≡ Menu

Cara Download Semua File di Google Drive

Cara Download Semua File di Google Drive

Kebanyakan orang menyimpan file di Google Drive karena terbukti aman untuk menjaga berkas atau file tersebut dalam waktu jangka panjang. Tak hanya satu atau dua file saja, akan tetapi beberapa orang menyimpan ratusan file penting.

Kira-kira apakah bisa mengunduh seluruh file tersebut secara langsung dari Google Drive? Jawabannya adalah bisa. Jadi pengguna tidak harus mengunduh satu per satu file lagi karena bisa langsung mengunduh semuanya dalam satu file arsip.

Baik itu file ataupun folder dapat diunduh semuanya secara langsung. Nantinya file tersebut akan dikompres menjadi satu file yang berisi banyak file didalamnya. Dan tulisan ini akan menjelaskan bagaimana cara mengunduh semua file Google Drive tersebut.

Cara Download Semua File Google Drive dengan Mudah

Cara yang dibagikan dibawah ini menggunakan perangkat komputer untuk melakukannya. Jadi apabila saat ini kamu menggunakan ponsel, silakan beralih untuk memakai komputer atau laptop supaya dapat dengan mudah dipahami.

  1. Silakan menuju situs web Google Drive dan masuk dengan akun Google.
  2. Pada bagian Drive Saya, Tandai semua file dan folder, atau dengan cara klik tombol CTRL+A.

    Menandai Semua File dan Folder

  3. Selanjutnya klik kanan dan pilih opsi Download.

    Klik Download

  4. Tunggu proses pembuatan file arsip dibuat.

    Proses Download Semua File di Google Drive

  5. Jika prosesnya sudah selesai, dialog unduhan akan muncul.

Kesimpulan dari cara diatas adalah menyeleksi seluruh file dan juga folder, kemudian menekan tombol Download. Saat memilih opsi Download tersebut, sistem Google Drive akan membuatkan file arsip berbentuk ZIP yang nantinya siap untuk diunduh ketika proses pembuatan telah selesai.

Bagaimana Cara Melihat Semua File Didalam ZIP?

Untuk perangkat Windows 10, file ZIP dapat langsung dibuka dari Explorer. Jadi kamu bisa melihat keseluruhan file pada Google Drive dan memindahkan semuanya ke lokal drive pada komputer.

Sementara itu untuk selain Windows 10, kamu bisa memakai program bernama WinRar untuk meng-ekstrak isi dari file ZIP. Karena Windows versi lama tidak memiliki kemampuan untuk membaca file ZIP.

Baca juga: Tutorial Menghapus Seluruh File pada Google Drive Sepenuhnya

Mengapa Proses Pembuatan File ZIP Google Drive Lama?

Lama tidaknya proses tersebut dapat dilihat dari ukuran total file yang ingin diarsipkan menjadi satu file ZIP. Jika hanya sekitar 1GB saja, pasti prosesnya hanya sebentar. Akan tetapi jika total ukurannya besar, prosesnya pun akan lama.

Tapi tak usah khawatir, kamu bisa menutup halaman Google Drive selagi proses pembuatan file ZIP selesai. Nantinya file ZIP yang telah terbuat akan muncul pada bagian Drive Saya dan siap untuk diunduh.

Dan satu lagi, Google Drive menerapkan batasan terhadap akun Google biasa yang hanya dapat membuat file ZIP dalam ukuran maksimal 2GB, sementara itu tidak ada batasan untuk akun jenis G Suite. Tapi semoga saja kedepannya Google memberikan batasan yang lebih besar lagi.

Semoga bermanfaat dan Selamat mencoba

About the author: Apapun yang Saya ketahui dan Saya bagikan. Semuanya berawal dari masa yang disebut pembelajaran.

{ 0 comments… add one }

Leave a Comment