≡ Menu

Cara Membuat Penghitung Waktu Mundur di Android

Cara Membuat Penghitung Waktu Mundur di Android

Ingin membuat semacam timer atau penghitung waktu mundur? Sebenarnya itu bisa dilakukan secara mudah pada ponsel. Tanpa perlu memasang aplikasi lagi, karena pada dasarnya fitur timer ini telah tersedia dari aplikasi jam bawaan sistem.

Penghitung waktu mundur biasa kita gunakan untuk mengingatkan sesuatu, seperti halnya di perlombaan. Dan nantinya pun akan muncul notifikasi serta bunyi layaknya alarm yang menandakan bahwa waktu telah habis atau usai.

Untuk membuatnya, ada dua cara yang dapat kamu lakukan. Yaitu secara manual atau secara otomatis. Itu bisa dilakukan sesuai yang kamu inginkan. Dan kedua cara tersebut akan dibagikan pada artikel ini.

Membuat Penghitung Waktu Mundur di HP Android

Kedua cara yang akan dibagikan memiliki fungsional yang sama dari aplikasi Jam yang ada di ponsel. Dan tentunya salah satu dari cara ini terlihat lebih mudah karena hanya perlu mengucapkan sesuatu saja. Untuk selengkapnya, silakan simak kedua caranya dibawah ini.

1. Melalui Aplikasi Jam

Cara yang pertama ini merupakan cara manual karena kamu harus melakukannya secara mandiri dan memilih waktu sesuai yang diinginkan. Berikut ini langkahnya:

  1. Buka aplikasi Jam pada ponsel

    Membuka Aplikasi Jam

  2. Ketuk menu Pewaktu atau Timer

    Mengetuk pada Menu Pewaktu

  3. Cukup atur waktu yang diinginkan dan kemudian tekan tombol Mulai.

    Mengatur Penghitung Waktu Mundur dan Mengetuk Tombol Mulai

Setelah itu pewaktu akan berjalan dan kamu juga dapat mengontrol waktu hitung mundurnya seperti men-jeda atau mem-batalkan. Disebagian ponsel, mengontrol pewaktu juga bisa dilakukan melalui panel notifikasi.

2. Menggunakan Bantuan Google Asisten

Sedangkan cara yang kedua ini bisa dibilang otomatis karena terbukti lebih praktis dari cara yang pertama. Sebab yang harus dilakukan hanyalah mengucapkan perintah ke Google Asisten saja.

Jadi silakan buka Google Asisten terlebih dahulu dengan cara mengucap “Ok Google” dan kemudian cukup ucapkan perintah untuk mengatur hitung mundur. Misalnya begini “Atur hitung mundur untuk 1 jam

Dan kemudian secara otomatis Google Asisten akan menerapkan setelan pewaktu di ponsel.

Google Asisten Menyiapkan Penghitung Waktu Mundur

Kamu juga bisa mengontrol waktu hitung mundur melalui Google Asisten seperti menghentikannya atau memulai ulang. Itu bisa dengan cepat dan mudah dilakukan hanya dengan mengucapkan perintah saja.

Baca juga: 5 Launcher Terbaik untuk Ponsel Android


Jadi antara cara pertama atau yang kedua, itu sebenarnya tidak ada bedanya, dan untuk menggunakannya pun juga tergantung kondisi. Walau memang benar cara kedua lebih praktis, tapi melakukan secara manual dari aplkasi Jam pun sebenarnya juga tidak ribet dan juga cepat apabila kamu sudah terbiasa.

Pada aplikasi Jam juga tak hanya pewaktu saja yang disediakan, tapi stopwatch dan alarm pun juga ada. Jika sekiranya kamu memiliki pertanyaan mengenai kedua cara diatas, silakan berkomentar.

Semoga bermanfaat dan Selamat mencoba

About the author: Apapun yang Saya ketahui dan Saya bagikan. Semuanya berawal dari masa yang disebut pembelajaran.

{ 0 comments… add one }

Leave a Comment