≡ Menu

Trik Upload File ke Google Drive dari URL

Google Drive adalah sebuah situs penyimpanan cloud yang sangat populer. Pengguna bisa mendapatkan gratis 15Gb hanya dengan mendaftar akun Google baru. Setiap berkas yang dinggah sangat aman dan tidak memiliki batas waktu penghapusan, atau dengan maksud berkas tersebut akan tetap ada untuk selamanya. Google Drive memiliki ciri yang hampir sama seperti Dropbox, hanya saja jika dilihat dari segi fitur, Google Drive masih lebih banyak.

Sebelumnya Saya sudah membagikan tentang cara mengunggah file dari internet ke penyimpanan cloud dengan mudah, namun sepertinya cara tersebut tidak lagi berguna untuk beberapa penyimpanan cloud seperti Google Drive ini, untuk itu Saya buatkan lagi cara lain untuk melakukan hal tersebut dan sebenarnya ini hampir sama karena membutuhkan situs lain untuk melakukannya, hanya saja situs ini jauh lebih baik.

Situs yang akan Saya bagikan ini bernama Savetodrive. Melihat dari namanya saja pasti sudah mengetahui bahwa website tersebut digunakan untuk menyimpan sesuatu pada Google Drive dan itu memang benar. Tapi pada website tersebut, berkas yang akan disimpan pada Google Drive tidak berupa berkas dari komputer, melainkan berkas dari internet. Maksudnya disini tidak terdapat tombol untuk mengunggah dari komputer dan hanya menggunakan URL untuk mengunggah ke akun Google Drive. Baiklah berikut ini cara menggunakannya.


  1. Pertama – tama silahkan buka peramban dan siapkan URL yang akan diunggah ke Google Drive. Akan lebih baik jika URL tersebut direct link.
  2. Selanjutnya buka website Savetodrive.net dan pada halaman tersebut, klik pada tombol Authenticate.

    Cara Upload File ke Google Drive dari URL

  3. Maka pengguna akan ditujukan pada pemilihan akun Google, silakan pilih akun mana yang akan digunakan untuk menyimpan berkas dari Savetodrive.
  4. Jika sudah, maka akan muncul sebuah perijinan dari Google, silahkan klik Izinkan atau Allow.

    Cara Upload File ke Google Drive dari URL

  5. Sekarang pada sebelah tombol Authenticate tadi akan terdaat tulisan You are now Authenticated, Itu tandanya website sudah siap untuk digunakan.

    Cara Upload File ke Google Drive dari URL

  6. Perhatikan pada bagian kolom Enter File URL…, silahkan isikan dengan URL berkas yang akan disimpan ke Google Drive dan lanjutkan dengan menekan tombol Upload.

    Cara Upload File ke Google Drive dari URL

  7. Tahap terakhir adalah menunggu proses pengunggahan selesai, dan disana juga terdapat fitur untuk menghitung kecepatan upload dan estimasi proses download. Cukup tunggu hingga 100%.

    Cara Upload File ke Google Drive dari URL


Nantinya berkas yang diunggah dari Savetodrive akan masuk pada direktori awal Google Drive. Cepat tidaknya proses upload dilihat dari seberapa cepat server URL unduhan tersebut dan tidak mengacu sama sekali pada Savetodrive, Saya sering sekali menggunakan Savetodrive ini untuk mengunduh URL dari internet pada akun Google Drive supaya Saya dapat mengunduh kembali dilain waktu melalui Google Drive. Karena menurut Saya mengunduh melalui Google Drive jauh lebih cepat.

Semoga bermanfaat dan Selamat mencoba

About the author: Apapun yang Saya ketahui dan Saya bagikan. Semuanya berawal dari masa yang disebut pembelajaran.

{ 4 comments… add one }
  • Mas Gin October 10, 2017, 12:29 am

    Nice info, sangat membantu.

  • Agung July 19, 2017, 11:44 am

    Thanks bermanfaat banget,

  • Saidz January 28, 2017, 11:35 am

    sepertinya savetodrive jeroan scriptnya pakai API ya hehehe

    Oiya, ada batas limit uuploadnya gak itu? Kemarin lihat tool seperti ini punya orang vietnam, tp musti bayar bulanan hohohohoo Jadi mending buat sewa RDP hehee

    • rrobyf January 31, 2017, 8:29 am

      Iya pake API dan tak ada batasan upload perharinya karena Saya rasa melakukan pengunggahan berkas sebanyak apapun tidak ada efeknya untuk situs savetodrive karena mereka tidak menampung berkas yang kita unggah.

Leave a Comment