≡ Menu

Solusi Foto Profil Teman di WhatsApp Tidak Tampil

Solusi Foto Profil Teman di WhatsApp Tidak Tampil

Foto profil atau lebih dikenal sebagai DP (Display Picture) yang ada di WhatsApp memiliki faktor yang penting sekali untuk mengetahui siapa pemilik sebenarnya dari nomor yang telah ditambahkannya. Sehingga tidak sampai salah sambung ketika menghubunginya.

Tapi ternyata pada WhatsApp juga memiliki masalah yang hampir serupa seperti pada aplikasi BBM yang mana DP tidak mau tampil dan seolah mereka tak pernah mengunggah sama sekali. Namun jika di BBM kebanyakan hanya masalah cache, sedangkan di WhatsApp ada beberapa kejanggalan yang harus diatasi.

Sebenarnya bisa saja pada WhatsApp hal ini disebabkan karena cache gambar yang tak dapat disimpan pada direktori yang ditentukan. Bisa jadi terdapat penolakan pada direktori yang tidak diatur sebagai writeable. Akan tetapi hal ini sangat jarang sekali terjadi kecuali kartu memory yang digunakan memang sering bermasalah.

Baca juga: Cara Mengatasi DP BBM Orang Tidak Berganti Di Android

1. Menghapus Seluruh Cache WhatsApp

Sistem cache yang ada pada aplikasi kadang tak terkontrol sehingga akan menumpuk menjadi ukuran yang sangat besar. Dan sedangkan kegunaan berkas cache tersebut adalah untuk mempercepat kinerja aplikasi serta menghemat kuota data yang dimiliki pengguna.

Jika berkas cache mengalami corrupt, maka akan seterusnya seperti itu dan tak akan diubah kecuali teman yang pengguna tersebut mengganti dengan DP yang baru.

Dan untuk menghapus cache tersebut secara keseluruhan, sebagai saran Saya disini adalah memakai bantuan aplikasi bernama Clean Master. Sebab aplikasi tersebut memiliki fitur khusus yang dapat menghapus cache serta berkas-berkas yang tersimpan berupa gambar, video, sampai GIF.

Setelah menghapusnya, silakan coba menuju bagian kontak dan masuk ke halaman DP nya, tunggu sekejap dan pasti akan tampil kembali. Tetapi jika cara ini tak mengatasinya, silakan lanjutkan membaca cara kedua.

2. Menghapus dan Menambahkan Ulang Nomor WhatsApp

Cara pertama menurut Saya sudah ampuh untuk dapat memunculkan kembali DP yang bermasalah. Sedangkan cara kedua ini sebenarnya nyaris sama saja karena gambarnya akan di-generate ulang ke bagian cache supaya tampak baru ditambahkan saat itu juga.

Pengguna cukup menghapus terlebih dahulu salah satu kontak teman yang dirasa DP nya tidak muncul. Setelah dihapus, masuk ke bagian Kontak yang ada di aplikasi WhatsApp dan tekan opsi yang ada di pojok kanan, lalu ketuk Refresh.

Setelah di-refresh, pengguna bisa menambahkan ulang nomor ponsel temannya tadi dan lakukan refresh kembali. Pasti sekarang sudah tampil kembali foto profilnya. Jika masih belum tampil juga, mungkin berikut ini alasannya.

Baca juga: Cara Mematikan Fitur Download Otomatis di WhatsApp

Foto Profil Teman Tidak Tampil Akibat Privasi

Selain mengutamakan keamanan dalam bagian perpesanan, WhatsApp pun juga menyediakan fitur privasi yang mana digunakan untuk membatasi sebagian hal yang tak diinginkan seperti halnya DP ini. Dan kemungkinan.

Terdapat fitur untuk membuat DP hanya tampil untuk teman yang ada di kontaknya saja atau dengan maksud tidak diatur untuk semua orang. Maka dari itulah mengapa hal ini terjadi, dan kemungkinan pengguna tidak tertambah sebagai kontak pada ponsel milik temannya.

Semoga bermanfaat dan Selamat mencoba

About the author: Apapun yang Saya ketahui dan Saya bagikan. Semuanya berawal dari masa yang disebut pembelajaran.

{ 0 comments… add one }

Leave a Comment