≡ Menu

Cara Mematikan Notifikasi Balon di Messenger

Cara Mematikan Notifikasi Balon di Messenger

Facebook menyediakan aplikasi terpisah untuk melakukan konversasi kepada teman, yaitu bernama Messenger. Berbeda dengan aplikasi chat yang lain, karena Messenger masih memerlukan akun Facebook untuk bisa digunakan.

Satu hal yang membuat Messenger menjadi berbeda sekali dengan yang lain adalah notifikasi balon obrolan yang muncul setiap kali ada pesan yang masuk. Jadi foto profil pengirim pesan akan dimunculkan sebagai popup yang melayang dan bisa diatur letak penempatannya.

Meskipun notif balon obrolan tersebut tidak terkesan menganggu karena hanya muncul kecil disisi layar, tapi bisa jadi kamu lebih suka untuk mematikannya untuk keperluan privasi, atau supaya tidak sampai dibuka oleh orang lain yang sedang memegang ponsel.

Menonaktifkan Notifikasi Balon di Messenger

Notifikasi balon secara default telah hidup, namun pengguna juga diberikan akses untuk menonaktifkannya supaya itu tidak muncul lagi tiap kali ada pesan yang masuk. Dan pemberitahuan pesan akan tetap masuk secara normal dan bisa dilihat di panel notifikasi.

  1. Silakan masuk ke aplikasi Messenger.
  2. Ketuk pada foto profil.

    Ketuk Foto Profil di Messenger

  3. Gulir kebawah dan nonaktifkan pada Balon Obrolan.

    Mematikan Notifikasi Balon di Messenger

Selesai, kini seluruh pesan yang masuk takkan bisa langsung dilihat dari notifikasi balon dan hanya bisa dilihat melalui panel notifikasi saja. Sekilas notifikasi balon ini sama halnya seperti fitur popup window yang disediakan pada WhatsApp, hanya saja tidak menutupi layar.

Kamu juga masih bisa mengaktifkannya lagi dengan cara yang sama apabila dirasa masih membutuhkan notifikasi balon obrolan tersebut. Karena dilain sisi fitur balon obrolan masih memiliki kelebihan tersendiri, dimana pengguna dapat membaca dan juga membalas pesan tersebut lebih cepat dibandingkan dari panel notifikasi.

Baca juga: Cara Aktifkan Mode Gelap di Messenger

Mengapa Notifikasi Balon Obrolan Masih Muncul?

Sudah mematikan fiturnya tapi masih muncul? Tenang saja, karena itu hanyalah masalah aplikasi saja dan bisa diatasi dengan cara menghapus data pada aplikasi. Untuk melakukannya, silakan menuju Pengaturan Aplikasi dan ketuk Messenger, kemudian pilih tombol Hapus Data.

Hapus Data Aplikasi Messenger

Menghapus data aplikasi tidak akan berpengaruh terhadap akun ataupun pesan Messenger didalamnya. Namun kamu harus melakukan langkah diatas sekali lagi, sebab fitur Balon Obrolan akan kembali aktif setelah data aplikasi dihapus.

Pesan yang ada di Messenger, baik itu gambar atau file dokumen yang dikirim ataupun yang diterima akan tersimpan pada server cloud Facebook. Data aplikasi yang dihapus hanya tergolong setelan dan juga penyimpanan cookies serta cache saja. Jadi tidak usah khawatir.

Sampai sini sudahkah kamu berhasil menonaktifkan notifikasi balon obrolan di Messenger? Jika belum dan masih terkendala pada suatu hal, sangat disarankan untuk menanyakan kendala itu di kolom komentar untuk mendapatkan solusinya.

Semoga bermanfaat dan Selamat mencoba

About the author: Apapun yang Saya ketahui dan Saya bagikan. Semuanya berawal dari masa yang disebut pembelajaran.

{ 0 comments… add one }

Leave a Comment