≡ Menu

Tutorial Membayar dengan Bitcoin di CoinPayments

CoinPayments merupakan layanan pembayaran cryptocurrency yang terletak di Kanada yang menerima lebih dari 65 altcoin dengan biaya transaksi yang cukup kecil, yaitu 0.5%. Layanan tersebut sangat cocok bagi para pedagang yang ingin menerima pembayaran dalam bentuk cryptocurrency.

Saat ini, uang internet yang paling sering digunakan adalah Bitcoin. Dan kebanyakan website yang menyediakan metode pembayaran melalui Bitcoin, biasanya memanfaatkan CoinPayments untuk mempermudah transaksi.

Mungkin bagi seseorang yang belum pernah melakukan transaksi melalui CoinPayments akan sedikit ragu untuk meneruskan. Tapi di artikel ini akan dijelaskan bagaimana cara melakukan pembayaran dengan Bitcoin, sehingga kamu tak perlu ragu lagi untuk mencoba.

Baca juga: Cara Menambah Saldo Namecheap Menggunakan PayPal

Tutorial Melakukan Pembayaran Bitcoin di CoinPayments

Apa yang membuat transaksi di CoinPayments sangat mudah adalah kita tidak perlu membuat suatu akun untuk mulai membayar. Tapi hanya dimintai sedikit informasi seperti nama dan alamat email apabila ada sesuatu kesalahan terjadi terhadap proses pembayaran.

Berikut ini tata cara lengkap membayar dengan Bitcoin di CoinPayments:

  1. Beli suatu produk pada sebuah situs web dan pada metode pembayaran, pilih CoinPayments.
  2. Maka akan menuju halaman CoinPayments, isikan terlebih dahulu kolom Nama depan, belakang, dan juga alamat email.

    Tutorial Melakukan Pembayaran Bitcoin di CoinPayments

  3. Pada bagian Choose your coin, pilih sebagai Bitcoin.

    Tutorial Melakukan Pembayaran Bitcoin di CoinPayments

  4. Kemudian klik tombol Complete Checkout.

    Tutorial Melakukan Pembayaran Bitcoin di CoinPayments

  5. Sekarang, catat alamat bitcoin dan jumlah yang harus dibayar pada halaman tersebut.

    Tutorial Melakukan Pembayaran Bitcoin di CoinPayments

  6. Lalu buka dompet Bitcoin kamu, dan kirimkan Bitcoin ke alamat tersebut dengan jumlah yang tepat seperti yang sudah dicatat.

    Tutorial Melakukan Pembayaran Bitcoin di CoinPayments

  7. Jika sudah dikirim, tunggu sekiranya 1 menit. Dan halaman CoinPayments akan memunculkan notif PAID yang artinya transaksi sudah berhasil.

    Tutorial Melakukan Pembayaran Bitcoin di CoinPayments

Setelah transaksi di CoinPayments memakai Bitcoin telah berhasil, sekarang tinggal menunggu sampai pemilik situs memulai untuk memproses produk yang kamu beli. Tapi jika sistem pada situs tersebut instan, maka kamu akan mendapatkan produknya secara langsung setelah membayar, alias tanpa menunggu lagi.

Bagaimana Jika Total Bitcoin yang Dikirimkan Tidak Cocok?

Kata “tidak cocok” pada kasus ini memiliki 2 makna, yaitu kelebihan atau kekurangan. Kedua hal tersebut memiliki cara berbeda untuk menyelesaikannya.

Jika kamu kelebihan dalam mengirimkan jumlah Bitcoin, itu tidak masalah karena transaksi akan tetap diproses. Dan kamu akan mendapatkan email terkait pengembalian dana dalam kurang lebih 8 jam, jadi jangan sampai lewatkan email tersebut. Tapi apabila tidak menerima email, sebaiknya lekas untuk menghubungi layanan support CoinPayments untuk menyelesaikan masalahnya.

Jika kamu kekurangan dalam mengirimkan jumlah Bitcoin, itu juga tidak masalah karena kamu masih bisa mengirimkan sisa jumlah yang kurang tersebut. Tapi ada batasannya, kurang lebih 10 hari. Jadi jika dalam waktu tersebut masih belum lunas, maka transaksi dinyatakan hangus.

Baca juga: Cara Memblokir Cryptocurrency Mining pada Browser

Kesimpulan

Transaksi di CoinPayments sepenuhnya aman, dan yang terpenting dalam melakukan pembayaran dengan Bitcoin adalah mencatat total jumlah dan alamat Bitcoin yang tertera disana dengan benar.

Dan kamu tak perlu menunggu lama-lama lagi, karena setelah mengirim Bitcoin dengan jumlah yang benar, maka CoinPayments akan segera memprosesnya dan menampilkan notif PAID pada halaman bahkan meski transaksi masih berstatus unconfirmed.

Mohon untuk diketahui bahwa tutorial diatas hanyalah membahas untuk proses pembayaran dengan Bitcoin saja, sedangkan untuk yang lain kemungkinan akan berbeda lagi. Misalnya Monero yang juga harus mencatat PaymentID. Jika ada yang ingin ditanyakan lebih, silakan untuk berkomentar.

Semoga bermanfaat dan Selamat mencoba

About the author: Apapun yang Saya ketahui dan Saya bagikan. Semuanya berawal dari masa yang disebut pembelajaran.

{ 0 comments… add one }

Leave a Comment