≡ Menu

(htaccess) Menjalankan Kode PHP Pada File Berformat HTML

HTACCESS LOGO

htaccess adalah salah satu type file yang sangat berguna diwebsite. Ada banyak kegunaan dari htaccess, seperti Rewrite URL, Membatasi sesuatu, bahkan dapat juga untuk mengubah tipe/format file tanpa mengubah ekstensi file. Contohnya seperti file berekstensi .html. Pasti didalam file tersebut tidak dapat ditambahkan kode PHP (karena ekstensi HTML). Namun menggunakan htaccess, dapat menjadikan file HTML menjadi PHP.

Kali ini akan Saya bagikan cara sederhana untuk menambah/menjalankan kode PHP didalam file HTML. Sebenarnya tidak hanya HTML saja, namun ekstensi lain juga dapat menjadi PHP dengan cara yang sangat mudah. Berikut ini kodenya.

<files file.html>
AddType application/x-httpd-php .html
</files>

Untuk mencobanya, silahkan buat file baru bernama “file.html” dan masukan kode PHP didalamnya dan tes dulu apakah bisa apa tidak. Dan jika tidak bisa, silahkan salin kode diatas lalu buat file baru bernama “.htaccess” dan tempel (paste) pada file .htaccess. Selanjutnya tinggal tes lagi file.html tadi apakah sudah dapat menampilkan kode PHP ?

Cara ini tidak hanya untuk file berekstensi HTML saja, dan dapat memanipulasi berbagai format file menjadi PHP. Jika attribut pada kode diatas dihilangkan, maka semua file berekstensi .html akan berubah menjadi format PHP.

Tidak hanya attribut <files> saja, <filesMatch> dan <location> juga dapat digunakan untuk memilih file yang ingin difilter.
Apabila ada yang ingin ditanyakan tentang diatas, silahkan komentar. 😀

Semoga bermanfaat dan Selamat mencoba

About the author: Apapun yang Saya ketahui dan Saya bagikan. Semuanya berawal dari masa yang disebut pembelajaran.

{ 0 comments… add one }

Leave a Comment