≡ Menu

Solusi Adobe Media Encoder Macet Saat Render Video

Sudah tahu kan apa itu Adobe Media Encoder? Itu adalah program yang berfungsi untuk melakukan encoding terhadap video. Sangat sering digunakan untuk me-render hasil projek dari Premiere Pro ataupun After Effect.

Dari kegunaannya memang sangat penting, namun ada satu kekurangan dalam menggunakan program ini yang mana hanya terjadi disebagian perangkat, yaitu kadang mengalami macet atau stuck saat proses render berjalan.

Jadi tak peduli menunggu berapa jam pun, itu akan tetap macet dan pastinya membuang-buang waktu. Syukurnya Adobe sendiri telah memberikan solusi untuk itu, dan artikel ini akan membagikan bagaimana cara mengatasi render macet pada Media Encoder.

Mengatasi Adobe Media Encoder Macet Ketika Render Video

Solusi yang dijelaskan disini berdasarkan dari apa yang Saya alami sendiri. Dan Saya pun mendapatkan solusi ini melalui forum Adobe. Terima kasih kepada mereka yang telah memberikan solusi, dan berikut ini cara mengatasinya.

  1. Buka Adobe Media Encoder.
  2. Klik tab Edit dan pilih Preferences.

    Klik Edit dan Pilih Preferences

  3. Pada bagian General, hilangkan centang pada opsi Enable Parallel Encoding.

    Hilangkan Centang pada Enable Parallel Encoder untuk Mengatasi Media Encoder Macet

  4. Setelah itu klik tombol OK dan coba untuk me-render video ulang.

Fitur Parallel Encoding sebenarnya berfungsi untuk mempercepat proses render itu sendiri dengan cara membuat beberapa jalur encoding secara bersamaan. Atau sederhananya ini layaknya download stimulasi yang ada di IDM.

Hanya saja pada beberapa perangkat, fitur ini tidak bekerja dengan baik dan menimbulkan macet/stuck pada pertengahan render atau ketika hampir selesai.

Baca juga: Cara Mengatasi Ukuran Render After Effect Terlalu Besar

Pastikan juga opsi Render yang dipilih adalah menggunakan GPU, dan jangan memilih opsi Software karena itu tidak effisien. Apabila GPU yang dimiliki adalah NVIDIA, maka sangat disarankan memilih CUDA dibanding OpenCL.

Masalah yang ada di Media Encoder juga tidak hanya ini saja, namun kebanyakan dari itu masih dapat diatasi. Jika sekiranya cara diatas masih tidak membantu untuk mengatasi kendala macet ini, sangat disarankan untuk menginstal ulang program Media Encoder atau menggunakan versi dibawahnya.

Semoga bermanfaat dan Selamat mencoba

About the author: Apapun yang Saya ketahui dan Saya bagikan. Semuanya berawal dari masa yang disebut pembelajaran.

{ 0 comments… add one }

Leave a Comment