≡ Menu

Solusi Tidak Bisa Putar Video di Youtube

Youtube kini telah menjadi tempat penyedia video paling terbesar di internet. Hampir segala hal tersedia disana, seperti materi pembelajaran, acara TV, dan lain sebagainya. Itulah mengapa peranan Youtube ini sangat penting sekali, dan jika terdapat kendala harus cepat untuk diatasi.

Kendala yang terjadi pada Youtube sebenarnya jarang sekali terjadi. Mungkin lebih sering dialami untuk para creator video, sementara itu untuk para penonton video, nyaris tak pernah ada masalah yang membuat kenyamanan terganggu.

Tapi ada satu masalah yang muncul pada beberapa orang saja, dimana video Youtube tidak dapat diputar. Baik itu video hanya loading saja, gelap, atau bahkan layar menjadi tidak beraturan dan muncul semacam garis. Tentunya hal ini yang membuat kita khawatir dan merasa bahwa ponsel yang terpengaruh.

Solusi Tidak Bisa Putar Video di Youtube

Mengapa Tidak Bisa Memutar Video di Youtube?

Jika sebelumnya memutar video di Youtube dapat dilakukan dengan normal, jadi percayalah bahwa masalah ini bukan terkait pada ponselnya, melainkan hal yang lain seperti komponen yang rusak atau hilang pada aplikasi.

Didalam aplikasi Youtube terdapat komponen berupa codec. Itu sangat penting digunakan untuk memutar video. Jadi apabila codec tersebut bermasalah, tentunya akan berdampak pada video yang kamu putar.

Dan jangan cemas, karena kendala terkait codec yang menyebabkan video gagal diputar masih dapat diatasi. Dan semua solusi itu akan dibagikan pada artikel ini.

Mengatasi Video Youtube Tidak Bisa Diputar

Solusi yang dibagikan disini hanya akan meliputi video yang tak dapat diputar pada aplikasi Youtube saja. Sebagai contoh seperti video yang hanya tampil hitam dan tidak dapat ditonton dengan semestinya.

Instal Ulang Aplikasi Youtube

Di sebagian ponsel, Youtube sudah menjadi aplikasi sistem yang mana tidak dapat dihapus. Tapi kamu masih dapat mencopot pembaruan terhadap aplikasi tersebut. Jadi silakan masuk ke Pengaturan Aplikasi dan pada Youtube, silakan ketuk tombol Copot Pembaruan atau Hapus Instalan Pembaruan.

Copot Pembaruan Aplikasi Youtube

Setelah itu, masuk ke Play Store dan perbarui terhadap aplikasi Youtube. Cara ini sama halnya seperti menginstal ulang dan tentunya komponen pada Youtube yang rusak atau hilang di aplikasi akan dibetulkan dan segalanya akan kembali normal.

Ganti Resolusi Video

Secara default, setelan resolusi video diatur sebagai otomatis. Itu akan berubah otomatis tergantung dari kualitas koneksi yang digunakan saat ini. Jadi cobalah untuk menyetel resolusi secara manual.

Ganti Resolusi Video Youtube

Caranya sangat mudah, saat video diputar, ketuk opsi titik tiga dan ketuk pada menu Kualitas, setelah itu pilih resolusi yang diinginkan. Untuk hasil video yang jernih, silakan pilih 720p, sementara untuk menghemat kuota, silakan pilih antara 360p atau 480p.

Baca juga: Cara Mengaktifkan Restricted Mode di Youtube

Coba Memutar Video Youtube Melalui Browser

Untuk mengetahui kendalanya hanya dari dalam aplikasi Youtube saja atau tidak, silakan coba untuk membuka browser dan kemudian menuju situs Youtube dan putarlah beberapa video. Jika pada browser dapat diputar dengan normal, berarti kendala hanya dari aplikasi Youtube saja.

Namun apabila di browser juga bermasalah, itu tandanya terdapat kesalahan sistem pada ponselnya. Kemungkinan besar adalah codec video yang berada di sistem ponsel. Biasanya apabila masalah ini terjadi, kamu juga akan mengalami masalah saat memutar video di Galeri.

Tak ada cara lain kecuali me-reset ulang ponsel. Tapi apabila sekiranya itu tidak berpengaruh juga, jalan satu-satunya adalah melakukan flash terhadap ponselnya. Tentu setelah melakukan flashing, segalanya akan kembali normal dan ponsel terasa seperti baru.

Semoga bermanfaat dan Selamat mencoba

About the author: Apapun yang Saya ketahui dan Saya bagikan. Semuanya berawal dari masa yang disebut pembelajaran.

{ 0 comments… add one }

Leave a Comment