≡ Menu

Trik Menggunakan Modem di Android dengan Kabel OTG

Memakai Modem di Android

Banyak kegunaan dari sebuah kabel OTG untuk Android. Seperti halnya menyalin suatu berkas dari flashdisk atau card reader. Akan tetapi masih ada peran lain yang bisa membuat pengguna terpukau ketika menggunakan fitur OTG yang ada di Android. Fitur OTG memiliki cara yang pintar untuk mengalokasikan suatu program dari USB dan disalurkan pada Android. Memang tidak semua jenis alat bisa berfungsi dengan baik pada fitur OTG pada Android, tapi beberapa alat berfungsi dengan baik di Android.

Contohnya adalah keyboard portable, mouse, dan stick game PC dapat berfungsi dengan baik menggunakan fitur OTG ini. Tapi tahukah pengguna bahwa ada satu hal yang berfungsi juga dan itu mengacu pada koneksi? Yaitu adalah modem. Pada normalnya modem ini diguanakan untuk menjalin internet pada PC, tapi pada Android pun juga bisa menggunakan modem dengan bantuan fitur OTG.

Memang tidak semua ponsel bisa mengguankan modem pada fitur OTG, tapi untuk ponsel Android 5 keatas memungkinkan untuk bisa melakukan itu. Jadi pengguna hanya membutuhkan aplikasi tambahan dan tentunya ponselnya harus dalam kondisi telah diroot supaya bisa menjalin koneksi modem ke internet. Nantinya pengguna juga harus mengatur sendiri akses poin dan lain-lain supaya bisa menelusuri internet tanpa ada kesalahan. Berikut ini cara menggunakan modem pada Android dengan fitur OTG.


  1. Pertama-tama pastikan ponsel Android telah ada diversi 5 keatas dan dalam kondisi sudah diroot. Jika sudah, unduh aplikasi PPP Widget pada bawah artikel ini dan pasang.
  2. Selanjutnya hubungkan kabel OTG ke ponsel Android dan tunggu hingga lampu LED modem berkedip.
  3. Lalu pada homescreen Android, tambahkan widget dari aplikasi PPP Widget tadi dan akan tampil dialog perijinan superuser silahkan ijinkan saja. Jika pada widget tersebut terdapat tombol Connect berarti ponsel bisa menggunakan modem dengan fitur OTG, akan tetapi jika tidak ada maka ponselnya tidak mendukung untuk cara ini.
  4. Jangan menekan tombol Connect terlebih dahulu dan sebaiknya menekan tombol Configure untuk mengatur akses poin. Dan sekiranya sudah, cukup kembali dan tekan tombol Connect dan sekarang pengguna sudah dapat mengakses internet dengan modem.

Beberapa step saja dan pengguna sudah dapat menyambungkan modem dari kabel OTG. Untuk koneksinya sendiri bisa terbilang sangat lancar dan ini masih tergantung dari signal yang didapat. Entah apakah ada ponsel Android yang bisa menyambung modem dari kabel OTG tanpa menggunakan aplikasi bantuan dan akses root, tapi cara diatas memang bisa dilakukan dan sekali lagi tidak semua ponsel Android dapat melakukannya. Untuk mengunduh aplikasi PPP Widget, silahkan klik pada banner dibawah ini.

DOWNLOAD

Semoga bermanfaat dan Selamat mencoba

About the author: Apapun yang Saya ketahui dan Saya bagikan. Semuanya berawal dari masa yang disebut pembelajaran.

{ 1 comment… add one }
  • deki firmansyah May 27, 2017, 1:59 am

    keren sob infonya, sangat membantu buat saya. Selama ini saya kira fungsinya cuma buat mindahin data ternyata juga bisa buat dipasangi modem hehehe

Leave a Comment