≡ Menu

Mengetahui Total RAM yang Dipakai Saat Ini pada Windows 7

Jika dulunya hanya pengguna komputer saja yang mengerti apa itu RAM dan kegunaannya, tapi saat ini sepertinya banyak orang yang mengerti tentang kegunaan RAM akibat adanya smartphone Android. Pada Android juga dibenamkan sebuah RAM untuk membuat proses multitasking supaya lebih halus dan tidak akan melammbatkan kinerja perangkat, begitu pula dengan yang ada pada PC juga digunakan untuk itu dan semakin tinggi ukuran RAM, maka akan lebih baik lagi dan tidak akan ada lagi kata lambat ketika membuka suatu program yang banyak dalam satu waktu, tapi adapula RAM yang terlalu besar tidak terdeteksi dan hal ini biasanya dialami oleh PC 32-bit.

PC yang menggunakan sistem 32-bit ini masih tidak bisa menambah jumlah RAM dengan ukuran lebih dari 4Gb karena suatu alasan, namun ada cara untuk melakukan tweak sehingga secara keseluruhan terbaca dan tidak hanya sebagian saja. Saya sendiri pengguna Windows 7 32-bit yang hanya terbatasi dengan maksimal 1.78Gb dan memerlukan tweak untuk memaksimalkan. Sebenarnya ada cara yang lebih mudah dan aman, tapi itu tidak bekerja pada PC yang Saya miliki. Sebagian orang pasti mengira jika PC yang dimilikinya memiliki RAM 4Gb, maka akan digunakan sepenuhnya, tapi hal itu tidak untuk semua pengguna karena adapula yang hanya menikmati 3.5Gb saja dari RAM yang terpasang.

Pada artikel ini akan Saya bagikan 2 cara mengetahui memory RAM sesungguhnya yang digunakan saat ini, jadi jika pengguna telah memasang RAM 4Gb atau bahkan lebih pada PC sistem 32bit, sebaiknya harus melakukan hal ini untuk melihat apakah RAM terbaca sepenuhnya atau hanya 80% saja. Jika memang yang terbaca hanya 80%, sebaiknya menerima saja dan tidak melakukan hal yang kurang aman dan beresiko, karena nantinya jika gagal akan menginstall ulang PC. Berikut ini 2 cara mudah mengetahui jumlah RAM yang diguankan saat ini pada Windows 7, silahkan lihat dibawah ini.


CARA PERTAMA

  1. Pertama – tama langsung saja klik START => Klik kanan pada Computer => Pilih Properties.

    Cara Melihat Jumlah RAM yang Dipakai di Windows 7

  2. Selanjutnya perhatikan pada bagian Installed RAM, jika disampingnya tidak ada teks bertuliskan misalnya (1.78Gb Usable) berarti selamat, RAM yang digunakan tidak terpotong sama sekali. Tapi apabila terdapat teks seperti itu, berarti RAM tidak terpakai sepenuhnya.

    Cara Melihat Jumlah RAM yang Dipakai di Windows 7


CARA KEDUA

  1. Pertama – tama silahkan klik tombol CTRL + SHIFT + ESC secara bersamaan pada keyboard dan akan menuju sebuah Task Manager.
  2. Setelah itu klik pada tab Performance dan perhatikan pada Physical memory (MB) dan pada bagian Total adalah jumlah ukuran RAM yang dipakai saat ini berdasarkan kalkulasi Megabyte.

    Cara Melihat Jumlah RAM yang Dipakai di Windows 7


Bagaimana? Mudah bukan cara melihat RAM yang digunakan saat ini, jadi sebaiknya pengguna tidak tertipu dengan jumlah RAM yang tertulis pada kepingan RAM apabila belum melihat langsung dari sistem, karena sebagian PC membatasi jumlah RAM dan saat ini untuk mengatasi hal itu sangatlah beresiko. Adapula yang mengatakan bahwa sebagian ukuran RAM yang tidak terpakai telah digunakan oleh VGA, tapi Saya sendiri masih kurang begitu percaya karena pengalaman Saya sendiri yang memasang RAM 4Gb tapi tetap saja yang terdeteksi hanya 1.7Gb saja. Berbeda lagi jika PC dengan sistem 64-bit, sepertinya masalah seperti ini tidak sering dialami dan bagusnya lagi sistem 64-bit bisa memasang RAM dengan ukuran lebih dari 4Gb. Jika ada yang ingin ditanyakan silahkan berkomentar.

Semoga bermanfaat dan Selamat mencoba

About the author: Apapun yang Saya ketahui dan Saya bagikan. Semuanya berawal dari masa yang disebut pembelajaran.

{ 0 comments… add one }

Leave a Comment