≡ Menu

Cara Mudah Mengunduh File di Internet ke Penyimpanan Clouds

Simpan File di Intenet Ke Penyipanan Cloud

Penyimpanan clouds saat ini bisa terbilang penyimpanan yang terjamin aman dan memberikan pengguna keluasan dalam pengelompokan berkas yang diunggah dan tidak terbatas oleh waktu. Setiap penyimpanan cloud gratis tentunya dibatasi kuota maksimal dan berbeda dengan memilih fitur premium atau bisa dikatakan berbayar akan mendapatkan kuota yang lebih tinggi atau bisa jadi unlimited (tidak terbatas). Salah satu penyimpanan cloud yang populer saat ini adalah Drive Google dan Dropbox yang memberikan jumlah kuota sangat besar untuk pengguna yang memilih paket gratis. Setiap akun Google selalu mendapatkan jatah kurang lebih 15GB untuk semua paket, dan itu termasuk Drive dan Mail. Berbeda jika Dropbox yang memberikan cukup sedikit namun hanya untuk penyimpanan file saja.

Saat ini Saya sendiri menggunakan Dropbox karena terbukti fiturnya yang luar biasa dan bisa langsung terintegrasi pada PC layaknya sebuah folder biasa. Pengguna bisa melakukan unggah file dengan cara memindah/menyalin file kedalam folder dropbox, dan seketika file tersebut akan diunggah. Selain itu Dropbox juga memiliki aplikasi untuk Smartphone, untuk memudahkan pengguna menunggah ataupun mengunduh konten yang tersimpan pada akun. Drive dan Dropbox hampir memiliki fitur yang sama, perbedaannya sangat kecil karena disini Dropbox lebih mengunggulkan lebih penyimpanan Clouds yang lebih baik, sedangkan Drive juga bagus, namun tidak ada beberapa fitur yang kurang lengkap dibanding Dropbox.

Mengunggah sebuah berkas yang besar memang tidak bisa dilakukan dengan koneksi upload yang biasa, meski jaringan telah 3G, tapi masih kurang jika mengunggah file dengan ukuran lebih dari 1GB. Kebanyakan orang akan membeli paket RDP untuk mempercepat proses upload tersebut, namun diketahui juga bahwa paket RDP harganya lumayan mahal untuk perbulannya, jadi tidak banyak orang yang membeli paket tersebut jika tidak untuk kepentingan. Dan disini Saya memberikan hal baru untuk mengunggah berkas cukup cepat, tapi syaratnya berkas tersebut harus ada pada Internet dan memiliki direct link. Dengan begitu pengguna bisa menyalin berkas tersebut pada penyimpanan cloud untuk disimpan sementara dan diunduh pada waktu koneksi sangat cepat.

Jika pernah mengunggah file melalui FTP, mungkin seperti itulah yang akan Saya bagikan kali ini. Bedanya hal ini mengacu pada penyimpanan cloud dan bisa juga diunggah juga menuju FTP. Lalu dengan apakah melakukannya ? Yaitu dengan bantuan situs lain yang sudah menyediakan fitur ini. Situs yang akan Saya bagikan mendukung kurang lebih 5 penyimpanan cloud saat ini dan mungkin akan bertambah seiring jalannya waktu. Pengguna bisa menyalin file dari Internet langsung menuju akun cloud dengan cepat meski ukuran file tersebut lebih dari 1GB, mungkin cukup menunggu maksimal 5 sampai 10 menit saja. Berikut ini tata caranya silahkan simak dibawah ini.

  1. Pertama-tama silahkan siapkan URL file dari Internet yang siap untuk disalin pada penyimpanan clouds. Dan pastikan URL adalah direct link dan tidak membutuhkan autentikasi.
  2. Jika sudah, silahkan menuju situs web http://ctrlq.org/save/. Dan klik pada gambar Sign Google.
  3. Lalu akan ada pada halaman perijinan Google, silahkan klik Ijinkan, maka akan dihadapkan pada halaman khusus untuk menyalin file.
  4. Pada bagian kolom, silahkan tempel URL file tadi, lalu dibawahnya terdapat beberapa penyimpanan cloud silahkan pilih sesuai yang diinginkan. Disini Saya contohkan memilih Google Drive.
  5. Setelah itu klik Upload File dan akan muncul sebuah popup, cukup klik Connect To Google Drive, dan akan dibawa ke halaman perijinan, silahkan klik Ijinkan.
  6. Selanjutnya pengguna akan disuruh untuk memilih folder mana yang akan dipilih untuk menyimpan file tersebut, silahkan pilih dan kemudian klik pada tombol Save your file.
  7. Sekarang cukup menunggu hingga proses upload selesai, dan terdapat notifikasi persen pada popup tersebut, tunggu hingga 100% dan jika selesai akan terdapat pembertahuan bahwa file berhasi diunggah.

Cara diatas Saya contohkan pada Google Drive, dan sama saja dengan Dropbox atau lainnya karena hanya perlu melakukan perijinan aplikasi saja yang ada pada situs web tersebut. Ada beberapa penyimpanan yang didukung pada website tersebut, yaitu Dropbox, Google Drive, Microsoft OneDrive, Box.net, Evernote, FTP Server. Jika melakukannya untuk FTP, akan berbeda pada halaman perijinan, karena tidak memerlukan itu, pengguna cukup menuliskan detil FTP yang ada pada server seperti hostname, username, dan kata sandi, setelah itu cukup memilih folder dan menyimpan. Untuk mengunggah dari FTP ini sedikit lama apabila file sangat besar akibat kecepatan download server tersebut yang kebanyakan dibatasi. Apalagi mengunggah pada FTP Server dari hosting gratis, tentu akan lama untuk mengunggah berkas dalam ukuran besar.

Situs web Ctrlq membagikan banyak sekali tool internet yang sangat membantu, dan tidak hanya itu saja. Tampilan yang sangat minimal bisa diperkirakan halaman website khusus penyimpanan cloud tersebut bisa dibuka pada segala bentuk jaringan dan memudahkan pengguna yang sering menyimpan file dan ingin diunduh pada waktu lain apabila memiliki kecepatan internet yang sangat bagus. Jika ada yang ingin ditanyakan tentang diatas silahkan berkomentar. :mrgreen:

Semoga bermanfaat dan Selamat mencoba

About the author: Apapun yang Saya ketahui dan Saya bagikan. Semuanya berawal dari masa yang disebut pembelajaran.

{ 2 comments… add one }
  • bisa bisa February 23, 2016, 10:07 am

    untuk penyimpananya maksimal berapa mas ?

    • rrobyf February 24, 2016, 7:19 am

      Masih belum tahu, sepertinya tidak ada karena sudah Saya coba mengunggah kurang lebih 1Gb masih tetap lancar. Tapi waktu yang ditunggu cukup lama saat 99%.

Leave a Comment