≡ Menu

Trik Mencegah Browser Ngelag dengan Extension Ini

Trik Mencegah Browser Ngelag dengan Extension Ini

Sebenarnya kurang cocok jika Saya mengatakan ngelag pada judul dan harusnya mengganti itu dengan kata lambat atau sejenisnya. Tapi apa boleh buat karena para netizen selalu menganggap kemacetan pada suatu program sebagai ngelag atau hanya berupa lag saja.

Pasti semua orang ingin sekali marah jika sedang mengunjungi suatu website di internet dan tidak lama kemudian peramban yang dipakai langsung macet total dan tak bisa digerakan, sehingga harus menunggu beberapa saat sampai normal kembali.

Hal itu bisa karena browser menggunakan banyak memory (RAM) ketika mengunjungi situs tersebut atau pengguna sedang tidak sadar bahwa saat ini telah membuka banyak situs secara bersamaan.

Baca juga: Cara Memasang Extension Chrome Pada Opera

Kenapa Browser atau Peramban Menjadi Lambat?

Tahukah pengguna bahwa setiap situs yang dikunjungi memiliki ukuran yang berbeda-beda. Tentu tidak banyak orang yang menyadarinya. Tapi jika pada browser Chrome, pengguna dapat mengetahui hal tersebut dari task manager pada peramban dengan menekan tombol SHIFT+ESC pada keyboard. Dan berikut ini daftar hal yang membuat peramban menjadi lambat.

  • Membuka banyak situs/tab bersamaan.
  • Menggunakan extension yang berlebihan.
  • Memakai lebih dari satu peramban.

Mungkin untuk yang terakhir dari ketiga daftar diatas tidak banyak dilakukan seseorang. Tapi pada bagian satu dan dua pasti banyak yang melakukannya.

Meminimalisir Browser Ngelag dengan The Great Suspender

Jadi ada sebauh pengaya yang akan membantu pengguna mengelola setiap tab yang dibuka saat ini. Ini dapat menjadi alat untuk membuat peramban menjadi stabil dan tidak pernah lambat. Nama dari pengaya tersebut adalah The Great Suspender.

Satu keunggulan dari extension tersebut adalah bisa membuat halaman yang dibuka pada tab yang tak terpakai dalam waktu yang ditentukan, akan dioptimisasi sehingga tak memakan banyak memory lagi.

Terdapat pula fitur whitelist untuk mencegah pengaya ini memberlakukan suspend pada website yang ada pada daftar tersebut.

Cara Memasang Extension The Great Suspender

Pengaya ini hanya dikhususkan untuk peramban Google Chrome dan peramban yang memakai bantuan Chromium, namun tidak tersedia untuk Firefox. Tapi pengguna dapat menggunakan Add-Ons bernama Tab Suspender apabila memakai browser Mozilla Firefox.

Gambaran The Great Suspender

Dan bagi pengguna Google Chrome, silakan masuk ke halaman webstore The Great Suspender. Klik tombol Add to Chrome dan tunggu sampai terpasang. Dan jika sudah selesai, akan tampil ikon dibagian atas.

Gambaran The Great Suspender

Sekarang yang perlu dilakukan hanyalah mengaturnya sesuai dengan kenyamanan pengguna. Disini Saya menyarankan untuk memberlakukan suspend secara otomatis pada tab dalam waktu 5 menit. Tidak perlu mengaktifkan screen capturing karena itu akan menambah memory. Dan selesai.

Baca juga: Cara Mengecek Informasi Browser Secara Rinci

Kesimpulan

Setelah memakai The Great Suspender, pasti akan ada kelebihan tersendiri nantinya ketika pengguna membuka banyak tab dan mengunjungi sebuah situs. Dan untuk tab yang sedang memutar lagu atau video, itu tidak akan di-suspend secara otomatis.

Ketika tab telah di-suspend, maka pengguna harus melakukan refresh pada tab tersebut supaya halaman bisa dibuka kembali. Jika ada yang ingin ditanyakan, silakan berkomentar.

Semoga bermanfaat dan Selamat mencoba

About the author: Apapun yang Saya ketahui dan Saya bagikan. Semuanya berawal dari masa yang disebut pembelajaran.

{ 0 comments… add one }

Leave a Comment