≡ Menu

Cara Mengganti Listen Port pada Squid Proxy di Ubuntu

Mengganti Listen Port di Ubuntu atau Debian

Sulit untuk menjelaskan lebih lanjut mengenai apa itu Squid Proxy dan kegunaannya, tapi ada diantaranya kegunaan dari Squid Proxy dapat digunakan untuk memfilter tujuan HTTP atau HTTPS dan bisa untuk mempercepat koneksi melalui fitur cachingnya. Yang paling penting pada Squid Proxy juga terdiri dari Portnya, yang mana itu digunakan untuk menyambung nantinya, jika tidak mengatur itu, maka pengguna tak akan bisa mengetahui Squid Proxy berjalan melalui lintasan mana.

Sama halnya seperti SSH yang dapat diatur Listen Portnya, dan untuk port asli Squid Proxy ini adalah 3128 dan sebenarnya untuk mengubahnya pun sangat mudah sekali dan hanya sekejap saja. Hanya disini Saya membagikan cara yang lengkap mengenai pengalihan konfigurasi secara rinci sehingga pengguna bisa memahaminya dan mengganti port 3128 tadi dengan port yang diinginkan atau menambah port yang lainnya.

Apabila pengguna pernah menggunakan layanan SSH tunneling gratis, pasti mereka menyediakan Squid Proxy untuk kebutuhan tersendiri. Nah menariknya port yang disediakan juga tidak hanya satu, melainkan beberapa jenis dan untuk itulah mengapa Saya membagikan cara ini untuk mengganti dan menambah listen port pada Squid Proxy, tapi kali ini Saya hanya membagikan khusus untuk OS Ubuntu atau Debian saja. Berikut ini tata caranya, silahkan simak dibawah ini.


  1. Pertama – tama silahkan masuk pada terminal dan ketikan kode berikut ini untuk mengetahui apakah Squid Proxy sudah berjalan.

    netstat -plant

    Jika berjalan, maka system akan menampilkan seperti ini.

    Proto  Recv-Q  Send-Q  Local Address  Foreign Address  State  PID/Program name
    tcp6   0       0       :::3128        :::*             LISTEN 6261/(squid-1)
  2. Diatas sudah bisa dilihat bahwa port yang digunakan squid saat ini adalah 3128. Langsung saja menuju konfigurasi dengan mengetikan perintah ini.

    vi /etc/squid/squid.conf
  3. Akan ditujukan pada file konfigurasi dan silahkan skroll kebawah dan cari pada bagian http_port. Ubah angka portnya menjadi port yang diinginkan. Misalnya ingin mengganti sebagai port 8080, jadi cukup ubah seperti ini.

    http_port 8080
  4. Tekan ESC lalu ketik :wq pada keyboard untuk menyimpan. Tahap terakhir cukup ketikan perintah ini untuk reboot squid.

    systemctl restart squid
  5. Sekarang cobalah untuk mengetikan seperti bagian pertama, pasti port sudah berubah menjadi 8080.
  6. Jika ingin menambah port lain, cukup tambahkan dibawahnya, misalnya pengguna ingin menambah port 2222. Maka contohnya seperti ini.

    http_port 8080
    http_port 2222

Pada Squid Proxy sendiri pun juga disediakan fitur untuk mengubah port secara langsung dengan perintah seperti ini squid -a port tapi itu hanya sementara sampai sistem melakukan reboot maka port tersebut tidak akan berfungsi kembali. Pastikan sebelum mengatur cara seperti diatas, pengguna telah mengatur pada bagian Network Security Groups dan mengatur inbound port supaya dapat digunakan.

Semoga bermanfaat dan Selamat mencoba

Promotion

About the author: Apapun yang Saya ketahui dan Saya bagikan. Semuanya berawal dari masa yang disebut pembelajaran.

{ 0 comments… add one }

Leave a Comment