≡ Menu

Cara Mengakses Winbox Mikrotik Melalui HP Android

Cara Mengakses Winbox Mikrotik Melalui HP Android

Sudah tahu kan apa itu Winbox? Itu merupakan sebuah program yang dapat membantu mengendalikan router mikrotik dengan sangat mudah. Pasalnya hampir keseluruhan orang memanfaatkan program Winbox tersebut untuk mengatur hampir segalanya.

Program Winbox sendiri hanya tersedia untuk komputer saja dan sebenarnya Mikrotik sudah menciptakan aplikasinya untuk versi Android bernama Tik-App, hanya saja pada Play Store masih belum terindikasi bahwa aplikasi itu sepenuhnya dirilis. Namun adapun aplikasi untuk Android sebagai pengganti Winbox atau Tik-App yang mana memiliki fitur yang nyaris sama.

Aplikasi tersebut bernama Mikro Winbox. Tersedia banyak fitur yang menyerupai pada Winbox dan bagusnya lagi adalah kamu dapat mengedit layaknya pada Winbox, atau dengan maksud tak hanya dipakai untuk melihat-lihat saja.

Baca juga: Turbo FTP – Aplikasi FTP Client Menarik untuk Android

Cara Mengakses Winbox Melalui Android

Untuk saat ini memang terdapat banyak aplikasi layaknya Winbox pada PC untuk Android, tapi yang paling terbaik adalah Mikro Winbox. Hal tersebut dikarenakan aplikasi tersebut gratis dan tidak memiliki batasan apapun. Berikut ini tata cara mengakses Mikrotik pada Mikro Winbox.

  1. Buka aplikasi Mikro Winbox dan tekan tombol PLUS (+) dibagian kanan bawah.

    Car Menggunakan Mikro Winbox pada Android

  2. Pada kolom Connect To, isikan dengan alamat IP router. Secara default biasanya adalah 192.168.88.1

    Untuk bagian Port pastikan telah diatur sebagai 8728

    Car Menggunakan Mikro Winbox pada Android

  3. Isikan kolom login dengan usernamenya, secara default adalah admin

    Lalu pada kolom Password isikan dengan sandi yang sudah diatur, namun jika sebelumnya belum pernah mengatur, kosongkan saja.

    Car Menggunakan Mikro Winbox pada Android

  4. Tahap terakhir adalah menekan tombol SAVE/CONNECT supaya konfigurasi tersimpan dan mulai dihubungkan.

    Car Menggunakan Mikro Winbox pada Android

Setelah terhubung, kamu sudah dapat memulai untuk mengatur konfigurasi Mikrotik layaknya pada Winbox. Seperti mengatur IP, Hotspot, Pengguna, dan lain sebagainya.

Dan satu hal lagi, apabila sekiranya masih tidak dapat konek, bisa jadi port 8728 masih belum diaktifkan. Dan untuk mengaktifkannya bisa melalui Winbox pada PC terlebih dahulu dengan menuju Terminal dan menulis kode perintah dibawah ini

/ip service enable api

Setelah mengeksekusi kode perintah diatas, kamu bisa memulai mencoba pada Mikro Winbox di Android. Karena pada dasarnya aplikasi Mikro Winbox memanfaatkan fitur API yang mana itu terdapat pada port 8728. Sehingga jika API itu tidak diaktifkan, maka Mikro Winbox tak akan dapat menghubungkan dan selalu timeout

Baca juga: Cara Mengakses Deep Web (TOR) di Android

Download Mikro Winbox untuk Android

Mikro Winbox memiliki dua versi, yaitu gratis dan berbayar. Tapi perbedaanya hanya pada dari sisi iklan saja. Jadi ketika kamu membeli versi berbayar, otomatis iklan akan dihilangkan. Dan satu kekurangan pada Mikro Winbox versi gratis ini hanyalah iklan yang terlalu banyak sehingga kadang tidak fokus ketika mengatur router.

Namun tetap saja Mikro Winbox tidak membatasi segala opsi dan memberikan keleluasaan untuk mengedit segala hal. Tidak seperti aplikasi seperti Tik-Tool atau DroidBox yang harus menggunakan versi berbayar untuk bisa mengedit sesuatu pada router.

Untuk mulai mengunduh Mikro Winbox, silakan tekan pada banner dibawah ini:

DOWNLOAD

Link diatas langsung mengarah ke Play Store demi kenyamanan dan keamanan untuk mengunduh versi original. Dan ketahuilah bahwa Blog Second tidak memiliki ikatan apapun terhadap aplikasi tersebut, atau dengan maksud, tulisan ini hanya sekedar untuk review dan tutorial saja.

Semoga bermanfaat dan Selamat mencoba

About the author: Apapun yang Saya ketahui dan Saya bagikan. Semuanya berawal dari masa yang disebut pembelajaran.

{ 0 comments… add one }

Leave a Comment