masalah yang sangat sering terjadi adalah kapasitas ruang penyimpanan yang tidak mencukupi pada telepon atau kartu memori. Nah, untuk itu silakan cek terlebih dahulu pada Pengaturan > Penyimpanan, apakah disana kapasitas bebas masih tersedia?

Secara default, Youtube telah mengatur penyimpanan download video ke kartu memori. Tapi jika pada kartu memori penuh, kamu juga bisa mengubahnya di Pengaturan aplikasi Youtube dengan tidak memberi centang pada bagian Simpan di Kartu memori.

2. Stabilkan Koneksi Internet

Koneksi yang tidak stabil juga menyebabkan gagalnya download video di aplikasi Youtube. Maka dari itu, pastikan koneksi yang digunakan sekarang memadai. Dan apabila sedang memakai data seluler, pastikan menggunakan jaringan 3G atau 4G.

Sebagai saran supaya ukuran video tidak terlalu besar, silakan pilih resolusinya menjadi 360 atau 480. Setidaknya kualitas video masih bagus dan dapat dilihat dengan sempurna di ponsel.

Baca juga: Kelebihan dari Berlangganan Youtube Premium

3. Proses Download Bermasalah

Hal ini terjadi akibat galat sistem pada aplikasi Youtube sehingga proses download seolah tidak kunjung berjalan atau selalu ter-jeda dengan sendirinya. Solusinya mudah, silakan menuju Pengaturan Aplikasi dan Hapus Data terhadap aplikasi Youtube.

Setelah itu silakan buka kembali aplikasi Youtube dan cobalah download video sekali lagi. Pastinya kini proses dowload dapat berjalan dengan normal tanpa terputus atau ter-jeda lagi.

4. Video Dibatasi oleh Youtube

Tidak semua video bisa di-download. Ada beberapa jenis video yang fitur downloadnya dibatasi, itu seperti video musik atau film pendek. Jadi jika video tersebut tidak dapat di-download, silakan pilih video yang lainnya.

Adapun cara untuk melepas pembatasan tersebut dengan berlangganan Youtube Premium. Mereka juga memberikan akses uji coba gratis selama 1 bulan. Barangkali kamu berminat untuk berlangganan supaya bisa menikmati fitur yang lebih banyak daripada biasanya.

Semoga bermanfaat dan Selamat mencoba

About the author: Apapun yang Saya ketahui dan Saya bagikan. Semuanya berawal dari masa yang disebut pembelajaran.

{ 0 comments… add one }

Leave a Comment