≡ Menu

Cara Mengatasi Download Di Play Store Selalu Macet

Ini dia cara mengatasi download di play store macet di 99%

Semua ponsel smartphone selalu memiliki aplikasi khusus untuk mengunduh konten seperti game, aplikasi, musik, film, hingga buku. Tentu tidak semua gratis dan adapula yang berbayar sesuai ketentuan developer. Jika pada ponsel Android sudah terdapat Play Store atau Google Play. Dengan aplikasi tersebut pengguna bisa mencari konten apapun yang diinginkan serta bisa melakukan unduhan dengan cepat dan stabil. Tanpa Play Store, mungkin pengguna akan kesulitan mengunduh game atau aplikasi dari website yang ada, sebab pada Play Store tidak adapun iklan atau jebakan link download yang meloncat menuju konten yang tidak diinginkan.

Ada perbedaan ponsel yang membuat orang merasa tidak menyukai apapun yang ia punya akibat merasakan hal yang janggal. Dan kebanyakan adalah dari Play Store. Ini bisa disebabkan berbagai hal, dan masalah yang ada pada Play Store ini tergolong lebih dari satu. Saya juga pernah membahas tentang perbaikan Play Store yang tidak bisa melakukan unduhan yang menampilkan pesan error. Itu dikarenakan Host yang ada pada sistem yang kemungkinan banyak dialami oleh ponsel yang telah berstatus ROOT, tapi jika tidak, masih bisa diatasi dengan cara jitu yaitu factory reset. Sudah beberapa kali Saya mengalami masalah yang ada pada file Host sistem dan ternyata memang harus dilakukan pengalihan dan dihapus pada bagian tambahan dari URL Google dan menyisakan alamat localhost saja serta IPnya.

Permasalahan pada Play Store memang bisa diatasi dengan cara factory reset, namun adapula cara yang bisa dilakukan tanpa harus melakukan hal tersebut. Dan disini Saya akan membahas tentang pengunduhan aplikasi atau playstore yang mengalami macet pada akhir unduhan, contohnya sudah hampir selesai lalu macet dan tidak berjalan. Hal ini bisa dikarenakan dari data/tembolok yang perlu dihapus dan bisa jadi juga Play Store yang ingin direstart layaknya dari awal. Melakukan pengembalian Play Store seperti awal tidak perlu melakukan factory reset dan hanya perlu menghapus akun Google saja lalu masuk kembali dan mencoba mengunduh lagi, terkadang itu berhasil dan tidak ada macet lagi.

Macet juga bisa dikarenakan terlalu banyak pembaruan aplikasi yang belum diperbarui, jadi alangkah lebih baik untuk memperbarui aplikasi supaya kinerja Play Store lebih baik ketika mengunduh konten yang lain. Adapun hal lain dari pengaturan yang bisa melakukan update otomatis versi Play Store, seharusnya ini tidak diaktifkan saja ketika tidak memakai jaringan yang cepat, meski menggunakan Wi-Fi, tapi apabila lambat, tentu akan mengganggu proses pengunduhan konten yang sedang berjalan. Hanya sedikit tips yang akan Saya bagikan untuk mengatasi Play Store yang macet ketika mengunduh hampir selesai. Silahkan simak berikut ini.

