≡ Menu

Solusi Download Tidak Berjalan pada Galaxy Store

Solusi Download Tidak Berjalan pada Galaxy Store

Galaxy Store adalah aplikasi sejenis Play Store yang hanya tersedia pada ponsel Samsung saja. Disana terdapat banyak hal yang dapat diunduh, tak hanya aplikasi saja, melainkan juga tema, wallpaper, dan masih banyak hal lainnya.

Kebanyakan aplikasi Samsung bawaan seperti Bixby, Perpesanan, AR Emoji, dan lain-lain hanya tersedia pada Galaxy Store saja. Ketika ada pembaruan terhadap aplikasi sistem, kamu pun akan mendapatkan notifikasi yang akan diarahkan ke Galaxy Store.

Tapi beberapa orang kadang memiliki kendala, yaitu tidak bisa mengunduh atau memperbarui suatu aplikasi dan cuma muncul loading saja. Jika di Play Store, ini dinamakan “download tertunda“. Sementara pada Galaxy Store, tidak ditampilkan notifikasi apapun dan hanya loading terus saja.

Mengatasi Download Tak Berjalan di Galaxy Store

Kejadian sejenis ini kebanyakan disebabkan karena koneksi internet yang kurang stabil. Di lain sisi, juga terdapat proses unduhan yang sedang berjalan di latar belakang, sehingga prioritasnya diutamakan dan mengabaikan unduhan yang lainnya.

Tapi tak perlu khawatir, karena masih ada cara untuk mengatasi hal ini dengan mudah dan tentunya semua itu aman untuk dilakukan. Silakan simak beberapa caranya mulai dari yang pertama.

1. Mengunduh Satu-Per-Satu

Dibanding langsung download atau memperbarui aplikasi secara bersamaan, kamu bisa mencoba untuk melakukannya satu-per-satu. Ketahuilah bahwa sistem unduhan pada Galaxy Store ini nyaris sama seperti di Play Store, karena unduhan ganda akan diantrekan.

Adapun hal lain yang menyebabkan proses unduhan tak kunjung dimulai. Hal ini bisa disebabkan karena koneksi yang kurang normal, dan untuk mengatasi masalah terkait koneksi internet, silakan lanjutkan mencoba cara kedua.

2. Stabilkan Koneksi Internet

Dengan koneksi internet yang stabil, tentunya takkan ada kendala yang akan kamu alami ketika mengunduh aplikasi di Galaxy Store. Sementara jika saat ini signal seluler yang terdapat pada ponsel terbilang sedikit, kemungkinan besar itulah penyebab yang membuat proses download tidak berjalan.

Solusinya adalah mencoba menggunakan koneksi yang lain, misalnya mengganti kartu seluler yang lainnya atau lebih baik lagi memakai jaringan WiFi terdekat. Memakai jaringan WiFi memungkinkan koneksi yang didapatkan lebih stabil dibanding data seluler, tapi itu juga masih tergantung dari kekuatan signal yang didapatkan.

Baca juga: Trik Membuat Koneksi Stabil untuk Bermain Game Online

3. Hapus Cache & Data pada Aplikasi Galaxy Store

Adapun masalah yang mungkin disebabkan akibat galat terhadap data yang tersimpan pada aplikasi, Untuk itu silakan hapus data dan sekaligus cache/memori terhadap aplikasi Galaxy Store. Caranya sangatlah mudah, silakan ikuti tutorialnya dibawah ini.

  1. Buka Pengaturan dan ketuk menu Aplikasi

    Membuka Menu Aplikasi di Pengaturan Samsung

  2. Gulir kebawah dan ketuk pada aplikasi Galaxy Store

    Memilih Aplikasi Galaxy Store

  3. Gulir lagi dan menuju menu Penyimpanan

    Menuju Bagian Penyimpanan pada Aplikasi Galaxy Store

  4. Sekarang ketuk tombol Hapus Data dan juga Hapus Memory.

    Menghapus Data dan Memory pada Aplikasi Galaxy Store

Menghapus data tidaklah berpengaruh terhadap aplikasi yang lainnya. Hanya saja kemungkinan besar kamu harus masuk ulang ke akun Samsung ketika membuka Galaxy Store lagi.


Beberapa cara diatas tidak harus dilakukan semuanya, tapi kamu dapat mencoba mulai dari yang pertama dan apabila itu tidak berhasil, lanjutkan cara kedua dan seterusnya. Itu karena kebanyakan orang yang mengalami kendala ini diakibatkan masalah yang sepele, salah satunya adalah antrean akibat proses unduhan ganda.

Apabila kamu memiliki pertanyaan mengenai beberapa solusi diatas atau ingin menambahkan sesuatu untuk membantu pengguna Samsung yang lain, silakan bagikan itu di kolom komentar.

Semoga bermanfaat dan Selamat mencoba

About the author: Apapun yang Saya ketahui dan Saya bagikan. Semuanya berawal dari masa yang disebut pembelajaran.

{ 0 comments… add one }

Leave a Comment