≡ Menu

Alternatif SFC Scannow yang Tidak Berfungsi pada Windows

SFC Scannow adalah alat pada Windows yang berguna untuk memperbaiki berkas sistem secara menyeluruh. Jadi apabila pengguna merasa komputernya kehilangan semacam sesuatu pada sistem yang mengakibatkan crash atau lain-lain, maka menggunakan SFC Scannow sangat dianjurkan untuk awal kalinya.

SFC yang memiliki arti System File Checker adalah alat administratif built-in untuk memverifikasi file sistem, memperbaiki file yang rusak, atau hanya sekedar memperbaiki.

Ada tiga hasil kemungkinan disaat melakukan pemindaian memakai SFC, diantaranya adalah:

  • The scan did not find any issues
  • The scan did find issues and fixed them
  • The scan did find issues and couldn’t repair them (Windows Resource Protection found corrupt files but was unable to fix some of them)

Jika sebelumnya pengguna telah mencoba melakukan recovery sistem dengan SFC Scannow namun tidak bekerja dengan baik, sebenarnya masih ada lho cara alternatif yang bisa dilakukan, yakni menggunakan bantuan DISM (Deployment Image Service and Management Tool).

Menggunakan DISM Ketika SFC /Scannow Tidak Dapat Memperbaiki

Alternatif SFC Scannow yang Tidak Berfungsi pada Windows

DISM merupakan program command-line yang dapat dipakai untuk berbagai keperluan. Ini tersedia pada kebanyakan versi Windows dimulai dari Windows 7 keatas. SFC mungkin mengalami masalah ketika saat pertama kali dijalankan, untuk itulah DISM berguna untuk menyelamatkan, sehingga tidak hanya SFC saja yang dibetulkan, tapi file yang rusak pun juga akan diperbaiki.

Sebelum menggunakan DISM, pengguna harus menjalankan program Command Prompt sebagai “run as administrator“. Dan kemudian tuliskan perintah dibawah ini untuk mengecek kesehatan sistem.

Dism /Online /Cleanup-Image /CheckHealth

Perintah diatas hanya berfungsi untuk mengecek saja dan tidak melakukan perbaikan apapun. Prosesnya hanya sebentar, kurang lebih hanya beberapa detik saja.

Langkah selanjutnya adalah melakukan scan sistem. Berikut ini perintahnya:

Dism /Online /Cleanup-Image /ScanHealth

Perintah ini berguna untuk melakukan pemindaian penuh terhadap sistem. Ini membutuhkan proses yang sedikit lama namun perintah tersebut masih tidak dipakai untuk memperbaiki masalah, atau dengan maksud hanya memindai saja.

Nah, untuk mulai memperbaikinya, jalankan perintah ini:

DISM /Online /Cleanup-Image /RestoreHealth

Perintah diatas akan melakukan perbaikan terhadap sistem yang rusak. Membutuhkan waktu yang lebih lama apabila file rusak tergolong banyak. Dan mungkin pengguna akan melihat seolah prosesnya macet atau tidak berjalan, tapi tenang saja karena memang begitulah cara kerjanya. Cukup tunggu sampai selesai.

Kesimpulan

Menggunakan DISM dengan perintah diatas sebenarnya nyaris sama seperti menggunakan SFC. Tapi jika dibandingkan, proses pemindaian dari DISM tergolong sedikit lebih lama. Semua berkas yang diperbaiki akan diterapkan pada pembaruan Windows.

Baca juga: Cara Mengatasi Sistem File Hilang Pada Windows

Adapun program lain yang dapat dipakai, namun fungsionalnya masih sama, yaitu memakai perintah DISM. Jadi jika pengguna ingin menggunakan program lain untuk memperbaiki file sistem, silakan dipertimbangkan sekali lagi.

Semoga bermanfaat dan Selamat mencoba

About the author: Apapun yang Saya ketahui dan Saya bagikan. Semuanya berawal dari masa yang disebut pembelajaran.

{ 0 comments… add one }

Leave a Comment