≡ Menu

Menghubungkan SFTP Server dari Program Bitvise

SFTP memiliki kegunaan yang sama dengan FTP, hanya saja sambungan untuk SFTP lebih terbilang aman dibanding FTP. Keduanya bisa digunakan untuk melakukan transfer file dari server ke lokal dan sebaliknya. Beberapa pengguna VPS mungkin tidak asing dengan SFTP ketimbang FTP, karena SFTP ini berada pada port 22 yang mana itu biasanya digunakan untuk SSH. Dari kecepatan transfernya, keduanya masih sama-sama tergantung kemampuan server.

Walapun saat ini melakukan transfer berkas bisa dilakukan dengan banyak cara atau dengan maksud tidak hanya bisa dilakukan dengan FTP saja, tapi tetap saja akan lebih mudah menggunakan FTP karena lebih terbiasa. Ada banyak sekali jenis FTP Client yang tersedia di internet dan gratis, salah satunya yang terbaik saat ini adalah FileZilla yang terkenal akan populernya sebagai FTP Client terbaik nomor satu.

Tapi pernahkah pengguna menyadari akan ada program yang dapat membuka beberapa hal dengan mudahnya, contohnya membuka terminal bersamaan dengan membuka FTP. Tentu sangat asing program yang seperti itu, tapi ada satu program yang memang dapat melakukan itu dengan sangat mudah, yaitu Bitvise. Program ini memang memiliki unsur khusus sebagai SSH Client, tapi didalamnya pun pengguna bisa memakainya sebagai SFTP Client serta membuka Remote Desktop, dan diartikel ini akan Saya bagikan tentang tata cara menghubungkan SFTP Server pada Bitvise.


  1. Pertama – tama silahkan buka Bitvise dan jangan lupa untuk mengatur SSH.

    Cara Menghubungkan SFTP Server pada Bitvise PC

  2. Jika SSH telah diatur, maka selanjutnya cukup menuju tab Option.
  3. Lalu perhatikan pada bagian On Login, silahkan centang pada menu Open SFTP.

    Cara Menghubungkan SFTP Server pada Bitvise PC

  4. Kemudian kembali ke tab SSH dan sambungkan SSH. Dan ketika SSH terhubung, maka akan tampil dialog SFTP.
  5. Apabila misalnya tidak tampil, silahkan klik pada menu Open SFTP pada bagian kiri Bitvise setelah terhubung SSH.

    Cara Menghubungkan SFTP Server pada Bitvise PC


Mudah sekali bukan? Hanya membutuhkan beberapa step saja dan pengguna sudah dapat membuka SFTP dengan mudah. Untuk fungsionalnya juga hampir menyerupai FileZilla, hanya saja pada Bitvise jauh lebih minimalis dan mudah untuk digunakan. Terminal juga bisa digunakan dengan baik selama dibutuhkan, misalnya pengguna ingin mengeksekusi perintah untuk servernya, juga bisa memakai fitur Open Terminal di Bitvise. Jika ada yang ingin ditanyakan tentang diatas silahkan berkomentar.

Semoga bermanfaat dan Selamat mencoba

About the author: Apapun yang Saya ketahui dan Saya bagikan. Semuanya berawal dari masa yang disebut pembelajaran.

{ 0 comments… add one }

Leave a Comment