≡ Menu

Cara Mendapatkan Youtube API Key dengan Mudah

Youtube menyediakan sebuah API untuk para developer supaya bisa dengan mudah mendapatkan segala informasi pada Youtube dengan mudah termasuk melakukan autentikasi pengguna kedalam akun Youtube dan mengelola video yang diunggah. Banyak kegunaan yang bisa dilakukan dengan sebuah API yang disediakan oleh Youtube. Seperti jika pengguna ingin cara mudah untuk mencari video pada Youtube dan membuatnya sebagai artikel, tentu itu memerlukan sebuah API.

Masalahnya bukan dari cara menggunakan API nya, namun adalah cara untuk mendapatkan kunci atau API Key yang dibutuhkan sebagai akses utama untuk dapat memakai sebuah API Youtube. Saat ini pun Youtube telah menerapkan API versi 3 yang jauh lebih sempurna dibanding sebelumnya, tapi untuk API Key ternyata juga memiliki batasan tersendiri dan tidak bisa dibilang unlimited. Tapi tidak perlu khawatir karena batasannnya cukup tinggi sehingga tidak akan cepat terbatas dalam waktu dekat.

Sebelumnya, API Key ini tidak dibutuhkan untuk mendapatkan informasi video baik itu mencari atau hanya ingin mendapatkan sesuatu didalamnya, tapi sejak versi 3 ini harus menggunakan API Key dan itu wajib. Berikut ini Saya bagikan cara mendapatkan API Key Youtube dengan mudah beserta gambaran, silahkan simak dibawah ini.


  1. Pertama – tama yang dibutuhkan adalah akun Google, jika sudah memilikinya, langsung saja masuk ke halaman Google Developer Console.
  2. Pada bagian sebelah teks Dashboard, klik pada tombol Enable API untuk mengaktifkan fitur API yang disediakan Google.

    Cara Mendapatkan Youtube API Key dengan Mudah

  3. Lalu semua fiturnya akan tampil dan cukup pilih pada Youtube Data API.

    Cara Mendapatkan Youtube API Key dengan Mudah

  4. Sekarang saatnya membuat kuncinya, pada halaman ini pilih tombol Create Project.

    Cara Mendapatkan Youtube API Key dengan Mudah

  5. Akan muncul dialog yang diperintahkan untuk mengisi nama projek, cukup isi sesuka hati. Dan jangan lupa untuk memilih Yes pada bagian persetujuan. Contoh lengkapnya seperti gambar ini.

    Cara Mendapatkan Youtube API Key dengan Mudah

  6. Setelah membuat projek tadi, sekarang saatnya mengaktifkan Youtube API. Tekan pada tombol Enable.

    Cara Mendapatkan Youtube API Key dengan Mudah

  7. Hampir selesai, sekarang proses pengambilan API Key, klik tombol Create Credentials.

    Cara Mendapatkan Youtube API Key dengan Mudah

  8. Sekarang akan diperintahkan untuk mengisi keterangan dari API Key yang akan dibuat, isi sesuai projeknya. Disini Saya contohkan Saya ingin membuat API Key publik supaya bisa diakses semua orang untuk web browser.

    Cara Mendapatkan API Key Youtube dengan Mudah

  9. Selanjutnya API Key sudah tampil dan bisa untuk menyalinnya cukup tekan tombol penyalinan seperti gambar dibawah ini.

    Cara Mendapatkan API Key Youtube dengan Mudah


Terlihat banyak sekali hal yang harus dilakukan, tapi sebenarnya itu hanyalah cara yang sangat sedikit dan cepat untuk dilakukan, Diatas terlihat banyak karena Saya memotong setiap langkah supaya terlihat lebih detil. Terkadang API Key bisa langsung terkena limit atau batasan, kemungkinan itu dikarenakan belum menyetel API Key dengan benar seperti menambahkan domain khusus yang hanya dapat memanfaatkan API Key tersebut.

Semoga bermanfaat dan Selamat mencoba

About the author: Apapun yang Saya ketahui dan Saya bagikan. Semuanya berawal dari masa yang disebut pembelajaran.

{ 0 comments… add one }

Leave a Comment