≡ Menu

Solusi Komputer Tidak Mau Booting dan Black Screen

Solusi Komputer Tidak Mau Booting dan Black Screen

Ada kalanya komputer sudah mulai menua dan kehilangan dayanya sehingga tak mau hidup lagi. Tapi jika komputer yang selalu dibersihkan secara rutin pastilah tidak akan cepat rusak dan semua komponennya bisa bekerja dengan baik.

Sama seperti masalah dari tidak hidupnya monitor padahal CPU masih bekerja dengan baik. Anehnya adalah terdapat tulisan “No signal detected” meskipun sudah mengganti kabelnya. Dari situ pasti sudah dimengerti bahwa masalah ini bukan dari kabel yang menyambung dari CPU ke monitor.

Tapi siapa sangka jika masalah seperti ini bisa diatasi dengan cara yang sepele. Jadi banyak sekali orang yang berhasil termasuk Saya sendiri melakukan cara yang terbilang aneh tersebut dan bahkan tutorial tersebut juga pernah diterapkan pada channel Dell di Youtube.

Baca juga: Cara Mengatasi Laptop Tidak Bisa Connect WiFi

Penyebab Black Screen di Monitor Tapi CPU Hidup

Kurang meyakinkan apa penyebabnya, tapi terakhir kali Saya mengalami masalah ini adalah tidak melakukan apa-apa. Bisa jadi Saya menyenggol di CPU atau sesuatu yang lain. Tapi cara untuk mengatasinya pun juga berbeda-beda.

Baik ada yang membersihkan RAM, membalik kabel kipas, dan cara yang berhasil Saya gunakan adalah mencopot kabel power. Ingin tahu bagaimana cara itu bekerja? Silakan lanjutkan membaca artikel ini.

Mencopot Kabel Power

Maaf jika ini terdengar seperti konyol, tapi anehnya ini sudah pernah membuat monitor Saya menyala lagi. Jadi langkah pertama yang dilakukan hanyalah mencopot kabel power lalu menekan tombol ON di CPU selama 30 detik.

Setelah 30 detik berlalu, cukup lepaskan dan tancapkan lagi kabel power tersebut dan hidupkan komputer. Perlu diketahui bahwa tehnik ini memang terbukti berhasil dan bukan sembarang main-main. Dan Saya mengerti bahwa jika tidak ada aliran listrik ke CPU maka menekan tombol juga tidak berpengaruh apa-apa, dan itulah yang masih menjadi misteri bagi Saya juga.

Membersihkan RAM

Pertama buka CPU dan ingat-ingat letak RAMnya supaya nantinya tidak kelupaan bagaimana cara memasangnya dengan benar. Dan pengguna hanya perlu membersihkan kuningan RAM dengan penghapus. Gosok perlahan sampai bersih dan kemudian taruh kembali di CPU.

Kemudian cukup hidupkan komputer dan jika berhasil pastilah monitor bisa menyala dan tidak black screen lagi. Namun jika masih tidak bisa mengatasinya, silakan lanjutkan ke tahap selanjutnya.

Menggunakan Monitor Lain

Siapa tahu bahwa masalah ini bukanlah dari kabel atau dari CPU yang pengguna miliki, melainkan dari monitornya. Jadi akan lebih baik untuk mencobanya dengan monitor yang lain, jika memang tidak berfungsi juga berarti kesalahannya dari CPU.

Nah jika kesalahannya sudah dari dalam CPU, maka ada banyak hal yang perlu diotak-atik lagi. Seperti mencopot RAM dan menyisakan satu saja. atau mengikuti tutorial di Youtube yang terbukti berhasil berdasarkan komentarnya.

Baca juga: Cara Mengedit File Hosts pada Komputer Windows

Kesimpulan

Ingin sekali Saya membagikan sesuatu yang lebih dari diatas, namun Saya sendiri tidak memiliki cukup pengalaman karena komputer Saya pun sudah pulih memakai cara pertama. Apabila pengguna masih bisa masuk ke BIOS, sebaiknya baca di artikel Repair Windows 7 Black Screen of Death.

Hanya itu saja yang dapat Saya bagikan untuk mengatasi monitor tidak bekerja ketika CPU dihidupkan. Semoga beberapa cara diatas berhasil dan jika ada yang ingin ditanyakan, cukup isi pada kolom komentar dibawah.

Semoga bermanfaat dan Selamat mencoba

About the author: Apapun yang Saya ketahui dan Saya bagikan. Semuanya berawal dari masa yang disebut pembelajaran.

{ 0 comments… add one }

Leave a Comment