≡ Menu

Kegunaan Dari Fungsi Sleep() Di PHP

PHP Logo

Sleep dalam bahasa inggris artinya adalah tidur, tapi didalam bahasa PHP bisa berarti pause atau delay. Dengan fungsi sleep(), kamu dapat membuat script melakukan eksekusi dengan waktu yang kamu inginkan, misalkan seperti pada proses detik jam yang berjalan. Hal ini berbeda dengan fungsi max_execution_time yang berguna untuk membatasi waktu eksekusi pada script.

Jika pernah membuat sejenis script uploader melalui URL, pasti saat submit data harus menunggu hingga proses pengambilan file selesai, dan kadang bisa tidak terambil semua filenya karena koneksi yang lambat, tapi dengan bantuan sleep() kamu tidak perlu ragu karena waktu akan berjalan terus menerus hingga data yang diambil dapat terunduh ke server, kamu hanya cukup menyesuaikannya waktunya saja.

Sebenarnya ada 2 jenis fungsi seperti sleep() yaitu usleep() hanya saja usleep memakai mikrodetik, jadi menurut saya masih simple fungsi sleep, yang cukup memakai detik waktu. Inilah contoh penggunaan dari fungsi sleep().

<?php
echo date('H:i:s');
sleep(20);
flush();
echo "<br>";
echo date('H:i:s');
?>

Memakai 2 tampilan (echo) untuk membedakan script yang belum memakai sleep() dan sesudahnya, dan diatas juga memakai fungsi flush() untuk mempercepat load halaman dengan buffer. Dan hasil dari kode diatas akan menjadi seperti ini:

01:00:12
01:00:32

Pada bagian detik akan berbeda. Hasil waktu yang paling atas adalah sebelum menggunakan fungsi sleep dan yang dibawahnya yang telah menggunakan fungsi sleep. Sekarang mungkin kamu sudah mengerti kegunaan dari fungsi sleep().
Jika biasanya di PHP maksimal untuk mengeksekusi script adalah 30 detik, tapi dengan fungsi sleep, kamu dapat membuat penundaan waktu sesuai yang diinginkan.

Contoh lain dari kegunaan sleep(), baik digunakan untuk website yang mengambil konten dari situs lain (grabbing). Jadi akan lebih baik memakai penundaan selama 1 sampai 2 detik untuk membuat situs yang digrab tidak menerima banyak permintaan jangka dekat atau secara cepat dan langsung. Tidak hanya untuk menghemat CPU, juga membuat website lebih berguna 😀 .

Semoga bermanfaat dan Selamat mencoba

About the author: Apapun yang Saya ketahui dan Saya bagikan. Semuanya berawal dari masa yang disebut pembelajaran.

{ 0 comments… add one }

Leave a Comment