≡ Menu

Pengalaman Jual Beli Bitcoin di LUNO

Pengalaman Jual Beli Bitcoin di LUNO

Harga untuk 1 Bitcoin sekarang ini masih disekitar 100 juta rupiah, dan tentunya semakin banyak orang yang ingin mendapatkan uang virtual tersebut. Tanpa melakukan mining, kamu pun bisa mendapatkannya dengan jual beli Bitcoin atau istilahnya adalah Trading.

Di Indonesia, ada banyak situs yang menyediakan fasilitas jual beli Bitcoin dan mata uang digital lainnya, dan yang paling besar adalah Indodax. Tapi jika kamu hanya ingin menjual atau membeli Bitcoin saja, Saya menyarankan untuk melakukannya di LUNO.

Mengapa Saya menyarankan untuk memakai LUNO hanya untuk menjual dan membeli Bitcoin? Karena ini sangat berbeda dengan situs sejenis yang lain, dimana segalanya akan sangat mudah dan tidak ribet. Baik itu verifikasi, pembelian, penukaran, atau bahkan menarik uang bisa dilakukan dengan cepat dan dimana saja.

Proses Verifikasi Data Diri Sangat Cepat

Untuk bisa menarik uang dari hasil penukaran Bitcoin menuju ke Bank lokal, maka kamu harus melakukan verifikasi data diri terlebih dahulu. Proses ini tidaklah ribet, karena kamu hanya diminta untuk mengunggah foto KTP dan juga foto selfie wajah.

Ketika proses verifikasi berlangsung, ini hanya membutuhkan waktu maksimal 24 jam dan kemudian akun kamu telah berhasil ter-verifikasi. Dan pada pengalaman Saya, ini hanya mencakup waktu tidak sampai satu jam dan setelah itu mendapatkan pesan email bahwa proses verifikasi berhasil.

Email Verifikasi Berhasil pada LUNO

Keamanan Akun yang Ketat

Keamanan yang ditawarkan oleh LUNO terbilang cukup ketat, dimana ketika kamu memasuki akun melalui web browser, pasti akan mendapatkan notifikasi sign-in yang dikirim melalui email.

Email Notifikasi Sign-In

Itu juga masih dapat diperketat dengan mengaktifkan fitur two factor authenticator. Sedangkan pada aplikasi LUNO di Android hanya mengandalkan 4 Digit PIN untuk mengamankan segala transaksi.

Jika kamu membuka akun melalui web browser, disana juga terdapat fitur untuk melihat perangkat mana yang saat ini terhubung dengan akun. Setiap ada perangkat baru yang terhubung, sistem akan langsung memberikan notifikasi melalui email.

Proses Deposit Cepat Masuk

Pada LUNO sendiri dinyatakan bahwa proses deposit ini mencakup waktu 24 jam hingga saldo akan tampil pada Dompet. Namun dari pengalaman Saya sendiri, ini tidak membutuhkan waktu lama dan saldo deposit langsung muncul.

Sebagai saran untuk mempercepat prosesnya, silakan deposit melalui Bank yang telah didaftarkan pada akun LUNO, sehingga prosesnya akan instant atau lebih cepat.

Menukar Bitcoin Mudah dan Cepat

Jadi ada dua cara yang bisa kamu lakukan untuk menukar Bitcoin ke Rupiah pada LUNO. Yaitu menjual pada Exchange atau langsung menjual ke LUNO itu sendiri dengan harga yang ditetapkan. Tentunya dari kedua cara tersebut terdapat perbedaan tersendiri.

Jika kamu menjual dari Exchange/Trade, harga bisa kamu tentukan sendiri dan menunggu sampai ada yang membeli. Sedangkan pada fitur “Jual” yang tertera pada Dompet, kamu hanya bisa menjual dengan harga yang sudah ditentukan, selain itu juga ada biaya tambahan dengan maksud untuk jaga-jaga apabila harga Bitcoin menurun.

Baca juga: Cara Menukar Monero Menjadi Bitcoin dengan Cepat

Menarik Rupiah Selalu Tepat Waktu

Proses withdraw atau penarikan saldo dilakukan setiap hari Senin sampai Jum’at pada sekitar jam 14.00 hingga 21.00. Dari pengalaman Saya, uang akan cair pada kisaran jam 3 atau 4 sore dan tidak pernah telat.

Pesan Email Konfirmasi Penarikan Rupiah dari BNI

Dan ketika Saya menarik uang pada hari Sabtu, mereka langsung mengirimnya di hari Senin. Jadi bisa disimpulkan bahwa sistemnya sangat teratur sekali, sehingga pengguna akan selalu puas memakai layanannya.

Biaya Deposit dan Withdraw Rupiah Sangat Kecil

Yang membuat Saya betah memakai LUNO adalah biaya deposit dan penarikan dana yang terbilang kecil dibanding yang lainnya. Silakan lihat informasi biaya yang diterapkan LUNO dibawah ini:

  • Deposit: IDR 4.000 (Empat Ribu Rupiah)
  • Withdraw: IDR 6.500 (Enam Ribu Lima Ratus Rupiah)

Baik kamu melakukan deposit atau menarik rupiah dalam jumlah besar pun biayanya akan tetap sama seperti diatas. Kurang mantap bagaimana coba?

Layanan Support yang Terbatas

Hanya satu hal yang menurut Saya merupakan kekurangan pada LUNO, yaitu layanan supportnya. Kamu hanya bisa menghubungi LUNO melalui email saja dengan membuat ticket dari halaman yang disediakan.

Jika mereka menyediakan Live Chat atau CS di sosial media, tentunya itu akan lebih baik lagi. Mengingat banyak situs sejenis yang menerapkan Live Chat 24 jam, harusnya LUNO juga meniru seperti itu untuk bisa berkomunikasi dengan pengguna lebih mudah.


Jadi itulah beberapa pengalaman ketika Saya menggunakan LUNO. Saat ini tidak ada hal janggal yang terjadi dan segalanya baik-baik saja. Apakah kamu tertarik juga ingin menjual dan membeli Bitcoin disana? Langsung saja daftar di LUNO, gratis.

Semoga bermanfaat

About the author: Apapun yang Saya ketahui dan Saya bagikan. Semuanya berawal dari masa yang disebut pembelajaran.

{ 0 comments… add one }

Leave a Comment