≡ Menu

Cara Backup dan Restore WordPress dengan UpdraftPlus

Cara Backup dan Restore Situs WordPress dengan UpdraftPlus

Membuat segala jenis website dapat dilakukan mudah dengan CMS WordPress. Apalagi pemilik website dapat leluasa mengatur segala hal dengan mudah tanpa ribet. Tersedia pula ratusan hingga ribuan tema dan plugin gratis untuk menambah tampilan dan fitur pada webiste nantinya.

Ketika situs website sudah berjalan dan berkembang, pastilah kita memerlukan cadangan atau berkas backup untuk berjaga-jaga terhadap hal yang tak diinginkan terhadap website. Melakukan backup sendiri sudah merupakan kewajiban demi unsur keamanan.

Walau biasanya layanan server telah menyediakan opsi untuk melakukan full backup, akan tetapi ada cara yang lebih mudah lho ketimbang dari itu. Yaitu menggunakan bantuan plugin. Dan plugin tersebut bernama UpdraftPlus.

Baca juga: Plugin untuk Memberi Efek Zoom pada Gambar di WordPress

Apa Itu Plugin UpdraftPlus?

UpdraftPlus merupakan plugin gratis yang memiliki fungsional untuk mencadangkan situs WordPress dengan sangat mudah. Dan file backup yang dihasilkan bisa langsung disimpan ke penyimpanan cloud semacam Google Drive, Dropbox, Onedrive, dan lain-lain.

Penggunaan plugin ini sangat sederhana, hanya cukup mengatur beberapa hal seperti maksimal penyimpanan file backup, proses backup otomatis, dan sebagainya. Tapi satu hal yang paling mudah adalah melakukan backup manual pada dasbor.

Cara Backup Situs WordPress dengan UpdraftPlus

Pastikan bahwa saat ini plugin UpdraftPlus telah terpasang. Jika belum, silakan instal terlebih dahulu melalui dasbor. Dan apabila segalanya sudah siap, silakan menuju Pengaturan => UpdraftPlus.

Sebelum melakukan backup, ada baiknya untuk mengatur beberapa hal pada setelan yang telah disediakan pada plugin ini. Seperti menghubungkan akun penyimpanan cloud, mengaktifkan atau menonaktifkan backup otomatis, dan sebagainya. Cukup atur sesuai yang diharapkan.

Secara default, file backup akan tersimpan pada penyimpanan lokal server. Jadi meski tidak mengatur setelan plugin pun sebenarnya juga tidak masalah. Atau dengan maksud, setelah menginstal, kamu bisa langsung menggunakannya untuk mencadangkan situs.

Dan berikut ini tata cara melakukan backup pada plugin UpdraftPlus:

  1. Pada halaman UpdraftPlus di dasbor WordPress, tekan pada tombol Cadangkan Sekarang

    Cara Backup Situs WordPress dengan UpdraftPlus

  2. Tunggu sekejap dan kemudian proses backup akan berjalan.

    Cara Backup Situs WordPress dengan UpdraftPlus

  3. Sekarang silakan menunggu sampai prosesnya selesai. Dan jika selesai, nanti akan tampil pada bagian Existing Backups.

    Cara Backup Situs WordPress dengan UpdraftPlus

Hanya perlu 3 langkah saja untuk memulai mencadangkan situs WordPress. Dan pada UpdraftPlus, file backup terdiri dari beberapa file, yaitu Plugin, Tema, Uploads, Database, dan Others. Intinya ini tidak dijadikan menjadi satu.

Cara Restore Situs WordPress dengan UpdraftPlus

Seperti yang dijelaskan diatas, bahwa file backup akan dipisah menjadi beberapa bagian. Jadi mengapa tidak dijadikan menjadi satu? Karena supaya kamu bisa melakukan restore (mengembalikan) salah satu dari file tersebut.

Melakukan restore sama mudahnya dengan melakukan backup. Hanya perlu beberapa langkah saja. Jadi sekarang silakan menuju UpdraftPlus pada dasbor, kemudian gulir kebawah sampai bagian Existing Backups, setelah itu klik tombol Pulihkan.

Cara Restore Situs WordPress dengan UpdraftPlus

Akan muncul dialog yang menampilkan apa saja yang ingin di-restore? Jadi cukup pilih file mana saja yang sekiranya perlu untuk dikembalikan. Dan setelah itu, cukup menunggu beberapa waktu sampai proses restore selesai.

Tahap terakhir yang penting untuk dilakukan adalah membersihkan cache halaman apabila sekarang ini sedang memakai plugin cache. Karena jika tidak dihapus, memungkinkan beresiko halaman yang diakses pengunjung akan bermasalah akibat file cache yang masih tersimpan sebelum melakukan restore.

Baca juga: Tips Sebelum Upgrade Versi WordPress Supaya Tidak Error

Akhir Kata

Itulah tata cara backup dan restore menggunakan plugin UpdraftPlus. Sejauh ini plugin ini telah digunakan lebih dari puluhan ribu website, itu karena fiturnya yang banyak dan juga gratis untuk digunakan. Sementara itu kamu juga bisa membeli versi berbayar apabila ingin mendapatkan fitur tamabahan, seperti melakukan migrasi ke situs dengan domain berbeda.

Mungkin diluar sana terdapat banyak plugin untuk melakukan backup website. Akan tetapi UpdraftPlus ini menurut kami yang paling terbaik. Selain itu pembuat pluginnya juga sangat tanggap terhadap segala masalah yang dilontarkan pengguna pada forum WordPress.

Semoga bermanfaat dan Selamat mencoba

About the author: Apapun yang Saya ketahui dan Saya bagikan. Semuanya berawal dari masa yang disebut pembelajaran.

{ 0 comments… add one }

Leave a Comment