≡ Menu

Tips Merawat Ponsel Ketika Tidak Dipakai Dalam Jangka Lama

Promotion

Tips Merawat Ponsel Ketika Tidak Dipakai Dalam Jangka Lama

Sama halnya kehidupan manusia, ponsel juga memiliki kehidupan yang fana dan masih perlu untuk dijaga dengan baik supaya tidak cepat rusak. Intinya kebanyakan hal yang dibiarkan dan lama tak terpakai akan cepat rusak. Namun hal tersebut karena jenis ponselnya, akan tetapi cara orang tersebut meletakan ponselnya ketika tidak digunakan dalam jangka waktu yang lama. Tidak hanya ponsel saja yang diklaim akan cepat rusak jika tidak pernah dipakai, tapi banyak benda elektronik lainnya.

Meskipun pengguna memiliki banyak uang untuk membeli posnel yang baru ketika ponsel lama telah rusak, itu tetap saja pemborosan kecuali ponsel lama tersebut masih bisa digunakan dan dijual kembali, itu baru namanya melakukan upgrade ponsel sesungguhnya dan tidak boros. Banyak sebab yang mengakibatkan ponsel rusak ketika tidak digunakan sangat lama, bisa jadi dari baterai, hardware, dan lain-lain.

Jika kerusakan hanya ada pada software atau program saja itu masih bisa diatasi dengan mengatur ulang atau ngeflash, tapi jika kerusakan ada pada hardware atau organ dalam ponsel itu, sangat sulit untuk disembuhkan jika tidak menuju ke tukang servis untuk mengganti kerusakan didalamnya dan itu tergolong rumit karena tidak semua tukang servis menyediakan bahan yang dibutuhkan. Untuk itulah disini Saya akan membagikan beberapa tips berguna ketika ponsel tidak lama digunakan. Silahkan simak dibawah ini.


  1. Matikan Daya Ponsel – Ini yang paling Saya unggulkan karena beberapa orang lupa tidak mematikan ponselnya dan membiarkannya terkunci hingga ponsel mematikan secara otomatis akibat baterai habis, jadi sebaiknya ponsel dimatikan terlebih dahulu dan dengan begitu ponsel dan baterai tetap dalam kondisi yang baik.
  2. Melepas Baterai – Sebenarnya baterai ponsel tidak akan berpengaruh banyak pada keadaan ponsel walau terus dipasang. Tapi untuk beberapa kasus pada sebuah ponsel yang meski telah dimatikan dayanya, terus menyerap energi baterai yang mana itu tidak baik untuk kesehatan baterai ponsel itu.
  3. Taruh pada Tempat yang Sejuk – Sama halnya sebuah minuman, sebaiknya posnel tersebut ditaruh pada tempat yang sejuk dan dengan maksud tidak terpapar sinar matahari. Jangan ditempatkan pada tempat yang lembab karena itu hanya membuat keadaan ponsel tidak baik. Sebagai saran, simpan pada sebuah kotak dan taruh dilemari.
  4. Hindarkan Ponsel dengan Debu – Meski ponsel sudah terdapat didalam sebuah kotak, akan tetapi itu tidak selamanya ponsel terkena debu, orang menganggap debu hanyalah sebuah benda kecil, tapi apabila debu bertambah tiap hari dan bulannya, maka akan menumpuk dan menuju pada organ dalam ponsel. Jadi lebih baik masukan pada sebuah plastik atau tempat yang tidak kemasukand debu.
  5. Satukan Seluruh Alat Ponsel pada Kotak – Maksud dari alat disini adalah seperti charger headset dan lain-lain kedalam satu kotak tersebut, dengan begitu ketika pengguna menggunakan ponselnya kembali tidak akan kesulitan atau bahkan mencari-cari ketika ingin menggunakan alat tersebut kembali.

Lakukan cara dari yang paling atas kebawah dan Saya berani jamin keadaan ponsel nantinya tetap sama dan tidak akan rusak. Tentang baterai mungkin terlihat aneh, tapi Saya sendiri mengalami masalah dikarenakan baterai mengalami drop akibat dibiarkan selama beberapa bulan pada ponsel. Jika pengguna hanya meninggalkan ponsel dalam waktu beberapa hari saja, meski tidak melepas baterai tidak masalah, sebab ponsel kini masa baterai habis ketika ponsel hanya standby (tanpa dimatikan) bisa mencapai 3 hari tergantung besarnya kemampuan baterai.

Semoga bermanfaat dan Selamat mencoba

Promotion

About the author: Apapun yang Saya ketahui dan Saya bagikan. Semuanya berawal dari masa yang disebut pembelajaran.

{ 0 comments… add one }

Leave a Comment