≡ Menu

Cara Mengecek Kecepatan Website Secara Online

Built for Speed Logo

Para pemilik website pasti tidak menginginkan situsnya diakses secara lambat oleh pengunjung, tidak hanya membuang waktu, tapi juga semakin dibenci oleh pengunjung. Ada banyak website yang memiliki waktu loading mencapai 1 menit, dan bahkan ada juga yang sampai 5 menit hanya karena sejenis kode auto embed.

Kecepatan dari situs sangat berarti buat para pengelola website, karena pengunjung dapat mencari informasi yang dicari dengan cepat tanpa menunggu lama. Dan pada dasarnya bot dari mesin pencari juga menyukai website yang sangat cepat, karena akan semakin mudah terindex.

Membuat website yang cepat sebenarnya tidak sulit. Jika-pun situs itu lambat, masih dapat dipercepat dengan bantuan encoding dan buffer. Yang paling banyak digunakan pada situs yang memiliki konten berat adalah melakukan buffer pada situsnya dan cara tersebut sangat mudah untuk dibuatnya 😀 .

Lalu apakah bisa mengecek kecepatan situs secara mudah dan online..? Jawabanya adalah bisa. Dan memakai bantuan sebuah website yang bernama Pingdom.

Pingdom adalah sebuah website yang menyediakan berbagai alat khusus untuk website, jadi disitus pingdom ada banyak fitur yang siap digunakan, seperti cek DNS, Ping website, dan tak terkecuali yaitu melihat kecepatan website. Berikut ini adalah tata cara penggunaan pingdom silahkan lihat dibawah ini.

  1. Pertama – tama buka situs Pingdom Tools, silahkan KLIK DISINI.
  2. Disana akan ada kolom yang disediakan dan silahkan masukan situsnya. “Contoh http://blogsecond.com”
  3. dan klik Submit

  4. Silahkan tunggu hingga muncul informasi yang didapatkan dari situs tersebut. Dan lihat pada bagian menu Load time, itu adalah kecepatan situs tersebut.

Contoh screenshot di tools pindom dari situs ini dapat dilihat dibawah ini.

Kecepatan Blog Second Website

Pada tools pingdom, kecepatan di blog ini tidak mencapai hingga 1 detik, hanya memerlukan waktu kurang lebih 800 mili second. Sebenarnya di tools pingdom terdapat 4 menu yang disediakan. Tidak hanya untuk mengecek kecepatan website saja, tapi juga dapat mengecek performa serta menghitung heading link yang ada website tersebut. Silahkan simak kegunaan keempat menu itu dibawah ini. 😀

Page size – Untuk melihat besar ukuran dari sebuah situs

Load time – Untuk mengecek kecepatan dari sebuah situs

Requests – Untuk menghitung berapa link yang ada pada header dari sebuah situs.

Perf. grade – Untuk menilai skor per nilai 100 dari sebuah situs.

Sekarang pasti sudah tahu tentang kegunaan dari pingdom dan tata cara penggunaanya. Perlu diketahui juga bahwa di tools pindom tidak memakai cara curang untuk mengecek sebuah kecepatan situs. Jadi tools pingdom menelusuri website dengan kecepatan paling tinggi lebih dari 1000MB/s, guna untuk memperoleh kecepatan asli dari situs tersebut. 😀 .
Jika ada yang ditanyakan tentang diatas silahkan komentar :mrgreen: .

Semoga bermanfaat dan Selamat mencoba

About the author: Apapun yang Saya ketahui dan Saya bagikan. Semuanya berawal dari masa yang disebut pembelajaran.

{ 0 comments… add one }

Leave a Comment