≡ Menu

Cara Menghilangkan Kunci Password di Windows 10

Cara Menghilangkan Kunci Password di Windows 10

Kegunaan dari mengunci perangkat komputer/laptop dengan password adalah melindungi privasi terhadap data penting didalamnya. Sehingga ketika perangkat berada pada modus sleep atau baru saja dihidupkan, sistem akan langsung meminta password.

Sebagian orang menganggap bahwa itu terlalu ribet apabila harus memasukkan password tiap kali membuka laptop dari modeus sleep. Sehingga mereka memikirkan hal untuk mematikan fitur password tersebut. Hanya saja, itu tidak tersedia pada pengaturan, karena tak adanya opsi hapus terhadap password.

Tapi tak usah khawatir, karena kamu bisa saja mematikan kunci password pada Windows 10 tanpa harus menghapus passwordnya. Yang diperlukan hanyalah mengatur pada sistem supaya tidak menanyai password lagi ketika membuka perangkat dari modus sleep ataupun baru dihidupkan.

Tutorial Menghilangkan Kunci Password pada Windows 10

Ingat sekali lagi bahwa ini bukanlah cara untuk menghapus password, melainkan hanya mematikan password tersebut pada saat perangkat masuk atau login. Jadi password masih dapat digunakan pada program yang lainnya tanpa khawatir terhapus.

  1. Klik tombol WINDOWS+R, ketik netplwiz dan ENTER.

    Ketik netplwiz pada Windows

  2. Jangan centang pada opsi “Users must enter a username and password to use this computer“.

    Menghilangkan Kunci Password Windows 10

  3. Lanjutkan klik tombol Apply.
  4. Sistem akan meminta password saat ini, silakan ketik dan klik tombol OK.

    Menuliskan Password Saat ini

  5. Tahap terakhir, klik tombol OK dan selesai.

    Menonaktifkan Kunci Password pada Windows 10

Setelah mengikuti tutorial diatas, kini cobalah masuk ke modus sleep dan hidupkan perangkat, pasti sistem takkan lagi meminta password dan kamu bisa langsung menuju desktop. Kecuali jika ada pengaman tambahan.

Contoh pengaman tambahan adalah PIN atau sejenisnya, jadi apabila saat ini kamu menggunakan PIN juga, maka pastinya Windows akan masih meminta PIN ketika masuk ke desktop. Dan bukan lagi sebuah password. Jadi yang harus kamu lakukan hanyalah menonaktifkan PIN tersebut.

Baca juga: Cara Menghilangkan PIN di Windows 10

Solusi Windows Masih Meminta Password

Pastikan sekali lagi bahwa sudah tidak mencentang pada opsi “Users must enter a username and password“, sebab inti dari semua ini hanya dari itu. Jika itu masih ter-centang, silakan hilangkan centang dan kemudian klik tombol Apply dan tuliskan password saat ini.

Untuk memastikan lebih baik lagi, setelah menekan tombol OK sesuai cara terakhir diatas, silakan langsung restart komputer untuk mengetahui berhasil tidaknya menghilangkan password.

Semoga bermanfaat dan Selamat mencoba

About the author: Apapun yang Saya ketahui dan Saya bagikan. Semuanya berawal dari masa yang disebut pembelajaran.

{ 0 comments… add one }

Leave a Comment