≡ Menu

Plugin Untuk Backup & Restore Website Dengan Mudah

Melakukan backup pada website adalah salah satu cara untuk menghindari kerusakan dari website, jadi meski website dalam keadaan rusak, masih dapat me-restore atau mengembalikan ulang website dari file yang di-backup tadi. Hampir semua pemilik website pasti mem-backup situsnya beberapa hari/minggu/bulan sekali untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan. Ada banyak sekali plugin yang tersedia untuk situs berbasis WordPress. Tapi Saya hanya akan bagikan satu plugin yang terbaik dari semua plugin backup. Dan plugin tersebut bernama UpdraftPlus.

Di plugin tersebut, tidak hanya dapat melakukan backup saja, namun juga dapat me-restore website dari file backup dengan proses yang cepat. Banyak keunggulan yang ada, seperti jika saat proses backup gagal ditengah, maka sistem akan mencoba lagi terus – menerus supaya dapat membackup semua file hingga selesai.

Updraftplus dapat meng-autentikasi langsung ke beberapa layanan file hosting, dan objek penyimpanan file lain. Terdiri dari Amazon S3, Dropbox, Google Drive, Rackspace Cloud, DreamObjects, FTP, SFTP, SCP, WebDAV, OpenStack Swift, dan email. Saya sendiri menggunakan penyimpanan file ke dropbox karena mudah dan aman.
Di plugin ini dapat memberikan skedule berapa lama file akan dibackup. Misalkan per hari/minggu atau per bulan sekali. Mem-backup file tidak hanya berkas file yang diunggah saja, namun semua file dari plugins, themes, uploads, hingga database.

Melakukan migrasi website, juga bisa sangat mudah dengan updraftplus. Dan jika file yang dibackup sangat besar, dapat dipotong atau displit menjadi beberapa archive. Updraftplus telah mendapati rangking 40 plugin terbaik dari 30ribu lebih plugin yang terdaftar di rankwp.com. Inilah cuplikan gambar dari menu plugin Updraftplus Backup & Restoration. Silahkan lihat dibawah ini.

Updraftplus Plugin Banner Updraftplus Plugin Banner Updraftplus Plugin Banner

Ingin mencobanya gratis.? Langsung saja install melalui halaman plugin di dasbor. Silahkan cari dengan kata kunci Updraftplus. Atau jika ingin menginstall secara manual, bisa langsung download berkas file di Halaman Plugin WordPress. Jika ada yang ingin ditanyakan silahkan ber-komentar. :mrgreen:

Semoga bermanfaat dan Selamat mencoba

About the author: Apapun yang Saya ketahui dan Saya bagikan. Semuanya berawal dari masa yang disebut pembelajaran.

{ 2 comments… add one }
  • arif April 29, 2015, 4:15 am

    gan plugin ini gimana gunakan? dan bisa gak utk UC mini dponsel?

    • rrobyf April 29, 2015, 10:08 am

      Plugin ini khusus untuk pengguna WordPress, tidak pada browser.

Leave a Comment