≡ Menu

Kegunaan dari Aplikasi Google Play Games di Android

Kegunaan dari Aplikasi Google Play Games di Android

Sebagian orang pasti pernah berpikir mengenai kegunaan dari aplikasi bernama Google Play Games yang ada di ponselnya. Sebab pada beberapa ponsel aplikasi tersebut dapat dicopot serta dipasang manual. Dan jika dirasa penting atau tidaknya, tentu itu tergantung dari apa saja yang digunakan terhadap aplikasi tersebut.

Untuk saat ini menjadi penasaran bukanlah kesalahan, dan akan Saya berikan sedikit hal untuk memberitahu pengguna mengenai apa saja kegunaan dari aplikasi Play Games tersebut. Tapi satu hal yang pasti setiap orang tahu adalah aplikasi itu mengacu pada sisi game. Dan itu benar.

Jika pengguna pernah tahu aplikasi bernama Layanan Google Play, maka Play Games ini nyaris seperti itu hanya saja berbeda dari sisi fungsional. Sebab Layanan Google Play lebih bersifat penting, sedangkan Play Games adalah antara penting dan tidak penting tergantung dari penggunaan ponselnya.

Baca juga: Cara Menonaktifkan Play Protect pada Android

Mendapatkan Informasi Game yang Sedang Tren

Walaupun sebenarnya Play Store sendiri telah memiliki fitur untuk menampilkan TOP Popular Game, namun itu hanya terbatas saja. Sebab jika pengguna melihatnya pada aplikasi Play Games, disana diberikan informasi yang lebih rinci. Seluruh game yang pengguna pasang saat ini juga akan otomatis terdeteksi.

Adanya Fitur Achievement

Semakin sering pengguna bermain game dan menyelesaikan misi, maka semakin tinggi nilai Achievement atau Prestasi yang didapatkan. Dan itu bisa digunakan untuk meningkatkan level.

Atau sederhananya, setiap prestasi yang didapatkan pada sebuah game ini adalah semacam EXP yang akan menambah terus menerus dan efeknya akan masuk pada level saat ini. Dan semakin tinggi levelnya, akan semakin bagus.

Bermain Multiplayer

Jika ada game yang menyuruh untuk memasang aplikasi Play Games, bisa jadi itu juga dimanfaatkan untuk dipakai fitur multiplayer. Salah satu game yang paling populer adalah Clash of Clans dan Dr. Driving 2. Dan tentunya fitur multiplayer tersebut hanya bisa dijalankan secara online.

Adanya Game Pac-Man dan Solitaire

Siapa tahu pengguna belum tahu bahwa didalam sana terdapat game bawaan aplikasi yang bisa dimainkan saat itu juga. Yaitu Solitaire dan Pac-Man. Dulunya ini tidak ada, tapi pada tahun 2017 terdapat game tersebut yang bisa langsung dimainkan tanpa perlu mengunduh lagi.

Memudahkan Para Developer Game

Layanan Play Games memungkinkan para developer untuk memberikan fitur seperti multiplayer tanpa harus mengembangkan fitur itu dari awal. Saya pikir pengguna sudah mengerti apa yang Saya maksudkan, sebab jika membuat fitur seperti itu sendiri, kemungkinan akan membutuhkan modal tambahan untuk menyewa server.

Baca juga: Cara Menghapus Segala Riwayat Aktivitas pada Akun Google

Kesimpulan

Secara keseluruhan, aplikasi Play Games hampir menyerupai program Steam yang ada di komputer. Dimana pengguna bisa melihat seberapa sering membuka game tersebut. Juga terdapat username yang bisa diganti dengan nama pengguna disaat bermain multiplayer.

Tidak perlu aplikasi Game Booster lagi, sebab sudah diberikan akselerasi untuk menghentikan background task otomatis disaat pengguna membuka game melalui Play Games.

Semoga bermanfaat

About the author: Apapun yang Saya ketahui dan Saya bagikan. Semuanya berawal dari masa yang disebut pembelajaran.

{ 0 comments… add one }

Leave a Comment