≡ Menu

Solusi Mengatasi Aplikasi Tidak Terpasang pada Android

Solusi Mengatasi Aplikasi Tidak Terpasang pada Android

Penyebab dari aplikasi yang tak dapat terpasang di Android biasanya dari kapasitas penyimpanan telepon yang kurang memadai, ini juga bisa disebabkan dari aplikasi lain yang menguras kapasitas sehingga penyimpanan telepon menjadi sedikit.

Baik itu pengguna telah mengatur proses pemasangan ke SD Card, tapi tetap saja masih membutuhkan sedikit penyimpanan telepon untuk membuat aplikasi itu bisa dipasang dan dibuka.

Seperti BBM yang memiliki ukuran yang sangat besar sekali hingga lebih dari 200Mb. Terhitung dengan ukuran sebesar itu, pengguna telah boros memakai total 4 atau 5 aplikasi chatting yang setara ukuran BBM.

Ini hanyalah contoh dan Saya tidak menyindir BBM sedikitpun. Bahkan sebenarnya tidak hanya aplikasi itu saja, namun seperti Facebook & Instagram juga menyimpan banyak sekali ukuran yang membuat kapasitas telepon turun terus menerus.

Baca juga: Hindari Hal ini Supaya Android Tidak Lemot

Pasalnya aplikasi yang ada di Android kebanyakan sudah memiliki batasan ukuran aplikasi, jadi mereka menyimpan sebuah cache atau tembolok yang mana itu akan mengurangi pemborosan data berlebihan dengan setiap konten yang disediakan aplikasi.

Lalu aplikasi ini akan menghapus setiap beberapa hari sekali secara otomatis terhadap berkas tembolok yang sudah melampaui batas. Sederhananya seperti Instagram. Setiap foto yang dilihat akan ditujukan ke tembolok dan jika pengguna tidak melihat foto itu di Instagram selama beberapa hari, maka akan dihapus otomatis dari berkas tembolok.

Tembolok atau Cache tidaklah berbahaya apabila dihapus dan banyaknya hal yang membuat kapasitas telepon terus berkurang bisa jadi karena hal tersebut. Seseorang yang tidak bisa memasang aplikasi juga bisa disebabkan oleh malfungsi dari ROM dan itu hanyalah masalah sementara saja. Berikut ini beberapa cara mengatasi aplikasi tidak terpasang pada Android.

  1. Hapus Tembolok atau Cache – Tidak perlu dijelaskan lagi tentang apa ini karena sudah Saya jelaskan seperti diatas tadi. Pengguna dapat menghapus tembolok dengan bantuan aplikasi seperti Cache Cleaner atau menghapusnya secara manual pada Manajer Aplikasi.
  2. Menggunakan Aplikasi Penghapus Sampah – Aplikasi sejenis ini tidak hanya menghapus dari SDCard saja, tapi juga menghapus dari sistem aplikasi yang tersembunyi. Misalnya seperti sebuah berkas sementara (Temp File) yang masuk pada bagian dalam aplikasi dan terdeteksi sebagai data aplikasi itu.
  3. Memindahkan Game ke Penyimpanan SDCard – Membuka aplikasi melalui penyimpanan telepon memang lebih cepat dibanding melalui penyimpanan SDCard. Tapi hanya khusus game saja silahkan pindahkan ke SDCard, karena biasanya sebuah game memerlukan penyimpanan tembolok yang tinggi dan sebaiknya membiarkan itu masuk ke penyimpanan SDCard.
  4. Reboot Ponsel – Bisa jadi hal yang membuat aplikasi tidak terpasang dikarenakan malfungsi pada ROM, contohnya selalu tampil pemberitahuan bahwa kapasitas tinggal sedikit, tapi ketika dicek ulang kapasitasnya memenuhi dan seharusnya pemberitahuan itu hilang. Nah maka dari itu jika pemberitahuan tersebut tidak hilang-hilang, solusinya adalah restart ponselnya.
  5. (ROOT) Partisi SDCard – Ini adalah cara terakhir dan khusus untuk ponsel yang telah diroot. Ada cara supaya penyimpanan telepon bertambah, yaitu dengan mengambil sebagian dari SDCard. Cara ini melakukan partisi dan cara termudah adalah menggunakan bantuan aplikasi seperti Link2SD.

Perlu diketahui bahwa cara yang terakhir tidaklah beresiko namun ponsel harus tetap menggunakan SD Card yang sama. Karena jika menggunakan kartu memori yang lainnya, hampir seluruh aplikasi akan hilang kecuali pengguna memasukan SD Card yang sebelumnya.

Jika ingin berganti kartu memori pun juga harus dihapus partisinya supaya ikon aplikasi tidak hanya tampil berwarna hitam seolah terdapat program yang hilang.

Baca juga: Cara Ampuh Mengatasi Penyimpanan Tidak Cukup di Play Store

Sedangkan untuk cara yang kedua, ada banyak sekali aplikasi untuk menghapus sampah. Yang terbaik saat ini adalah Clean Master dan aplikasi tersebut juga memiliki fitur untuk mendekteksi berkas dengan ukuran yang besar.

Jangan lupa juga untuk mencopot aplikasi yang tidak dipakai, dengan begitu pengguna akan menghemat kurang lebih 30Mb yang sangat berarti untuk memasang aplikasi baru.

Semoga bermanfaat dan Selamat mencoba

About the author: Apapun yang Saya ketahui dan Saya bagikan. Semuanya berawal dari masa yang disebut pembelajaran.

{ 0 comments… add one }

Leave a Comment