≡ Menu

Beberapa Tips Sebelum Memasang Game HD di Android

Daftar Game HD Terbaik di Android

Memainkan game pada ponsel sangatlah menyenangkan, apalagi game tersebut memiliki grafik yang tinggi dan alur ceritanya menarik pasti bisa membuat semua orang ketagihan ingin terus memainkannya hingga baterai habis. Tapi adapula orang yang kecewa karena suatu hal terhadap ponselnya, bisa jadi game tidak mendukung atau terjadi masalah yang tidak diketahui sebelumnya seperti kapasitas memori yang tinggal sedikit.

Tahukah pengguna bahwa jika mengunduh sebuah aplikasi ataupun sebuah game pada Play Store, apabila suatu saat memori tidak mencukupi maka akan berhenti dengan sendirinya, tentu ini adalah kejadian yang menjengkelkan dikarenakan Play Store sendiri juga tidak memiliki fitur pause hingga saat ini. Untuk itulah sebaiknya pengguna melihat-lihat terlebih dahulu sebelum ingin memasang game yang memiliki ukuran tinggi supaya tidak menyesal nantinya.

Sama halnya mengunduh game yang ada pada perangkat PC yang diwajibkan untuk melihat minimum requirement sebelum mengunduhnya supaya tidak ada unsur salah paham tidak dapat memainkan game itu nantinya. Pada Android pun juga harus melihat-lihat juga hanya saja tidak terlalu berlebih layaknya PC. Yang perlu diperhatikan tidaklah banyak, satu-satunya adalah OS Android. Tapi itu tidak terlalu berguna apabila mengunduhnya pada Play Store, dikarenakan semuanya cocok.

Yang akan Saya bagikan pada artikel ini adalah sebuah tips sederhana yang akan membantu nantinya supaya tidak salah mengunduh game diluar Play Store. Karena saat ini banyak orang yang mengunduh sebuah game dari perantara Google yang kebanyakan tidak berasal dari sumber terpercaya atau dengan maksud telah dialihkan dengan versi MOD. Apalagi itu adalah game HD, tentu untuk mengunduhnya memerlukan koneksi tinggi dan untuk itulah silahkan simak tips dibawah ini supaya game tersebut tidak sia-sia diunduh tapi tidak dapat dimainkan atau tidak tau cara memainakannya.


  1. Ketahui Minimal Versi Android – Sebelum mengunduh sebuah game, ada baiknya melihat terlebih dahulu game tersebut mendukung untuk Android versi berapa. Adapula sebuah situs yang tidak memberikan informasi yang jelas, jadi sebaiknya jangan abaikan hal ini. Seperti pada website ini, pada bagian game atau aplikasi telah diberikan informasi jelas mengenai versi Android yang dibutuhkan.
  2. Ketahui RAM yang Dibutuhkan – Bisa tidaknya memainkan game dengan lancar pada Android terbantu dari besarnya kapasitas RAM yang ada. Pada beberapa game HD juga mendukung untuk dimainkan pada RAM 256Mb, tapi untuk game diatas 1Gb pastilah membutuhkan RAM setidaknya 1Gb atau lebih.
  3. Ketahui Jenis GPU Android – Kebanyakan game HD memberikan jenis cache atau data yang berbeda-beda berdasarkan GPU ponsel tersebut. Bisa jadi itu untuk Mali, Tegra Adreno, SGX, dan lain-lain. Untuk mengetahui GPU apa pada ponselnya, silahkan gunakan aplikasi bernama CPU-Z.
  4. Pastikan Koneksi Stabil -Baik saat ini menggunakan data paket ataupun WiFi, pastikan itu stabil, sebab jika koneksi putus sambung bisa menyebabkan gagal mengunduh game atau data dari game tersebut yang menyebabkan corrupt dan tidak akan bisa di-extract atau dipasang.
  5. Pastikan Kapasitas Memadai – Sebelum mengunduhnya, akan lebih melihat dulu kapasitas bebas pada memorinya. Ini akan lebih baik daripada telah mengunduhnya akan tetapi tidak bisa dimainkan karena kapasitas tidak cukup. Mengingat game HD pada Android kini memiliki ukuran diatas 1Gb.
  6. Unduh Game pada Situs Terpercaya – Banyaknya situs untuk mengunduh sebuah game HD, sebaiknya gunakan yang paling aman, disini contohnya adalah apkpure atau apkmirror. Hal ini untuk mencegah terjadinya malware yang masuk pada ponsel.

Salah satu hal yang akan terjadi apabila salah mengunduh game yang digunakan untuk OS yang salah, tidak lain adalah force close atau maksudnya game tersebut berhenti dengan sendirinya ketika dibuka. Ada banyak sekali jenis ponsel gaming yang tersedia saat ini dengan harga terjangkau tapi buatan China, contohnya Xiaomi Mi3 atau Lenovo Vibe Z K910. Bukannya menonjolkan brand tersebut, tapi Saya sendiri cukup terpukau melihat spesifikasi yang disediakannya. Jika ada yang ingin ditanyakan tentang diatas, silahkan berkomentar.

Semoga bermanfaat dan Selamat mencoba

About the author: Apapun yang Saya ketahui dan Saya bagikan. Semuanya berawal dari masa yang disebut pembelajaran.

{ 0 comments… add one }

Leave a Comment