≡ Menu

Cara Menonaktifkan Gutenberg dan Kembali ke Editor Lama WordPress

Cara Menonaktifkan Gutenberg dan Kembali ke Editor Lama WordPress

Editor teks bernama Gutenberg hadir ke WordPress sejak versi 5.0 keatas. Sejatinya Gutenberg memiliki tampilan dan fungsional yang lebih baik ketimbang editor lama, hanya saja kebanyakan orang masih terbiasa menggunakan editor lama, sehingga memilih untuk menonaktifkannya.

Editor lama dinamai sebagai Classic Editor dan fiturnya pun juga tidak kalah dengan Gutenberg. Jadi apabila kamu ingin tetap menggunakan editor yang lama tersebut, caranya pun sangat sederhana kok.

Menonaktifkan Gutenberg dan Mengembalikan Editor Lama WordPress

Hanya perlu sedikit langkah untuk mulai menghilangkan Gutenberg dan membuat editor klasik kembali lagi seperti semula. Silakan langsung ikuti langkah-langkahnya berikut ini:

  1. Masuk ke dasbor admin.
  2. Instal plugin baru bernama Classic Editor.

    Instal Plugin Classic Editor

  3. Kemudian aktifkan pluginnya.
  4. Lalu menuju menu Settings > Writing.
  5. Pada opsi Default editor for all users pilih sebagai Classic Editor.

    Menonaktifkan Gutenberg dan Menggunakan Editor Lama

Sekarang silakan coba untuk membuat postingan baru, pasti Gutenberg telah hilang dan beralih menjadi editor lama/klasik. Dan plugin tersebut pun juga memberikan kamu pilihan untuk menggunakan kedua editor secara bersamaan.

Baca juga: Tutorial Membuat Jadwal Post Artikel Otomatis di WordPress

Mengapa Banyak Orang Menonaktifkan Gutenberg?

Banyak pengguna merasa Gutenberg ini belum siap untuk dijadikan editor utama pada WordPress, dan saat ini rating dari plugin Gutenberg sendiri kurang lebih hanya sekitar 2.3 saja yang mana lebih banyak review negatif dibanding positif.

Saya sendiri menonaktifkan Gutenberg hanya karena telah terbiasa dengan editor lama dan tak ingin berpindah lagi ke yang lain. Namun sepertinya Gutenberg ini akan menjadi lebih baik lagi di waktu mendatang yang mana fiturnya akan lebih banyak ketimbang editor klasik. Untuk itu, pikir-pikirkan sekali lagi untuk menonaktifkannya.

Semoga bermanfaat dan Selamat mencoba

About the author: Apapun yang Saya ketahui dan Saya bagikan. Semuanya berawal dari masa yang disebut pembelajaran.

{ 0 comments… add one }

Leave a Comment