≡ Menu

(ROOT) Percepat Performa Android Dengan L_Speed

Android yang telah berstatus ROOT memang mudah untuk dilakukan apa saja terhadap sistem, tapi jika melakukannya dengan cara memaksa pastinya akan merusak komponen perangkat itu sendiri. ROOT pada dasarnya hanya akan berakibat buruk pada orang yang tidak begitu mengerti kegunaanya dan membiarkan ponselnya dalam keadaan ROOTED tanpa memakai yang seharusnya. Misalnya saja ada tutorial yang mengharuskan untuk ROOT supaya bisa menikmati fitur tersebut, dan si pengguna langsung menuruti perintah, dan setelah gagal akan tahu dari pengalamannya. Misalkan seperti aplikasi Chainfire 3D yang tidak kompatible ponsel diatas GIngerbread, dan ketika ada yang menginstallnya dalam ponsel ROOTED maka akan menimbulkan bootloop, ini dikarenakan system yang sudah berbeda dari OS yang digunakan.

Bicara tentang ROOT pasti setiap pengguna Android ingin mempercepat ponselnya dengan cara tweak yang benar dan tidak berakibat buruk pada ponselnya, tapi lebih menambah performanya, dan tenang saja, ada cara yang seperti itu dan mendukung semua versi Android dan perkiraan semua custom ROM. Tweak ini bernama L_SPEED. Saya sendiri menemukan pada sebuah forum xda dan sudah banyak yang menikmatinya, Saya sendiri sudah menikmatinya dan memang berjalan dengan baik tanpa ada efek sampingnya. Karena tweak tersebut tidak hanya mempercepat performa saja, tapi juga ada sesuatu yang bisa menghemat energi baterai dengan sempurna, setiap penggunannya pasti tidak akan kecewa dengan memasang tweak ini.

L_Speed memiliki fitur yang banyak dan hanya bisa dijalankan pada Terminal Emulator, jadi ini bukan aplikasi melainkan semacam tambahan untuk memberikan kelebihan tersendiri pada sistem Android. Jika biasanya orang kesulitan atau ragu dalam pengeditan build.prop, namun dengan tweak ini sudah bisa mengaktifkan sesuatu yang mungkin kamu inginkan, seperti penambahan sensibilitas sentuh, mempercepat koneksi dalam semua jaringan termasuk wifi, menghemat energi baterai, penambahan performa skroll supaya lebih halus, dan lain sebagainya. Jika ditanya apakah ada tweak untuk pengoptimalan RAM, tentu saja ada, yaitu seperti RAM Manager untuk memilih profile yang diinginkan seperti Multitasking, Balance, atau Gaming, dan ada juga fitur Out Of Memory Cleaner, jadi ketika saat membuka suatu aplikasi terjadi out of memory, maka system akan merespon dengan menghentikan aplikasi yang memungkinkan tidak dibutuhkan. Berikut ini cuplikan gambar yang Saya dapatkan.

L_SPEED 2.4 L_SPEED 2.4
Untuk cara penginstallan bisa dibilang mudah, pertama-tama cukup hapus semua file yang ada pada folder /system/etc/init.d/ supaya tidak tabrakan dengan tweak ini nantinya. Jika sudah silahkan FULL BACKUP dulu supaya tidak terjadi hal yang tidak diinginkan nantinya, lalu unduh L_SPEED pada bawah artikel ini. Selanjutnya tinggal flash saja dengan masuk ke CWM dan menuju menu Install from SD Card => Choose from SD Card dan pilih file L_SPEED yang diunduh tadi dan klik yes, tunggu hingga proses selesai setelah itu tinggal Reboot. Untuk mengunduhnya silahkan klik pada banner dibawah ini.


Version: 3.2 (OVERSEER)

Untuk mengaktifkan tweak ini silahkan unduh Terminal Emulator, silahkan cari diblog ini atau di Play Store. Lalu ketikan SU terlebih dahulu, dan ketikan LS (harus huruf besar) untuk menuju menu L_SPEED. Untuk pertama installan sebaiknya cek dulu apakah semua file terinstall dengan sempurna dengan mengetikan 1, jika sudah beres semua, silahkan menuju menu Wizard dengan mengetikan 2. Sekarang kamu bisa mengaturnya sendiri sesuai keinginanmu dan sebaiknya dilihat-lihat dulu, maksudnya tidak semuanya harus di hidupkan tweaknya. Untuk mengahpus cache dengan cepat dan tentunya meningkatkan performa kecepatan ponsel silahkan ketikan SU, lalu ketikan boost (harus huruf kecil) dan rasakan bedanya. Jika kurang paham, silahkan menuju thread official tweak ini dengan menuju Halaman Ini

Semoga bermanfaat dan Selamat mencoba

About the author: Apapun yang Saya ketahui dan Saya bagikan. Semuanya berawal dari masa yang disebut pembelajaran.

{ 2 comments… add one }
  • mas pri March 21, 2017, 9:12 am

    bagus banget gan infonya

  • Hanung_47 June 12, 2016, 11:34 pm

    Mantab mastah.. udan aku coba.
    Hp aku jadi smooth, udh jarang lag di game berat berat..
    Hp juga udh stabil suhunya jadi gak panas panas bnget. Posisi hp ku Gal young 2 SM-G130H.
    Makash mastah infonya sangat bermanfaat..

Leave a Comment