≡ Menu

Cara Backup & Restore Melalui CWM Recovery

CWM Recovery

Di artikel sebelumnya sudah Saya bagikan cara untuk menginstall CWM step by step dan tentunya mudah sekali karena menggunakan bantuan aplikasi. Dan kali ini akan Saya bagikan cara untuk membackup lewat CWM Recovery. Backup ini bersifat wajib karena untuk jaga-jaga ketika ponselmu memiliki masalah tertentu setelah mengedit sesuatu di sistem dan mengalami masalah dan harapan salah satunya ialah restore dari file backupan yang telah dibuat. Dengan memiliki file backup original ponselmu, kamu tidak perlu lagi bingung jika ingin mengembalikan ponsel dalam keadaan pabrik, jadi hal ini sama saja dengan flash lewat komputer hanya saja lebih mudah.

Kegunaan file backup ini tidak dikhususkan bagi pengguna Android yang senang mengedit sistem atau memasang custom ROM baru, namun kegunaannya untuk semua ponsel Android yang sudah berstatus ROOT. Contohnya jika saja ponselmu mengalami bootloop karena kesalahan edit sesuatu di sistem, kamu cukup me-restore backupan yang kamu buat sejak lampau. Saya sendiri sudah memiliki beberapa backupan dari beberapa custom ROM yang Saya coba untuk jaga-jaga saja ketika ponsel memiliki masalah pada fungsional. Berikut ini tata cara backup dan restore melalui Clock Work Mod (CWM) Recovery silahkan lihat dibawah ini.

  1. Pertama-tama silahkan masuk menu CWM Recovery, dan menuju menu
    Backup & Restore.
  2. Lalu akan ada beberapa menu lagi silahkan pilih menu Backup.
  3. Setelah itu silahkan tunggu hingga proses selesai, tunggu hingga 5 sampai 10 menit hingga menampilkan teks Backup completed.
  4. Untuk me-Restore silahkan menuju CWM lalu pilih menu Backup & Restore.
  5. Setelahnya silahkan pilih menu ,b>Restore dan tunggu hingga proses restore selesai. Tunggu hingga 5 sampai 10 menit sampai muncul tulisan Restore completed.

Mudah sekali bukan ? Kamu dapat membackup secara berkala setiap kamu sesudah mengedt sistem dengan sempurna. Beberapa kendala ketika restore ialah terdapat teks Md5 Mismatch, hal ini dapat diatasi dengan mudah, yaitu dengan menghapus file nandroid.md5 pada folder /clockworkmod/tanggal backupan/ dan mengganti file nandroid.md5 dengan teks kosongan, dan coba untuk restore sekali lagi pasti dapat berjalan dengan sempurna. Jika kamu mengalami backup yang sangat lama, hal tersebut dikarenakan aplikasi yang banyak telah terinstall, dan ada baiknya hapus dulu yang sekranya kurang penting, sebab beberapa aplikasi menyimpan data yang luar biasa besarnya dan hal tersebut yang bisa membuat proses backup berlangsung lama. Jika ada yang ingin ditanyakan silahkan komentar.

Semoga bermanfaat dan Selamat mencoba

About the author: Apapun yang Saya ketahui dan Saya bagikan. Semuanya berawal dari masa yang disebut pembelajaran.

{ 11 comments… add one }
  • Rizall August 27, 2016, 3:56 pm

    Gan, hp saya bootloop di logo HELLS FUSION itu gimana cara ngatasinya? Dan Recovery CWM yang saya instal berubah jadi Recovery bawaan, sebelum saya Update Kernel, recovery CWM

    • rrobyf August 29, 2016, 10:48 am

      Kemungkinan recovery yang sebelumnya diinstall bersifat sementara dan bukan permanen, jika ponsel sudah dalam kondisi diroot, sebaiknya install recovery permanen, setelah itu pasang stock rom. Untuk mendapatkan stock rom, silahkan cari pada grup ponsel tersebut di facebook.

  • bobi July 11, 2016, 11:06 am

    Gan ane sdh buat salinan file restore di nandroid nah ane kemaren pindahin ke pc pas ane mw pindahin lagi ke folder cwm g bisa gan failed to move itu gimana ya mohon bantuanya

    • rrobyf July 13, 2016, 11:23 am

      Silahkan cek perijinan folder CWMnya melalui root explorer apakah telah dicentang untuk writable atau tidak, atau coba restart ponsel lalu coba sekali lagi. Itu sepertinya masalah SD Card, bukan dari ponselnya.

  • rizky putra handika May 6, 2016, 2:15 am

    Gan sya mau nnya sya kan backup stockrom lalu sya instal costum Rom lalu saya restore apkah nanti balik ke stockrom

    • rrobyf May 6, 2016, 11:23 am

      Ya, selama memiliki backupan stockrom, pengguna masih bisa kembali lagi ke stockrom.

  • iksan February 22, 2016, 7:18 pm

    Saya kn sudah backup melaluii cwm..dan lngsung reboot sistem..trus memory saya langsung penuh gtu..
    Gymna cara hapusnya..

    • rrobyf February 23, 2016, 9:35 am

      Silahkan menuju folder ClockWorkMod pada SD Card lalu klik pada folder backup dan hapus saja semua folder yang ada pada folder backup tersebut, disarankan lebih untuk membuat salinan terlebih dahulu.

      • Akbar April 3, 2016, 1:49 pm

        MksdNya Membuat Salinan Salinan Yang Mana?

        • rrobyf April 4, 2016, 6:59 am

          Maksudnya begini. Jika ingin menghapus isi dari file backup yang ada di folder ClockWorkMod, sebaiknya disalin terlebih dahulu ke perangkat lain misalnya disalin ke PC, karena jika perangkat tidak memiliki backup sistem dan ponsel telah berstatus ROOT, kadang bisa terjadi soft brick dengan banyak alasan, maka untuk itulah file salinan backup akan dibutuhkan sebelum dihapus.

  • mnputra February 8, 2016, 12:18 am

    gan mau tanya, sy waktu backup di cwm ada tulisan no sd ext found, pas sy cek di folder backup ternyata file system nya nol kb, bgmn cara ngatasinnya?

Leave a Comment