≡ Menu

Cara Mengetes Keamanan WiFi Melalui Aplikasi Android

Cara Mengetes Keamanan WiFi Melalui Aplikasi Android

Pernahkah kamu memikirkan adanya suatu kelemahan terhadap jaringan WiFi yang digunakan sekarang ini. Mungkin saja keamanan yang terdapat pada router WiFi tersebut masih memiliki celah, sehingga orang lain bisa mendapatkan sandi dan menggunakannya tanpa ijin.

Tak perlu khawatir lagi, karena sekarang kamu dapat melakukan pengecekan keamanan WiFi hanya dengan ponsel Android. Yaitu memanfaatkan suatu aplikasi yang memiliki kemampuan untuk melihat celah pada router WiFi.

Nama dari aplikasi yang akan digunakan adalah WiFi Tester. Tampilan dari aplikasinya sangat sederhana, sehingga semua pengguna yang baru memakainya akan langsung mengerti untuk menggunakannya.

Baca juga: Lindungi Koneksi WiFi Android dengan ARP Guard

Cara Mengetes Keamanan WiFi dengan Aplikasi WiFi Tester

Aplikasi WiFi Tester mampu mengetes keamanan jaringan WiFi yang telah mengaktifkan fitur WPS pada router. Tidak berlaku untuk WPS PBC (Push Button Configuration), namun ini hanya khusus untuk WPS PIN.

Tersedia banyak PIN untuk segala router. Dan tak semua router yang mengaktifkan fitur WPS PIN memiliki celah. Untuk itulah, jika sekiranya router kamu masih menggunakan WPS PIN, sebaiknya cek memakai aplikasi ini untuk mengetahui apakah PIN tersebut aman digunakan atau tidak sama sekali. Selengkapnya, silakan simak tata caranya berikut ini.

  1. Hidupkan koneksi WiFi pada ponsel, kemudian buka aplikasi WiFi Tester
  2. Jika kondisinya sekarang sedang tersambung ke jaringan WiFi, silakan tekan opsi Disconnect

    Cara Mengetes Keamanan WiFi dengan Aplikasi WiFi Tester

  3. Setelah itu silakan pilih jaringan WiFi yang akan dites

    Cara Mengetes Keamanan WiFi dengan Aplikasi WiFi Tester

  4. Banyak PIN yang tersedia disana. Tapi lebih baik dicoba langsung semuanya dengan menekan tombol Try All

    Cara Mengetes Keamanan WiFi dengan Aplikasi WiFi Tester

  5. Jika memiliki celah, maka akan langsung muncul dialog bahwa jaringan WiFi tidak aman

    Cara Mengetes Keamanan WiFi dengan Aplikasi WiFi Tester

  6. Namun jika tidak memiliki celah, akan muncul dialog bahwa jaringan WiFi sepenuhnya aman

    Cara Mengetes Keamanan WiFi dengan Aplikasi WiFi Tester

Sebelum mulai mengetes PIN, penting sekali untuk memutuskan jaringan WiFi yang sedang terhubung sekarang ini. Sebab jika tidak diputus terlebih dahulu, maka pengetesan tidak akan berjalan maksimal dan bisa saja terdapat kesalahan pengecekan. Jadi intinya langkah ke-2 diatas sangat penting sekali.

Bagaimana Jika Jaringan WiFi Tidak Aman?

Apabila sudah dilakukan pengecekan berkali-kali dan jaringan WiFi yang digunakan sekarang masih memiliki celah keamanan. Maka langkah yang harus kamu lakukan adalah menonaktifkan fitur WPS pada routernya.

Disetiap router memiliki cara yang berbeda untuk mematikan fitur WPS, sehingga itu tidak dijelaskan pada artikel ini. Namun jika kamu kesulitan, silakan cari tata caranya di Google sesuai tipe atau merk router yang dipakai.

Dengan mematikan fitur WPS, maka tak akan ada jalan lagi untuk menyambung melalui WPS dan hanya bisa menyambung melalui kata sandi saja.

Baca juga: 3 Teknik Perkuat Signal WiFi dengan Alat Repeater

Download Aplikasi WiFi Tester untuk Android

Aplikasi WiFi Tester membutuhkan Android versi 4.1 keatas, dan memiliki ukuran sekitar 4 MB saja. Khusus untuk Android Lolipop kebawah, perangkatnya harus diroot supaya bisa menggunakannya. Sedangkan untuk versi Android keatasnya dapat memakai tanpa perlu akses root. Silakan tekan banner hijau dibawah untuk mulai mengunduh.

DOWNLOAD

Selain hanya WiFi Tester saja, adapun aplikasi alternatif yang patut untuk dicoba untuk memaksimalkan pengetesan keamanan jaringan WiFi. Aplikasi tersebut anatara lain adalah:

  • WiFi WPS WPA Tester
  • WPSApp
  • AndroDumpper

Semoga bermanfaat dan Selamat mencoba

About the author: Apapun yang Saya ketahui dan Saya bagikan. Semuanya berawal dari masa yang disebut pembelajaran.

{ 0 comments… add one }

Leave a Comment