≡ Menu

Cara Download Banyak File Sekaligus dengan IDM

Cara Download Banyak File Sekaligus dengan IDM

Bukankah sangat sulit untuk mengunduh sebuah file satu-persatu dari puluhan atau bahkan ratusan file yang ada? Misalnya mengunduh file pada FTP, website, atau lain-lain. Tapi hal tersebut dapat di-minimalisir dengan bantuan IDM.

Internet Download Manager atau disingkat sebagai IDM memiliki fitur untuk mengunduh puluhan berkas sekaligus. Ini merupakan fitur pintar yang akan membantu pengguna menghemat waktu hanya untuk mengunduh banyak berkas.

Yang diperlukan hanya sebatas kumpulan link saja. Jadi dari kumpulan link yang sudah disalin tersebut, IDM dapat langsung mendeteksi setiap file yang akan diunduh. Tapi perlu diketahui bahwa fitur ini ada batasannya juga.

Baca juga: Cara Ampuh Mempercepat Proses Download di IDM

Mengunduh Puluhan File Sekaligus Memakai IDM

Saya rasa dari membaca tulisan diatas, pengguna telah mengerti apa yang diperlukan untuk melakukan cara ini. Yaitu hanyalah kumpulan link yang telah disalin. Jika pengguna masih bingung mengenai itu, silakan simak tutorialnya dibawah ini.

  1. Pertama, pengguna harus menyalin setiap URL pada notepad. Pastikan URL ditempel per-line atau contohnya seperti ini.

    Cara Download Banyak File Sekaligus di IDM

  2. Jika sudah, pengguna cukup menyalin semua link dengan menekan tombol CTRL+A kemudian tekan CTRL+C.
  3. Sekarang buka IDM, dan tekan pada opsi Tugas => Tambah banyak download sekaligus dari clipboard.

    Cara Download Banyak File Sekaligus di IDM

  4. Secara otomatis, IDM akan mendeteksi setiap link tadi dan pengguna bisa menekan tombol Ceklis Semua untuk memilih semua berkas. Dan lanjutkan dengan menekan tombol OK.

    Cara Download Banyak File Sekaligus di IDM

  5. Masih belum selesai, pasti akan ada dialog untuk antrian, cukup pilih sebagai Sinkronisasi antrian. Kemudian tekan lagi tombol OK.

    Cara Download Banyak File Sekaligus di IDM

  6. Sekarang unduhan pasti akan berjalan.

Sehubungan diatas hanya sebatas tutorial, maka gambaran yang ditampilkan hanya sebatas beberapa link saja. Tapi percayalah bahwa fitur download sekaligus pada IDM ini dapat mengunduh sampai ratusan file.

Baca juga: Cara Melanjutkan Download Apabila Link Kadaluarsa di IDM

Batasan Dalam Menggunakan Fitur Download Sekaligus di IDM

Seperti yang Saya katakan diatas tadi bahwa fitur ini memiliki batasan juga. Bahwasanya pengguna tak dapat mengunduh sembarang link. Karena fitur ini hanya dikhusukan untuk public link atau semacam direct link atau sebuah link yang tak membutuhkan akses cookie browser.

Jadi pengguna harus memastikan bahwa link yang akan diunduh benar-benar publik dan tidak memerlukan autentikasi, sebab hal tersebut hanya akan mempersulit pengguna nantinya.

Dan cara diatas menggunakan opsi Sinkronisasi antrian, hal tersebut supaya berkas dapat terunduh dengan sekaligus, dan hal ini memerlukan koneksi yang sedikit besar apabila setiap berkas memiliki ukuran yang besar.

Namun pengguna juga dapat mengubah opsi Sinkronisasi antrian menjadi lainnya tergantung dari keadaan koneksi internet yang dimiliki. Jika ada yang ingin ditanyakan tentang diatas silakan berkomentar.

Semoga bermanfaat dan Selamat mencoba

About the author: Apapun yang Saya ketahui dan Saya bagikan. Semuanya berawal dari masa yang disebut pembelajaran.

{ 1 comment… add one }
  • Edwin Februari 17, 2018, 2:45 am

    Wah mantap caranya gan. Dari dulu selalu panasaran bagaimana cara download banyak file sekaligus.

    Tujuan aku sih download semua pas foto 1 anggkatan yang ada di direktori kampus.
    Dengan paduan antara ms excel dan notepad ++ akhirnya berhasil juga dengan cara ini 😀

Leave a Comment