  1. Bersihkan Data dan Cache – Silahkan hapus data dan cache atau tembolok pada pengaturan aplikasi. Bisa saja data telah corrupt dan salah satu cara mengatasinya adalah menghapusnya. Tenang saja, untuk menghapus data tidak akan melakukan masuk/login ulang, dan saat menuju Play Store hanya akan disuruh menerima ketentuan layaknya setelah login dari akun Google.
  2. Matikan Update Otomatis – Silahkan menuju Play Store dan matikan perbaruan otomatis, silahkan pilih sebagai Jangan melakukan perbaruan otomatis.
  3. Perbarui Semua Aplikasi Yang Ada – Silahkan lakukan pembaruan pada semua aplikasi yang telah siap untuk diperbarui. Salah satu hal yang pernah Saya alami sendiri, setelah melakukan perbaruan dari 25 lebih aplikasi, dan mencoba untuk mengunduh, tidak lagi macet pada 97%
  4. Hapus Akun Google – Jika cara diatas masih tidak bisa mengatasi hal ini, silahkan hapus akun Google dan masuk kembali. Untuk menghapus silahkan menuju Pengaturan, dan pada bagian Akun silahkan pilih Google. Lalu klik pada alamat email, setelah itu klik menu opsi pada bagian kanan atas dan klik Hapus Akun. Ketika sudah dihapus, silahkan buka Play Store dan silahkan masuk kembali.
  5. Factory Reset – Apabila semua cara diatas masih tidak bisa dilakukan, silahkan lakukan factory reset atau bisa dibilang, mengembalikan ke pengaturan pabrik. Mungkin semua aplikasi akan hilang, namun Play Store akan terasa seperti kembali baru dan ponsel juga seperti baru lagi.

Silahkan lakukan cara diatas mulai dari yang teratas hingga kebagian bawah. Saran Saya cukup menghapus akun Google saja dan bisa dipastikan tidak akan ada macet saat mengunduh. Pada ponsel Android Gingerbread mungkin tidak bisa melakukan penghapusan Akun Google karena digunakan sebagai primary dan untuk menghapusnya harus melakukan factory reset. Masalah sejenis ini banyak dialami oleh ponsel Android dengan RAM 512Mb yang memiliki banyak aplikasi yang terinstall, jadi sebaiknya tidak memasang aplikasi terlalu banyak kecuali aplikasi dibuka setiap hari. Tapi apabila aplikasi tidak digunakan dalam jangkan waktu lama, sebaiknya melakukan copot pemasangan.

Semoga bermanfaat dan Selamat mencoba

About the author: Apapun yang Saya ketahui dan Saya bagikan. Semuanya berawal dari masa yang disebut pembelajaran.

{ 5 comments… add one }
  • taslima May 26, 2017, 1:59 am

    Hhhm gan masalahnya play store saya masih lambat loadingnya gan jadinya gimana gan???

    • rrobyf May 26, 2017, 11:46 am

      Wah kalo itu bisa jadi karena jaringan yang dimiliki tidak begitu cepat gan. Sudah memakai jaringan 3G gan??

  • Shizuku January 4, 2017, 9:18 am

    Tengkyu izin sedot min

  • kyo October 4, 2016, 3:12 pm

    Mas/Mbak
    Saya mau nanya android saya tidak bisa ngedownload lagi..
    Awalnya, saya tidak gubris sih pembaruan WA.karna uda abis kuota ga care dl sama internet slama bbrp hari…ehhh..taunya uda kadaluarsa WA nya..nah,sejak itu ga bisa di update lagi..saya hapus, terus saya download di PS ga bisa..saya uda ikut tutorial di youtube..yang liat aplikasi hapus cache hapus data terus download ulang..tak bisa jg..trus,ak ikuti *#*#4636#*#*..ganti jaringan..ehhh..tak bisa juga…semua jurus uda ga bisa…????????????
    Ada jurus lain ga…jangan sampe di factory reset..karna banyak data penting sih…??
    Tolong banget pengetahuannya..di sharing..plisssss..makasih

    • rrobyf October 5, 2016, 9:59 am

      Ketahui dahulu data apa yang terbilang sangat penting, jika itu adalah kontak dan perpesanan, hal tersebut masih bisa dicadangkan oleh Google dan pengguna bisa mengetahui tata cara melakukannya pada mesin pencari Google. Karena beberapa hal yang menyebabkan tidak bisa memperbarui terjadi akibat terdapat hostname yang salah pada konfigurasi akun Google utama yang dipakai ponsel dan tidak akan bisa diatasi kecuali me-reset pengaturan pabrik kecuali ponsel sudah diroot pasti ada cara lain, selain me-reset ulang.

Leave a Comment