≡ Menu

Tutorial Menggunakan Layanan VPN Gratis pada Opera PC

Pernahkah pengguna mengetahui sebuah peramban yang memberikan fitur VPN gratis? Tentu hampir tidak ada dan kebanyakan hanya dapat memanfaatkan dari bantuan addons atau extension saja. Tapi pada akhir tahun 2016 ini, terdapat satu peramban yang memberikan fitur VPN secara gratis dan tentunya tidak ada batasan penggunaan atau intinya bebas digunakan kapan saja tanpa takut dibatasi bandwidth. Dan peramban tersebut adalah Opera.

Saat ini Opera hanya membagikan fitur VPN secara gratis pada versi PC, sedangkan jika pada ponsel Android pengguna bisa mengguanakan aplikasi VPN milik Opera, yaitu Surfeasy. Pada dasarnya Opera dulunya juga memiliki extension tersendiri baik untuk Opera itu sendiri maupun Chrome dan Firefox, tapi sekarang tanpa sebuah extension pun bisa menggunakannya secara gratis dan pengguan bisa memilih letak server VPN yang tersedia.

Untuk kecepatan dari VPN yang diberikan Opera ini tentunya standar, dengan maksud tidak mengunggulkan memakai extension, karena sama saja. Bagusnya lagi bahwa VPN ini juga tersedia untuk mode incoginto yang mana tidak akan tercatat pada riwayat peramban. Lebih jelasnya dengan bantuan mode incoginto dan VPN ini akan dapat membuat pengguna lebih aman dan tidak akan ada yang bisa menyadap jaringan. Berikut ini tata cara menggunakan fitur VPN pada peramban Opera PC.


  1. Pertama – tama buka peramban Opera dulu dan pastikan telah menghidupkan koneksi. Jika sudah lama tidak menggunakan peramban Opera, akan lebih baik menunggu sekitar 15 menit supaya peramban dapat memperbarui secara otomatis.
  2. Sekarang, silahkan klik tombol Menu => Settings, atau langsung tekan ALT+P pada keyboard.

    Cara Mengaktifkan VPN pada peramban Opera PC

  3. Dibagian ini pengguna akan dtujukan pada halaman pengaturan, lanjutkan dengan memilih menu Privacy & Security.

    Cara Mengaktifkan VPN pada peramban Opera PC

  4. Kemudian, skroll kebawah dan temukan bagian VPN. Cukup beri centang pada samping teks “Enable VPN“.

    Cara Mengaktifkan VPN pada peramban Opera PC

  5. Sekarang, untuk mengecek VPN sudah tersambung tidaknya, akan terdapat opsi VPN berwarna biru pada samping alamat website yang dikunjungi.

    Cara Mengaktifkan VPN pada peramban Opera PC


Opera selalu berupaya menambah fitur baru yang selalu membuat penggunanya tetap nyaman dan tidak bosan. Saya sendiri menggunakan Opera selama ini dan memang terbukti peramban ini sangat cocok untuk Saya gunakan, selain itu ukuran yang ringan semakin mudah untuk membuat peramban ini membuka banyak website sekalipun. Fitur baru yang ditambahkan juga menampilkan sugesti halaman yang pernah dikunjungi sebelumnya.

Jika pada mode incoginto, pengguna bisa langsung mengaktifkannya pada samping alamat kolom address bar, setelah mengaktifkan, bisa juga memilih beberapa server negara yang diberikan dan saran Saya untuk server yang cepat lebih baik memilih sebagai Optimal Location. Selama Saya menggunakan VPN ini tidak ada unsur negatif dan semuanya berguna dengan baik dari segi cookie website yang masih tersimpan, dan lain-lain.

Semoga bermanfaat dan Selamat mencoba

About the author: Apapun yang Saya ketahui dan Saya bagikan. Semuanya berawal dari masa yang disebut pembelajaran.

{ 1 comment… add one }
  • Prasetyo November 2, 2016, 2:35 pm

    semoga panjang umur gan, biar bisa sharing info-info yang manfaat..

Leave a Comment