≡ Menu

Kumpulan Situs Penyimpanan Gambar Gratis Terbaik

Gambar adalah objek yang masih diperlukan pada suatu artikel sebagai pelengkap. Tanpa adanya gambar, artikel itu tampak kosong dan tidak ada pemanisnya. Jika dilihat dari kelebihan dalam memberi gambar pada setiap artikel, tentu ada banyak sekali.

Salah satu kelebihannya adalah gambar tersebut akan tampil ketika artikel dibagikan ke sosial media semacam Facebook, Instagram, dan lain-lain. Berbeda jika tidak ada gambar sama sekali, maka ketika membagikan artikel ke sosial media, hanya akan tampil judul artikel saja dan sedikit deskripsi.

Mengetahui gambar itu sangatlah penting, mungkin pengguna masih kebingungan menentukan CDN gambar yang tepat dan tentunya gratis, tapi sekarang tidak perlu khawatir lagi karena akan Saya bagikan kumpulan penyedia layanan penyimpanan gambar terbaik di internet.

Baca juga: Plugin Terbaik untuk Mengompres Gambar Secara Otomatis

Kumpulan Situs Penyimpanan Gambar Terbaik

Meski ini hanya layaknya membagikan kumpulan situs saja, namun percayalah bahwa semua situs ini sangat friendly untuk dipasang pada blog yang pengguna miliki. Sebab tidak ada batasan waktu yang sekiranya menghapus gambar itu, jadi semua situs yang Saya bagikan ini akan menyimpan gambar pengguna secara permanen.

  • IMGur – Situs ini adalah salah satu terbaik yang pernah Saya coba. Hanya saja Saya memilih untuk tidak menggunakan lagi dikarenakan IMGur saat ini telah diblokir oleh provider internet seluler di Inonesia.

    Terdapat kemudahan dalam mengunggah dan bagian terbaiknya adalah pengguna diberi tombol backup pada suatu album yang mana akan mengkonversi semuanya dalam satu arsip berformat ZIP. Jika saja tidak diblokir di Indonesia, pasti Saya masih menggunakan situs ini.

    Kumpulan Situs Penyimpanan Gambar Terbaik di Internet

  • Flickr – Siapa sih yang tidak tahu mengenai Flickr? Suatu website yang membagikan kumpulan gambar tanpa hak cipta yang mana dapat diambil dan diterapkan pada website milik kita.

    Selain hanya itu, Flickr pun adalah layanan penyimpanan gambar yang akan memberikan sekiranya 1Tb gratis pada setiap penggunanya. Tentu dengan kapasitas sebanyak itu, sudah terasa unlimited.

    Kumpulan Situs Penyimpanan Gambar Terbaik di Internet

  • Postimages – Semenjak Saya pertama kali membangun blog, sering sekali menggunakan Postimages ini untuk menyimpan segala gambar untuk keperluan di artikel. Hanya saja saat itu website Postimages sakit-sakitan dengan maksud kadang-kadang tidak menampilkan gambar.

    Tapi itu dulu, sekarang situs web Postimages sangat sehat dan tidak pernah error lagi. Dengan tampilan putih dinamis serta ringan, membuat pengguna dengan mudahnya mengunggah banyak gambar dengan cepat.

    Kumpulan Situs Penyimpanan Gambar Terbaik di Internet

  • ImgBB – Hampir sama seperti Postimages, hanya saja ImgBB memiliki desain yang lebih minimalis. Segalanya dipermudah dan bahkan mengakses situs ini hanya perlu hitungan detik saja, begitupula proses uploadnya yang cepat.

    Mengapa Saya mengatakan hampir seperti Postimages? Sebab pada proses selesai upload, dibagian bawahnya diberi beberapa opsi untuk memilih fitur pembagian yang ada. Contohnya seperti link saja, thumbnail. atau BBCode.

    Kumpulan Situs Penyimpanan Gambar Terbaik di Internet

  • Photobucket – Lagi-lagi situs populer ini. Pasti pengguna sudah tahu kan mengenai situs yang satu ini. Hampir sama seperti Flickr yang mana memberikan pencarian pada gambar tanpa hak cipta.

    Tapi omong-omong situs ini tidak bisa diakses memakai AD Block lho, jadi ketika mengaksesnya harus mematikan AD Block terlebih dahulu. Dan pengguna harus membuat akun untuk bisa mengunggah dan menyimpan gambar di Photobucket. Selain itu atas kebijakan barunya, setiap gambar yang diunggah tak dapat dibagikan ke website kecuali meng-upgrade tipe akun ke berbayar.

    Kumpulan Situs Penyimpanan Gambar Terbaik di Internet

  • Google Photos – Yang terakhir adalah Google Photos. Adalah situs layanan penyimpanan gambar unlimited milik Google. Atau bisa dibilang bahwa situs web tersebut adalah pengganti Picasa yang telah ditutup lampau.

    Tak hanya foto saja, tapi video pun juga bisa diunggah disana. Tapi sayagnya Google Photos masih tidak memberikan fitur embed gambar supaya dapat dipakai di artikel website. Jadi untuk melakukan itu harus mengguankan sedikit trik.

    Kumpulan Situs Penyimpanan Gambar Terbaik di Internet

Memilih situs penyimpanan gambar yang mana saja itu terserah pengguna. Dan dari keseluruhan diatas, Saya pun sudah pernah memakainya. Tapi bagian anehnya masih tidak bisa memberikan review mana yang paling bagus, disebabkan semuanya sama bagus.

Apakah Gambar yang Diunggah Bisa Hilang Suatu Saat?

Seperti yang sudah Saya jabarkan diatas tadi, bahwa situs penyimpanan gambar yang Saya bagikan di artikel ini tidak akan menghapus pengguna kecuali jika pengguna sendiri yang menghapusnya atau terdapat orang lain yang meminta menghapus gambar itu dengan alasan pencurian gambar atau lain-lain.

Yang perlu diperhatikan dalam mengunggah suatu gambar pada situs diatas adalah setiap gambar tidak boleh memiliki hak cipta. Sebab pengguna bisa saja digugat jika saja pemilik gambar itu mengetahui bahwa terdapat assetnya yang tampil disana. Dan itulah yang menyebabkan gambar dihapus.

Selama gambar yang pengguna unggah adalah milik sendiri, misalnya screenshot atau suatu desain. Maka tidak ada yang perlu dikhawatirkan lagi. Gambar akan tetap aman selamanya.

Kesimpulan

Seluruh situs diatas adalah gratis untuk digunakan. Tapi terdapat pula suatu situs yang memberikan fitur berbayar yang mana akan menyuguhkan kelebihan tersendiri seperti kapasitas unlimited dan lain-lain.

Baca juga: Membuat Gambar Logo Mudah dengan Program AAALogo

Memakai CDN gambar selain bisa mempercepat situs web, ini juga bisa mengurangi terjadinya over load juga. Jadi ini sangat cocok sekali diterapkan pada website yang masih menggunakan server shared hosting.

Semoga bermanfaat dan Selamat mencoba

About the author: Apapun yang Saya ketahui dan Saya bagikan. Semuanya berawal dari masa yang disebut pembelajaran.

{ 0 comments… add one }

Leave a Comment