≡ Menu

Cara Mengatasi VLC Media Tidak Dapat Memutar Video

VLC Media Error Undf

Video adalah sebuah berkas yang menyimpan kumpulan gambar yang disebut frame kedalam seuatu file dan diurutkan dengan rapi sesuai waktu yang ditetapkan. Saat ini sudah banyak sekali alat untuk mengedit video, baik itu seperti memotong clip, menambah watermark, melakukan perbaikan, menambahkan suara, an lain-lain. Namun dalam hal memutar video, jelas hanya satu alat saja yang Saya sukai, yaitu VLC Media player. Tidak hanya mendukung banyak jenis video maupun subtitle saja, namun setiap video yang diputar dapat berjalan lancar dengan maksud suara dan video tetap terpadu dengan baik. Dan fiturnya yang sangat banyak pasti membuat orang ingin menggunakan alat ini saja dibanding yang lainnya.

VLC Media Player biasanya sudah otomatis terinstall pada beberapa PC, namun yang terinstall tersebut masih menggunakan versi yang lama, memungkinkan masih tidak mendukung berbagai macam codec dan harus menggunakan perantara untuk bisa menjalankan video. Tapi sebenarnya tidak perlu phak ketiga saat ini juga bisa, karena VLC Media Player sudah diperbarui berkali-kali guna supaya mendukung setiap jenis video, dan jika kamu mengalamai masalah tidak dapat memutar pada software ini, berarti versi yang digunakan masih terbilang lama dan belum diperbarui.

Contoh kesalahan yang banyak didapati orang adalah seperti ini, “VLC tidak mendukung format audio atau video “undf”. Sayangnya tidak ada cara bagi Anda untuk memperbaiki hal ini“. Nah biasanya dengan munculnya teks tersebut ada yang bisa mendengarkan suara dari videonya saja, adapula yang tidak bisa sama sekali. Hal ini terjadi karena tidak adanya codec yang cocok untuk bisa memutar jenis video tersebut, meski itu file MKV berbentuk AVI, atau MP4, biasanya VLC bisa langsung mengamati dari jenis tipe file untuk diputar, dan jika masalah ini sama dengan masalahmu, silahkan simak cara mengatasinya dibawah ini.

  1. Pertama-tama silahkan coba putar videonya, apakah terdengar suara atau tidak sama sekali. Jika tidak ada suaranya, silahkan cek dulu ukuran file vdeonya apakah tidak coorupt, karena biasanya jika codec tidak cocok akan keluarkan suara saja.
  2. Pastikan sudah menyiapkan koneksi internet, karena disini akan mengupdate ke versi baru.
  3. Jika koneksi internet sudah tersedia silahkan buka VLC Media Player, klik tulisan Bantuan dibagian atas, lalu klik Periksa Update
  4. Jika terdapat versi baru, langsung saja update saja dan tunggu hingga proses pengunduhan hingga selesai. Selanjutnya jika pengunduhan selesai, tinggal install seperti biasa
  5. Sekarang coba putar lagi videonya, pasti sudah tampil gambarnya.
  6. Tapi terkadang ada juga yang masih mengalami tidak muncul gambar meski sudah diperbarui, dan disini Saya anjurkan untuk mengunduh software bernama Combined Community Codec Pack. Karena dengan bantuan itu, semua video pasti bisa diputar dengan baik.

Seperti yang Saya alami sendiri ketika mengunduh video di youtube dengan resolusi HD 1080p, yang terjadi hanya keluar suaranya saja, sedangkan itu Saya sudah menghabiskan banyak sekali kuota untuk mengunduhnya, jadi Saya coba perbarui versi VLC Media Player dan hasilnya video dapat berputar seperti biasanya. Dengan versi terbaru VLC, pasti lebih banyak fitur yang ada dan memang terbukti terdapat perubahan dari versi lama dari Windows. Yang Saya sukai di VLC Media Player juga dari penyeimbang suara dan gambar, jadi jika sewaktu-waktu video yang kamu unduh gambarnya tidak seiring dengan suaranya, kamu bisa memperlambat atau mempercepat dan tidak perlu lagi mengedit dengan lat lain yang lebih lama. Jika ada yang ingin ditanyakan silahkan berkomentar.

Semoga bermanfaat dan Selamat mencoba

About the author: Apapun yang Saya ketahui dan Saya bagikan. Semuanya berawal dari masa yang disebut pembelajaran.

{ 8 comments… add one }
  • mellysa April 14, 2017, 11:57 am

    saya yg muncul jg ” vlc idak dapat mengidentifikasi audio atau video “. nah itu caranya gmana ngunduh codec scr manual???

    • rrobyf April 14, 2017, 12:49 pm

      Saya lebih menyarankan untuk memperbarui versi VLC terlebih dahulu, karena siapa tahu versi program VLCnya sudah lawas sehingga tak mendukung banyak format video didalamnya.

  • Neno February 27, 2017, 2:13 pm

    Knp yah yg tampil putih aja?!_

    • rrobyf February 28, 2017, 10:29 am

      Apakah masalah yang tampil seperti gambaran diatas? Atau ketika memutar video hanya tampil putih saja tanpa ada peringatan? Dan apakah tampilan putih tersebut berupa box atau seluruh tampilan video hanya putih tapi video tetap berjalan?

  • Dzikri Kenway October 15, 2016, 10:27 am

    Gan kalo ane ‘VLC tidak dapat mengidentifikasi kodek audio atau video’ nah kalo gitu ane harus apa ya?

    • rrobyf October 16, 2016, 11:15 am

      Sepertinya itu harus mengunduh codec video secara manual.

      • Dornani September 3, 2017, 5:08 am

        Caranya gimana ya mengunduh codec video secara manual?

        • rrobyf September 4, 2017, 10:54 am

          Download program bernama Combined Community Codec Pack. Setelah dipasang, maka codec akan terintegrasi langsung ke VLC Player.

Leave a Comment