≡ Menu

4 Cara Atasi Tak Bisa Menambah Plugin di WordPress

WordPress Plugin Logo

Plugin yang terdapat pada WordPress adalah sebuah pengaya tambahan yang mana akan menambah fitur baru untuk situs WordPress tersebut. Saat ini ada jutaan lebih plugin yang tersedia secara cuma-cuma dan adapun plugin yang berbayar yang menacapai jutaan walau hanya sekedar tulisan kode. Memang tidak bisa disangkal bahwa plugin pun juga sampai bersifat wajib terhadap suatu template untuk menambah semacam tambahan sejenis like box, sosial share, dan masih banyak lagi.

Tapi masalah yang banyak terjadi adalah tidak bisanya memasang atau menginstall plugin pada WordPress dan ini termasuk dalam masalah besar mengetahui bahwa plugin masih dibutuhkan saat ini untuk perkembangan fitur pada situs. Jadi ada beberapa sebab yang membuat itu terjadi dan pastilah memiliki cara untuk mengatasinya. Dan yang dibahas kali ini bukan situs WordPress.com tapi WordPress self-hosted.

Karena WordPress.com adalah semacam platform blogging sejenis Blogger yang tentunya memiliki batasan tersendiri termasuk tidak bisanya menginstall plugin pada website yang dibuat. Pengguna bisa mencari perbedaan antara WordPress.com dengan WordPress self-hoted di internet dan jika harus memilih yang bagus? Saya pastinya memilih WordPress self-hosted karena kita dapat membuat website tanpa ada batasan fitur kecuali server web yang membatasi.

Hanya ada 4 hal yang akan Saya bagikan kali ini dan Saya jamin ini akan berhasil. Tidak hanya website yang tak dapat menginstall plugin saja, tapi juga masalah yang membuat pengguna tidak bisa menemukan opsi untuk menambah plugin yang baru. Langsung saja silahkan simak dibawah ini.


  1. Situs Menggunakan Platform WordPress.com – Seperti yang Saya katakan diatas bahwa platform WordPress.com memiliki batasan yang membuat pengguan tak dapat menikmati fitur seutuhnya layaknya pada WordPress self-hosted. Jadi pastikan sekali lagi bahwa pengguna saat ini apakah membuat website pada situs web WordPress.com atau dari WordPress.org (self-hosted).
  2. Perijinan Pengguna – Jika pengguna terdaftar pada suatu website yang mana menjadi seorang penulis, maka tidak akan bisa menginstall plugin dari halaman dasbor tersebut karena batasan dari perijinan fitur. Hanya admin dan editor yang bisa menginstall dan mengaktifkan plugin baru.
  3. Memory Limit pada Server Website – Kemungkinan hal ini dialami pada sebuah server website dengan menyediakan kapasitas yang sangat sedikit dan jarang sekali ditemui masalah dengan hal ini karena kebanyakan hosting pun juga memberikan kapasitas yang cukup untuk website berbasis WordPress. Namun jika masalah ini muncul, silahkan buka FTP dan tambahkan kode dibawah ini pada berkas WP Config.

    define('WP_MEMORY_LIMIT', '64M');

    Dengan kode diatas, memory limit yang sebelumnya dibawah rata-rata akan bertambah menjadi 64Mb dan sebenarnya tidak seluruh hosting bisa diberlakukan cara seperti itu.

  4. Berada pada WordPress Multisite – WordPress Multisite ini menyerupai pada WordPress.com dan fiturnya juga terbatas, hal ini biasa terjadi karena kekliruan pengguna pada saat menginstall mesin WordPress pada situsnya. Baik dari Autoinstaller ataupun manual jika memberi centang pada bagian Multisite, maka WordPress sepenuhnya akan menyerupai WordPress.com. Solusinya adalah menghapus seluruhnya dan mulai menginstall kembali.

Memang sedikit menjengkelkan apabila kita mengetahui terdapat perbedaan dari situs WordPress yang kita buat tidak seperti situs-situs lainnya. Tapi hal tersebut masih bisa diatasi dengan beberapa cara diatas. Jikapun pengguna saat ini terlanjut menggunakan WordPress.com maka salah satu cara yang bisa dilakukan adalah mencadangkan seluruh artikel dan mulai membuat website WordPress pada server hosting.

Ada ratusan penyedia hosting gratis yang ada di internet dan pengguna bisa memanfaatkan itu untuk membuat website berbasis WordPress tanpa ada fitur yang dibatasi. Selama pengguna menjadi admin website tersebut, apapun bisa dilakukan termasuk menginstall plugin dan sebagainya. Jika ada yang ingin ditanyakan tentang diatas silahkan berkomentar.

Semoga bermanfaat dan Selamat mencoba

Promotion

About the author: Apapun yang Saya ketahui dan Saya bagikan. Semuanya berawal dari masa yang disebut pembelajaran.

{ 2 comments… add one }
  • Aries June 5, 2017, 4:31 pm

    Bagaimana cara mengupload blog kita dari wp selfhosting ke hosting,dan bgmna cara mengcloning isi blog dari domain lama ke domain yg baru.
    Terimakasih

    • rrobyf June 6, 2017, 11:02 am

      Sangat mudah sekali, silahkan masuk pada dasbor website, klik menu Tools => Export. Dengan fitur itu pengguna bisa meng-export seluruh artikel dan komentar yang ada di blog lama dalam bentuk XML dan bisa diunggah ke situs WordPress lainnya.

Leave a Comment