≡ Menu

Cara Mengatasi Tidak Bisa Upload Foto dan Video di Instagram

Cara Mengatasi Tidak Bisa Upload Foto dan Video di Instagram

Ada lebih dari puluhan kendala yang terjadi di Instagram hingga saat ini, namun beberapa dari itu masih dapat diatasi dengan cara yang sederhana. Sebagian kendala tersebut juga tidak disebabkan oleh Instagram itu sendiri, melainkan akibat dari sistem ponsel yang kita digunakan.

Malfungsi pada ponsel terhadap aplikasi Instagram memang kejadian yang biasa dan ini tidaklah parah. Salah satunya seperti tidak bisa meng-upload foto maupun video. Walau itu masih dapat diatasi, tapi kendala tersebut memiliki banyak faktor yang mengakibatkannya terjadi.

Mengunggah atau meng-upload foto dan video di Instagram secara normal dapat dilakukan dengan cepat. Tapi adapun hal yang membuat proses upload gagal, sehingga konten yang di upload tidak tersedia pada akun. Dan artikel ini akan membagikan beberapa cara mengatasinya.

Baca juga: Cara Mengganti Username Instagram dengan Mudah

Keluar dan Masuk Kembali pada Akun

Logout atau keluar pada akun merupakan cara yang sangat ampuh untuk mengatasi kejadian ini. Kemungkinan besar bahwa masalah ini terjadi pada cookies yang tersimpan pada data aplikasi.

Sehabis keluar, silakan masuk ke akun kembali. Dengan begitu data cookies akan memperbarui secara otomatis. Setelah itu cobalah untuk meng-upload gambar atau video kembali, apakah sekarang sudah bisa?

Cara alternatif adalah menghapus data aplikasi Instagram secara manual pada Pengaturan Aplikasi di ponsel. Ini tetap aman, dan sama halnya melakukan keluar dari akun. Sehingga ketika membuka Instagram akan diminta untuk masuk ke akun kembali.

Restart Perangkat

Cara ini cukup sederhana, karena kamu hanya perlu memulai ulang (restart) ponsel saja. Ini memungkinkan tak ada proses di latar belakang yang menghambat proses upload di Instagram. Karena kadang ada aplikasi sejenis proxy yang membuat konektivitas ke suatu aplikasi terbatasi.

Jadi setelah memulai ulang ponselnya, jangan membuka aplikasi yang lain dulu, tapi silakan langsung buka Instagram dan coba lagi untuk meng-upload foto atau video.

Mengubah Jaringan Internet ke WiFi atau Data Seluler

Jika saat ini kamu menggunakan data seluler, silakan coba mengunggah foto atau video di Instagram memakai jaringan WiFi. Dan sebaliknya jika sedang memakai WiFi, silakan coba dulu menggunakan data seluler.

Terkadang di beberapa ponsel juga memiliki fitur penghemat kuota, atau aplikasi pengaya yang memiliki kegunaan seperti itu. Sebaiknya coba matikan sementara fitur penghemat kuota tersebut supaya koneksi internet dapat melaju tanpa hambatan di segala aplikasi termasuk Instagram.

Perlu diketahui juga bahwa melakukan upload foto maupun video membutuhkan koneksi internet yang stabil. Apabila memakai data seluler, pastikan saat ini menggunakan jenis jaringan minimal 3G supaya proses upload berhasil.

Baca juga: Cara Mengatasi Tidak Bisa Like di Instagram

Instal Ulang Aplikasi Instagram

Jika sekiranya keseluruhan cara diatas masih tidak mengatasi masalah ini, satu hal terakhir yang dapat kamu lakukan adalah meng-instal ulang aplikasi Instagram. Cara ini pun masih tetap aman dan tidak akan mempengaruhi terhadap akun.

Dan sebagai saran, tetap pasang aplikasi Instagram melalui Play Store dan tidak mengunduh dari Google guna mendapakan versi yang kompatibel terhadap ponselnya. Sebaiknya hindari menggunakan aplikasi modif, karena ini akan membuat fungsi untuk mengecek pembaruan versi aplikasi tidak berjalan.


Contoh mengunggah foto atau video yang gagal di Instagram adalah sejenis stuck atau macet ketika proses berlangsung. Paling banyak ini dikarenakan koneksi yang tidak stabil sehingga server tidak merespon dan proses tersebut dibatalkan.

Dengan beberapa cara diatas, itu akan dapat menyelesaikan masalah ini. Dan sebaiknya lakukan mulai dari yang paling atas supaya lebih efektif. Jika ada sesuatu yang dirasa membingungkan dari cara diatas, silakan tanyakan pada kolom komentar.

Semoga bermanfaat dan Selamat mencoba

About the author: Apapun yang Saya ketahui dan Saya bagikan. Semuanya berawal dari masa yang disebut pembelajaran.

{ 0 comments… add one }

Leave a Comment